Dodol oleh-oleh terkenal dari garut

oleh-oleh terkenal dari garut
Oleh-oleh jawa barat
Oleh-oleh terkenal dari garut - nama makanan cemilan ini sudah sangat familiar ditelinga masyarakat indonesia, jika anda menemukan makanan jenis dodol ini, pastinya kalian akan lengsung mengingat kota pasundan dijawa barat yaitu kota garut, dari teksturnya yang agak kenyal ini mampu memberikan citarasa yang sangat nikmat untk dikonsumsi.


Oleh-oleh asal garut inilah yang wajib kita bawa, jangan pernah mengunjungi kota garut jika pulang tidak membawa oleh-oleh khas garut yaitu dodol garut. Walapun nama jenis makanan seperti ini kita temukan digarut tapi masih saja orang-orang menyebutnya dengan sebutan dodol garut, ini membuktikan bahwa dodol garut ini merupakan satu-satunya oleh-oleh yang banyak diminati orang-orang indonesia.

Hampir minoritas dari warga garut mereka mendapatkan penghasilannya dari memproduksi dodol, dari mulai industri besar sampai industri menengah, mereka semua berlomba-loma membangun citarasa yang sempurna. Walaupun sebagian masyarakat garut masih memproduksinya dengan cara manual tapi soal rasa tidak diragukan atau bisa dibilang tidak kalah dari produksi dari industri besar sekalipun.


Kepopuleran dodol garut ini bisa dibuktikan dengan merambahnya dodol-dodol yang kita temui di ibukota, akan tetapi dodol yang kita jumpai diibukota misalnya dijakarta, jenis dodol ini sedikit berbeda dari segi kemasannya. Dodol yang kita jumpai dispuermarket atau toko-toko besar dodol tersebut sudah dengan kemasan bagus serta berlebelkan dodol picnic.

Garut banyak sekali memproduksi beberapa macam jenis dodol, dari mulai pembuatan secara tradisional, maupun citarasa dodol yang bermacam-macam aroma meliputi dodol durian, dodol rasa kacang, dan dodol yang sangat sering diproduksi sendiri yaitu dodol dengan citarasanya yang khas yaitu dodol wijen, heheeh..bukan promosi hanya buat cemilan sendiri.

Sejarah dodol garut.
Dodol oleh-oleh terkenal dari garut
Oleh-oleh dodol garut ialah salah satu Komoditas yang membuat nama kota garut adalah sebagai pencetus atau kota yang berpenghasilan dari memproduksi dodol ini.

Oleh-oleh khas garut ini sudah sejak tahun 1926 yang silam, dimana pencetus pertama adalah seseorang dengan tangan kreatifnya, yaitu ibu karsinah, dialah orang pertama yang membuat makanan dodol ini menjadi terkenal orang-orang indonesia. Sampai turun temurun sepak terjang ibu karsinah ini masih exsis dan berkembang sampai saat ini.

Selain dari garut, banyak sekali kita jumpai oleh-oleh yang khas ini, misalnya dodol betawi, subang, atau daerah-daerah lainnya yang terdapat di indonesia. Mereka semua menciptakan sebuah citarasa yang khas menurut daerahnya masing-masing, namun soal citarasa maupun kepopuleran makanan khas ini dodol garutlah yang paling banyak dicari, hingga nama dodol garut ini mampu dikenal sampai mancanegara sekalipun.

Walaupun hanya dengan menggunakan bahan-bahan sederhana dan tanpa menggunakan bahan kimia atau menggunakan pengawet, akan tetapi dodol garut ini sangatlah aman untuk dikonsumsi. Dari cara pembuatannya yang sangat tradisional, namun keberadaan dodolgarut ini bisa merambah sampai keluar daerah bahkan disupermarket sekalipun kita bisa menemukan oleh-oleh khas garut ini.

Hingga saat ini keberadaan dodol garut masih tetap bertahan dan tidak sedikit seseorang yang mencari dodol untuk sekedar oleh-oleh untuk keluarga tercinta dirumah, disisi lain cara mendedikasikannya selalu mengutamakan citarasa yang khas, meliputi ;
  • Oleh-oleh ini sangat lekat dari citarasa yang khas dibanding yang lainnya
  • Dari harganya yang bersaing, dan juga masih bisa dijangkau masyarakat kecil sekalipun
  • Cara mengolah maupun pembuatan sangatlah sdrhana, serta bahan-bahan yang mudah didapat
  • Tanpa bahan pengawet sedikitpun
  • Oleh-oleh khas yang satu ini, bisa bertahan 3 bulan lamanya
Dengan cara seperti inilah, dodol yang merupakan oleh-oleh khas garut ini bisa bertahan hingga saat ini, demikianlah sedikit informasi tentang oleh-oleh khas dari garut ini, sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »