Kisah sejarah cerita tanah pasundan legenda lutung kasarung

Cerita lutung kasarung - Siapa yang tidak pernah mendengar tentang kisah sejarah dari sunda, yaitu sejarah tentang lutung kasarung yang dimana lutung kasarung itu merupakan dari jelmaan manusia.
Di jaman dulu, letaknya di tanah leluhur pasundan berdiri sebuah kerajaan dengan pimpinan salah satu raja sangat bijak, ia sangat dikenal sebagai prabu tapak agung, prabu tapak agung mempunyai dua anak perempuan yang sangat cantik, dia tidak lain dari purbararang dan satu lagi purbasari.

Karena prabu tapak agung sudah menyadari bahwa ajal beliau merasa sudah dekat, hingga akhirnya beliau memberikan amanah terhadap putri kecilnya yaitu purbasari putri bungsu dari tapak agung untuk menggantikan posisi beliau sebagai raja.

legenda lutung kasarung
legenda lutung kasarung

Putri purbasari mempunyai seorang kakak bernama purbararang, kelihatannya seorang kakak sangat tidak menyetujui jika sampai purbasari diangkat untuk menggantikan posisi orang tua mereka, bahkan purbararang menegur purbasari dengan keras, “ akulah putri pertama..!!, dan seharusnya akulah yang pantas mengantikan kedudukan sang ayah..!.

Kemerahan seorang kakak dari purbasari semakin menjadi, dan tersirat dalam benaknya untuk mencelakai adiknya yaitu purbasari, kemudian purbararang hendak mencari seorang tukang sihir untuk memantra-mantrai adik kandungnya sendiri yaitu purbasari. Lalu kemudian tukang sihir itupun menjalankan tugasnya dengan cepat mengirimkan penyakit secara jarak jauh menggunakan mantra sihirnya, sehingga purbasari mengalami kesakitan karena dengan tiba-tiba kulitnya menjadi banyak tumbuh noda dengan bintik-bintik hitam.
Baca juga : Mengungkap fakta sejarah legenda danau situ bagendit di tanah sunda
Kisah sejarah ini sudah terjadi beberapa tahun yang silam, yaitu tepatnya didaerah sunda jawa barat, setelah purbararang mengetahui bahwa adik kandungnya mempunyai penyakit aneh, maka purbararang pun tidak segan-segan mengusir adik kandunga sendiri, seolah-olah purbararang tidak melakukan apa-apa terhadap adik kandungnya sendiri. Lalu purbararang memerintahkan seorang patih untuk segera membawa purbasari dan ditinggalkannya seorang diri ditengah-tengah hutan.

Seorang patih, yaitu pamannya sendiri sebetulnya tidak tega, dan akhirnya purbasari dibuatkan sebuah pondok kecil ditengah hutan, pamannya pun sempat memberikan nasehat terhadap purbasari, bahwa beliau harus tabah dengan ujian yang purbasari hadapi.

#Kisah sejarah legenda munculnya lutung kasarung.
  • Waktupun terasa sangat singkat, hari demi hari purbasari ditemani dengan sekumpulan binatang-binatang, da nada salah satu binatang kera dengan bulu yang sangat lebat, serta kehadirannya tidak bias ditentukan, akan tetapi kera sejenis lutung itu kelihatnnya sangat memperhatikan purbasari, sehingga lutung itulah yang selalu memberikan ketenangan dan kebahagiaan, sebutan lutung, kehadiran lutung inilah yang disebut dengan lutung kasarung, lutung selalu memberikan bunga dan buah bersama teman-temannya untuk diberikannya kepada purbasari.
  • Lutung kasarung selalu berusaha untuk purbasari agar bahagia, disaat malam bulan purnama tiba, tiba-tiba lutung kasarung berprilaku tidak seperti biasanya, lutung kasarung menuju ketempat sepi dan bersemedi, dengan tujuan untuk memanjatkan doa terhadap sang dewata, dengan kejadian seperti, bahwa ini menandakan si lutung kasarung berarti bukan kera sembarangan. Tidak lama waktu berselang gumpalan tanah yang dekat dengan lutung kasarung menjadi terbuka dan munculah sebuah telaga kecil, dimana air telaga itu sangat ampuh untuk mengatasi penyakit, dan harum juga bau dari air tersebut.
  • Dihari yang lain lutung kasarung hendak menjumpai purbasari, lutung kasarung menyuruh terhadap purbasaru untuk segera mandi di telaga itu, purbasari sedikit aneh dan bertanya,
“ apa ada manfaat air dari telaga kecil ini..?”,
  • Tidak lama kemudian ia menuruti yang diperintahkan lutung kasarung untuk menceburkan diri kedalam telaga tersebut.
  • Tidak lama kemudian purbasari merasakan ada yang aneh terhadap tubuhnya, ia merasakan tubuhnya menjadi terasa segar dan tanpa disadarinya kulit-kulit yang tadinya luka akibat tukang sihirpun menjadi hilang tak berbekas sedikitpun. Purbasari kembali seperti sedia kala, rasa terkejut diiringi rasa bahagaipun tak terbendung disaat purbasari bercermin melalui ari telaga tersebut.
  • Sudah terlalu lama purbararang mendiami istana, dan timbul keinginan untuk menjenguk adiknya yaitu purbasari, disaat purbararang sampai ditengah hutan mereka berdua hanya saling pandang saja, purbararang tidak mempercayai bahwa purbasari telah sembuh dari semua penyaki kulitnya, karena sikap amgkuhnya seorang kaka, kemudian purbararang mengajak adu siapa yang lebih panjang rambut diantara mereka berdua.
  • Pada awalnya sang adik tidak menuruti ajakan tersebut, akhirnya karena desakan dari seorang kakak kandungnya ia pun menuruti ajakan tersebut, walaupun pada akhirnya bahwa rambut yang lebih panjang diantara mereka berdua adalah rambut purbasarilah yang lebih panjang.
  • Purbararang berkata , ‘ baiklah aku mengaku kalah ‘, maka dengan kesombongannya purbararang menantang untuk adu ketampanan dari pasangan masing-masing, saat itu purbasari mulai gelisah dan bingung, dan akhirnya purbasari memberanikan diri untuk menarik tangan lutung kasarung sehingga lutung meloncat-loncat seolah-olah mengisyaratkan untuk tenang terhadap purbasari, purbararang tertawa terbahak semu hinaan, dan berkata
“apakah seekor monyet lutung inilah yang jadi pasanganmu..?”
  • Disuatu hari lutung kasarung selalu menyendiri dan berniat untuk bersemedi, dalam persemedian itu datanglah sebuah keajaiban, lutung kasarung telah berubah wujudnya menjadi pemuda yang sangat tampan dan gagah, melebihi ketampanannya dari tunangan purbararang yaitu indrajaya. Dengan kejadian yang tidak diduga-duga ini, semua merasa aneh dan terkejut diiringi rasa bahagia.
  • Akhirnya purbararang mengaku kekalahannya itu sekaligus memohon agar purbasari tidak memberikan hukuman terhadap kakak kandungnya sendiri, tanpa purbararang memohonpun purbasari tidak mempunyai niat sedikitpun, akhirnya merekapun kembali bersama-sama menuju istana. Purbasari menjadi seorang ratu yang didampingi seorang pemuda, ternyata seorang pemuda yang tadinya seekor lutung telah berubah wijid menjadi seorang pemuda yang sangat tampan. Inilah kisa cerita lutung kasarung yang dating dari tanah sunda.
Demikianlah kisah cerita sejarah legenda tentang lutung kasarung, cerita ini memang pernah ada, dan datang dari daratan tanh sunda, sekian mudah-mudahan bisa menarik untuk dibaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
March 07, 2016 delete

wah keren ceritanya sob, saya suka..
jgn lupa kunjungan balik ya : http://www.infobagos.com/

Reply
avatar