5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia

Tradisi di indonesia - Indonesia memang sangat kaya dengan kebudayaan, indonesia telah dikaruniai beberapa ragam suku, bahasa, budaya dan juga tradisi yang beraneka ragam ke unikannya, sehingga tidak sedikit pendatang-pendatang dari luar negeri yang bekunjung ke indonesia untuk medalami kebudayaan yang terdapat dinegeri ini.

Perlu kita ketahui bahwa budaya maupun tradisi yang terdapat diindonesia ini adalah suatu tradisi yang sangat khas dan salah satu tradisi yang tidak dimiliki oleh bangsa manapun, ada 5 tradisi unik yang terdapat diindonesia yang wajib kita ketahui, diantaranya seperti dibawah ini ;

1. Tradisi mapasilaga tedong-tana toraja
5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
Tradisi mapasilaga
Baca juga : Tradisi populer adu domba garut dari garut
  • Tradisi mapasilaga yang terdapat ditanah toraja, merupakan salah satu warisan budaya para leluhur hingga turun-temurun, mapasilaga yang jika diartikan dalam bahasa umum berarti adu kerbau. Kerbau yang dikhususkan untuk melengkapi sebuah tradisi ini harus kerbau bule atau dengan kerbau lumpur.
  • Dari kedua kerbau ini saling unjuk kekuatan dengan mengadukan kepala kearah lawannya, sebagai senjata pamungkas untuk menjatuhkan lawan-lawannya ia gunakan tanduk sebagai senjata ampuhnya, tradisi ini merupakan rasa penghormatannya terhadap makam roh para leluhur dari tana toraja sulawesi selatan.

Untuk masyarakat tana toraja sendiri selain tradisi ini dilakukan demi menghormati para leluhur mereka, bagi warga masyarakat setempat tradisi seperti ini sebagai tontonan serta hiburan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya.

2. Tradisi ritual tiwah
5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
tradisi ritual  tiwah
  • Dari ke 5 tradisi yang terdapat di indonesia, ada sebagian tradisi yang cukup unik serta ada keterkaitannya dengan unsur mitos, seperti halnya dalam tradisi yang terdapat di kalimantan tengah yaitu tradisi ritual tiwah.
  • Tradisi ritual tiwah ini selalu mereka lakukan khususnya untuk masyarakat suku dayak dikalimantan tengah, ritual ini merupakan sebagai penghantarannya roh leluhur mereka kealam baka dengan cara mensucikannya kemudian untuk segera dipindahkan sisa dari jasad leluhurnya dari lubang kubur kesebuah tempat dimana tempat tersebut dinamakan dari sebutan sandung.
3. Tradisi tabuik pariaman

5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
tradisi tabuik pariaman
  • Tradisi yang terdapat di pariaman ini bisa dibilang tradisi yang sangat unik, dimana tradisi ini ada sedikit kaitannya dengan unsur mitos, namun tradisi tabuik yang terdapat dipariaman sudah berlangsung dari beberapa abad yang silam, tradisi unik ini biasa dilaksanakan dipariaman tepat dan selalu rutin disetiap 10 muharam dari tahun 1831.
  • Tradisi perayaan tabuik yang dilaksanakan oleh masyarakat pariaman, dalam rangka menyambutnya hari asyura yang dilakukan oleh masyarakat minangkabau didaerah pesisir pantai sumatera barat, saat berlangsungnya tradisi tabuik ini seolah-olah seluruh masyarakat pariaman menemukan sebuah kelahiran baru untuk para seluruh masyarakat. 

4. Tradisi Debus banten
5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
debus banten
  • Ada lagi tradisi debus yang terdapat dibanten, dimana seseorang akan menguji kekuatan tubuhnya dengan memukulkan sebuah benda oleh temannya. Untuk warga masyarakat banten sendiri tradisi seperti ini merupakan sebuah hiburan yang sangat unik untuk ditonton, akan tetapi bagi seseorang yang tidak biasa dengan kekerasan, dengan menyaksikan tradisi debus pasti akan cepat menghindarinya.
  • Debus selain dari salah satu kesenian yang terdapat dibanten, debus juga bisa dikatakan ssebagai tradisi khas nya orang-orang banten. Dimana debus ini dipertontonkan untuk masyarakat setempat dengan tujuan untuk memperlihatkan kekuatan manusia yang luar biasa. 
  • Biasanya seseorang yang melakukan adegan ini tidak luput dari senjata tajam, dari segala kekuatan dan kemampuannya untuk bisa menahan tajamnya senjata, menahan kerasnya dari air keras yang disiramkan ketubuh mereka, sehingga bisa memancing andrenalin para penonton yang ada disekitarnya.
Walaupun debus dikategorikan sebagai tradisi permainan yang agak menakutkan, namun debus keberadaannya hingga saat ini masih menjadi sebuah tradisi yang selalu dilakukan oleh orang-orang banten, sedangkan kerasnya debus yang identik dengan golok maupun senjata lainnya selalu diperbolehkan karena sebagai salah satu kebudayaan dalam upacara adat.

5. Tradisi unik karapan sapi madura
5 Tradisi unik yang harus diketahui di indonesia
karapan sapi madura
  • Karapan sapi merupakan tradisi yang sudah sangat terkenal bagi masyarakat indonesia, awal mulanya diadakan karapan sapi disebabkannya oleh kondisi tanah yang tandus, kering sehingga kurang suburnya lahan-lahan pertanian, hingga pada akhirnya masyarakat madura beralih propesi dari nelayan menjadi para peternak sapi.
  • Upacara tradisi dengan mengadakan karapan sapi mereka lakukan serta rutin digelar setiap tahunnya bertepatan dibulan agustus dan september. 
  • Karapan sapi salah satu ajang pestanya para rakyat dan bisa disebut sebagai kenaikannya status dari seseorang, sedangkan karapan sapi dilakukan disetiap mereka sukses memetik hasil panen padinya atau panen tembakau, disaat-saat seperti inilah momen paling dinanti oleh masyarakat madura.
Demikianlah pembahsan 5 tradisi unik yang harus diketahui di indonesia, mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan budaya kita semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »