Tradisi populer adu domba garut dari garut

Tradisi adu domba - Ada salah satu tradisi unik dan juga populer dikalangan masyarakat sunda yaitu garut, tradisi adu domba ini sudah jadi kebudayaan masyarakat garut hingga kepopulerannya pun sama seperti domba garut. Permainan adu domba salah satu hiburan yang dinanti-nantikan masyarakat garut dan sekitar kota garut.
Adu domba garut tradisi populer dari garut
domba garut

Garut merupakan daerah yang berkomoditi dari bertani, bahan sayuran seperti sawi salah satu sayuran yang sangat banyak ditanam serta menjadi andalan disaat panen tiba, untuk penghasilan rumah tangga atau perumahan bisa juga mengandalkan kerajinan tangan semisal akar wangi, baik itu memproduksi tas, dompet kulit, tukang empu, dan ada pula yang mengelola makanan yang terkenal dan khas, yaitu dodol misalnya.

Selain dengan yang seperti saya ulas diatas ini, ada salah satu hiburan yang menjadi faforit orang-orang garut yaitu permainan adu domba, jenis domba garut ini sudah sangat familiyar sekali untuk masyarakat garut khususnya seluruh indonesia, karena salah satu domba made in lokal ini merupakan domba terbaik di indonesia.

Tradisi permainan adu domba merupakan peninggalan para leluhur yang sampai saat ini, permainan adu domba masih menjadi sebuah tontonan yang sangat dinanti-nantikan masyarkat garut, dalam setiap tahun sekali permainan seperti adu domba ini pasti selalu diadakan digarut, dan tidak jarang juga dalam setiap bulan dengan cara bergantian permainan adu domba pasti selalu dilaksanakan disetiap daerah dikota garut.


#Adu domba garut
Adu domba garut tradisi populer dari garut
adu domba
Apabila kalian pernah mengunjungi kota garut, khususnya garut bagian utara, limbangan menuju cirapuhan maka anda akan menemukan permainan keras seperti adu domba, selain ditempat inipun kalian bisa menjumpai permainan adu domba yang sangat sering diadakan yaitu apabila kalian berkunjung kedaerah wisata ciburial.

Disitu kalian bisa memesan sebuah paket tentang pertunjukan adu domba yang telah dipersiapkan para pengelola adu domba, kedau domba selalu beradu kepala hingga salah satu domba merasakan pusing-pusing, retak tengkorak dan secara perlahan lari menajuh menghindari lawannya.

Jika diantara kalian tidak sanggup untuk mendengarkan dua buah kepala yang beradu, serta mengeluarkan suara yang agak terdengar ngilu ditelinga, yang disebabkan oleh kedua tanduk serta kedua kepala yang saling berbenturan dengan keras sehingga menimbulkan suara agak ngilu untuk didengar, mungkin untuk masyarakat garut suara-suara yang ditimbulkan dari benturan kepala domba dan juga tanduk, merupakan satu nilai seni dari adu domba.

Bagaimana..?, jika memang kalian berminat untuk mengunjungi atau sengaja berwisata ke garut khususnya didaerah desa ciburial ini, kalian hanya sedikit mengeluarkan biaya untiuk bisa berada didesa wisata ciburial sekaligus menyaksikan adu domba garut, hanya cukup dengan uang 150.000,- saja. Dengan mengeluarkan biaya sebesar itu kalian sudah bisa berkeliling selama satu hari penuh dan juga bisa menyaksikan permainan adu domba.

Untuk yang berminat mengunjungi, khususnya seseorang yang datang dari luar daerah, misalnya dari luar kota garut yaitu bandung maupun jakarta, untuk dari wilayah kota garut sendiri kalian bisa menempuh jarak kurang lebih 40 menit, serta 3 jam dari kota bandung, dan 4.5-5 jam pengunjung yang datang dari ibukota, sesudah sampainya didesa ciburial pun kalian bisa langsung menghubungi pengelola untuk mendapatkan service dari pengelola yaitu dengan mengantar jemput para pengunjung, waaah..enaak ya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai permainan khas garut yaitu adu domba garut, tradisi ini sangatlah populer sekali dari garut, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa bermanfaat untuk semua, sekian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »