Kerak telor jajanan enak dan nikmat khas betawie

Jajanan enak dan nikmat  - Bagi warga ibu kota, siapa yang tak pernah mendengar jenis makanan kuliner yang khas dari betawi, yaitu kerak telor, orang bule yang berkunjung ke ibu kota pun sangat menyukai makan jenis kerak telor.
enak dan nikmat khas betawie
Kerak telor

Kita yang orang indonesia malahan enggak pernah mencicipi kenikmatan makanan kerak telor, kan aneh..siapa bilang gua enggak suka kerak telor, guamah paling doyan ama makanan jenis kerak telor, enak dan gurish sichh, malu dong cing ama orang bule.

Keberadaan kerak telor bisa mengalahkan makanan-makanan khas lainnya sejenis gado-gado betawi, soto betawi, asinan betawi, dan lainnya. Disaat jaman kolonial belanda mekanan khas betawi kerak telor merupakan makanan yang bisa dibilang elite serta citarasa kenikmatan dari kerak telor itu, namun seiring tekhnologi dan kemajuan zaman makanan jenis kerak telor ini semakin kurang didengar kepopulerannya.

Kelezatan dari kerak telor melebihi makanan khas batawie yang lainnya, selain dari kenikmatannya yang tiada duanya, cara penyajiannya pun bisa dibilang sangat unik, dimana baha-bahan yang diadonkan diatas sebuah Tungku, serta lambayan kipas agar barah api tetap menyala.


Makanan kerak telor ini banyak sekali kita jumpai dijakarta pusat, yaitu daerah kemayoran tepatnya di prj, makanan kerak telor ini bisa bersaing dengan makanan-makanan lainnya, dengan rasanya yang khas sehingga banyak para peminat yang mencari makanan kuliner khas betawie kerak telor.

Prj alias Pekan Raya Jakarta diwarnai oleh para penjual kerak telor, itu menandakan bahwa kerak telor bisa menyaingi makanan-makan enak lainnya. Dari rasanya yang khas, makanan kerak telor ini bisa dijadikan juga sebagai oleh-oleh apabila kalian datang ke jakarta untuk sekedar menemui saudara atau untuk sekedar bermain.

Kerak telor sangat cocok dipadukan dengan minuman es teh manis dingin, rasa yang begitu menggoda lidah kita serta teksturnya yang begitu memancing perut untuk selalu mencicipinya, pokonya rasa dan kelezatannya tidak bisa diungkap dengan sebuah kata, tidak ada kata lain selain "pengin nambah", ucapan sperti itulah yang sering terlontar dari para peminat kerak telor ini.


Walaupun cara menjajakan kuliner seperti kerak telor dengan cara dipikul dan selalu berjalan kaki, namun para pembeli tidak merasa jiji atau gengsi, para pembeli bukan mau manikmati kelezatan dari panggulan tersebut, melainkan ingin menikmati makanan khas kerak telor dari kelezatannya. Para penjual kerak telor biasanya kita jumpai dipusat-pusat kota jakarta.

Kerak telor pun dinikmati bukan dari kalangan bawah saja, bahkan penghuni rumah mewah sekalipun sangat menyukai makanan khas betawie  ini, maka tidak heran bila kita menjumpai penjual kerak telor hanya dipusat-pusat kota.

Sejarah kerak telor
Makanan khas betawie ini, sudah ada dari dahulu kala, disaat jakarta masih bernamakan batavia, serta sawah-sawah yang masih hijau, pohon-pohon kelapa yang masih tegak berdiri di semua arah, ada beberapa kawanan orang-orang menteng yang sekedar iseng membuat ketan campur kelapa hasil parutan serta beberapa bumbu dapur lainnya lalu kemudian ia olah menjadi sebuah makanan sehingga banyak orang yang meminati makanan tersebut,
Hingga ditahun 70han kawanan orang-orang menteng yang tadinya sekedar iseng akhirnya mencoba menjual makan unik serta mempunya citarasa yang khas ini, merekapun menjajakan kerak telornya disekitaran monas, dan akhirnya makanan kerak telor itu banyak sekali diburu para pembeli. Saya berharap sekali makanan kerak telor ini bisa bertahan dengan banyaknya persaingan.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai kerak telor kuliner khas dari betawi yang harus dicoba, sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »