Kuliner unik nasi kucing versi bandung

Nasi kucing - Keberadaan tentang kuliner yang khas dan unik ala bandung ini nasi kucing, bahasa populernya dengan sebutan nasi ponggol.
Kuliner unik nasi kucing
nasi kucing

Nasi kucing yang kemas menjadi versi bandung ini memang tidak sepopuler nasi kucing dari jawa, yaitu nasi kucing angkringan, namun soal citarasa dari nasi kucing versi bandung ini tidak kalah enak dan nikmat seperti nasi kucing angkringan yang sudah sangan terkenal itu.

Kuliner sejenis nasi kucing merupakan sebuah perkataan dari nasi bungkus dan campuran lauk pauknya yang sederhana, lauk pauk yang terdapat dari nasi bungkus itu diantaranya hanya berisikan sambal dan bihun saja.

Disaat tahun 2004-2005 nasi kucing ini dijual dengan harga kisaran 1000 perak saja/ bungkus, hanya dengan isi nasi hanya sekepal tangan serta lauk pauk tidak terlalu banyak ragam, dengan kemasan sekecil itu mungkin hanya untuk dalaman isi perut kucing saja, maka tidak heran jika sampai sekarang kuliner tersebut sangat terkenal dengan sebutan nasi kucing.

Untuk nasi kucing yang terdapat di bandung, memang agak berbeda dengan cara menjajakannya seperti nasi kucing yang dijumpai di yogyakarta dengan cara menjajakannya yang khas serta unik dengan berderet dipinggir-pinggir jalan. Nasi kucing ala bandung ini ada berbagai macam ragamnya, ada nasi kucing begana, nasi pecel, nasi ponggol, nasi uduk, dan nasi kuning.


Nasi kucing yang kita jumpai dibandung, isi lauk pauknya pun sangat berbeda dengan nasi kucing dari yogya, lauk pauk yang terdapat dinasi kucing versi bandung ini diantaranya ; sperempat telur ayam dan pindang, kerupuk, tumis kacang merah dan juga sambal, namun citarasanya sangat khas sekali dan berbeda dengan nasi kucing dari jawa, namun kepopulerannya masih dibilang kalah dengan nasi kucing angkringan yang dari jawa.

Untuk kuliner nasi kucing versi bandung ini tidak seterkenal dengan kuliner-kuliner khas dari bandung, masih banyak kita jumpai makanan yang wajib kita coba dengan beberapa kuliner khas dari kota bandung ini, diantaranya ;


Lotek
Kuliner unik nasi kucing versi bandung
lotek
Kuliner seperti lotek ini, merupakan makanan yang paling banyak dicari dibandung, dengan bahan-bahan yang digunakannya sebagian besar menggunakan bahan-bahan mentah serta banyak mengandung protein, misalnya kangkung, kacang panjang, toge, engkol yang diaduk dengan bumbu kuah terbuat dari kacang dengan aromanya yang wangi kencur sangat menggugah selera makan kita.

Khusus didaerah bandung sendiri, orang-orang yang menjajakan jajanan lotek ini bisa dengan mudah kita jumpai, bukan hanya kios-kios besar sebagai penjual lotek dibandung, namun banyak juga yang kita jumpai dipinggir jalan dengan mengunakan gerobak, namun soal citarasa jika dibandingkan dengan seseorang yang menjajakan dari kios, rasa dari lotek yang dijual dari sebuah gerobak tidak kalah nikmat dan segarnya.

Orang-orang bandung menyebutnya dengen "kemedokan dari paduan bumbu kuah berbahan kacang betul-betul terasa dilidah", dengan harga perporsi yang bisa terjangkau, cuma 15. 000 saja, sejenak kita bisa beristirahat dari perjalanan dengan menikmati lotek yang kita jumpai diperjalanan selama dikota bandung. Masih banyak lagi kuliner-kuliner khas bandung ini, dari mulai baso tahu, batagor, cuanki, kuliner seperti yang saya sebutkan ini sudah banyak merambah kekota-kota besar misalnya jakarta.



Nasi chomot nasi kucing versi bandung
Kuliner unik nasi kucing versi bandung
nasi chomot khas bandung
Untuk nasi kucing khas bandung ini, ada beberapa daerah tepatnya masih dari bandung yaitu didaerah dipatiukur tidak jauh dari kampus UNPAD. Untuk sebutan nasi kucing yang kita temui didaerah dipatiukur ini yaitu "nasi comot".

Keberadaan nasi kucing alias nasi comot menjadi makanan pokok para mahasiwa dari kampus UNPAD, dengan harganya yang sangat murah untuk kalangan mahasiswa pendatang, harga nasi comot ditempat itu sangat pareatif dan pas dengan isi kantong, yaitu dengan 4500-500 perak saja, perut sudah kenyang.

Awalnya nasi kucing atau nasi comot yang terdapat didaerah bandung tepatnya di dipatiukur ini hanya untuk kalangan mahasiswa saja, dengan merebaknya serta kabar dari mulut kemulut akhirnya keberadaan tentang nasi comot ini banyak sekali warga masyarakat yang salah satunya sebagai konsumen tetap, bahkan untuk kalangan mahasiswa sendiri sudah mempunyai jadwal tersendiri yang diberikan sebagai service dari sipenjual. 

Nasi kucing yang khas dengan sebutan nasi comot ini bisa juga disebut sebagai kuliner yang patut untuk direferensiken ke masyarakat luas. 

Demikian sedeikit informasi mengenai kuliner unik serta khas yaitu nasi kucing versi bandung ini, selamat berkunjung kebandung, sekian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »