Mitos-mitos yang terdapat di jawa maupun sunda

Mitos-mitos yang terdapat di jawa maupun sunda
Mitos-mitos
Mitos-mitos jawa atau sunda - Mitos yang terdapat dijawa maupun sunda, tidak memiliki perbedaan yang sangat jauh, dari mulai dengan melakukan sebuah tindakan dimana tindakan tersebut sangat dipercaya orang sunda maupun jawa, bahwa tindakan tersebut sangat terkandung makna mitos, apa bakal yang terjadi dengan tindakan itu.


Banyak sekali peraturan maupun larangan yang terdapat dijawa atau didaerah sunda, misalkan melakukan tindakan dengan menyapu disore hari, bahwa dengan menyapu disore hari jika menurut orang-orang jawa maupun sunda sangat dipercaya sekali bahwa adanya larangan terkait dengan mitos.


Walaupun pada akhirnya larangan maupun tentang melanggar sebuah peraturan, bahwa akibatnya bisa saja terjadi secara kebetulan, ataupun memang benar adanya tentang tindakan yang melanggar peraturan. Namun akan berbeda keyakinan dengan seseorang yang sama sekali tidak mempercayai tentang adanya mitos yang disebabkan melanggar pantrangan atau peraturan dalam melakukan sebuah tindakan.


#Mitos-mitos yang terdapat di jawa maupun sunda
Lain lagi bagi seseorang yang menyukai hal-hal tentang mistis, mungkin salah seorang dari temannya berbicara tentang mimpi, dengan cepat ia akan mengulasnya dan dengan disangkutpautkannya dengan sebah mitos..naaaah..jika diantara kalian sangat menyukai tentang hal-hal yang berbau mitos, kali ini saya akan postingkan beberapa tindakan yang mengandung unsur mitos.


Larangan menyapu sore-sore diruangan rumah : Menurut terawang orang-orang jawa/ sunda, bahwa menyapu pada sore hari didalam ruangan rumah, maka akan kehilangan rejeki.
Mitos banyak semut didalam rumah Adalagi tentang semut yang menghuni rumah, mitosnya jika rumah banyak sekali didatangi semuat akan mendapatkan rejeki nomplok.
Larangan bayi bermain sisir Mitos jika bayi kedapatan bermain sisir, bahwa nantinya gigi yang tumbuh tidak beraturan
Larangan menduduki sebuah bantal : Mitos yang satu ini seringkali diperbincangkan oleh banyak orang, bahwa siapa orangnya yang duduk diatas bantal, maka pantatnya akan mengalami korengan.
Pantrangan buang air kecil dikebun : Larangan dari buang air kecil disebuah kebun, memang agak sedikit menggelikan dan bikin bahan tertawaan, dan mitosnya bahwa jika ada seseorang yang menemukan kotoran kita dan kemudian membakarnya, maka pantat orang yang BAB tersebut mengalami budugan/ korengan/ bisulan.
Mitos menyapu tidak bersih : Ada pantrangan khususnya buat seorang gadis, bilamana gadis tersebut menyapu setengah-setengah/ tidak bersih, mitosnya akan jauh dari jodoh/ jodohnya jelek.
Larangan mencabut bulu alis mata : Seseorang yang mencabuti bulu alis matanya, mitosnya akan bisa melihat makhluk halus
Larangan keramas dihari sabtu : larangan keramas ini ditujukan seorang gadis, bahwa gadis yang keramas pada hari sabtu, mitosnya akan medapatkan suaminya yang galak.
Memakai baju dibalik : Banyak sekali seseorang yang malas dengan mengenakan sebuah baju dengan keadaan dibalik, karena menurut mitos jika mengenakan baju dengan dibalikan maka waktu akan cepat sore.
Meludahi mulut seorang bayi/ anak kecil : Biasanya hal seperti ini banyak sekali dilakukan para ibu-ibu, maka dengan melakukan seperti itu, mitosnya jika untuk bayi akan cepat bisa bicara, jika dilakukan terhadap anak-anak, maka anak tersebut menjadi penurut.
Mimpi gigi bagian atas lepas : Banyak orang yang meyakini bahwa seseorang yang bermimpi gigi atasnya lepas, maka mitosnya bakalan ada dari keluarganya yang meninggal, gigi bagian atas lepas yang meninggal, bisa kaka, paman, jika gigi bawah, yang meningal, bisa ponakan, adek.
Pantrangan melewati tempat angker : Ini merupakan sebuah dilema, bisa benar, bisa juga kebetulan saja. Bahwa siapa saja yang melewati tempat angker, maka kita diwajibkan memberikan tanda, entah dengan cara mendehem, memberi klakson, dan lain-lain.
Larangan gigit bibir bagian bawah : Tindakan seperti ini seringkali dilakukan oleh para perempuan, maka seorang perempuan yang sering melakukan gigit bibir sendiri, mitosnya ia akan bernasib kurang baik dan seret rejekinya.
Larangan makan sambil tiduran : Maka dari itulah, jika kita makan jangan sambil tiduran, karena menurut mitos dengan melakukan makan sambil tiduran nantinya jadi pemalas. Bukan hanya dari segi mitos, siapa saja orang yang makan sambil tiduran, sudah bisa ditebak bahwa orang itu memang pemalas, hehehe.
Larangan potong rambut malam hari : Mitos dari potong rambut pada mamal hari, maka akan bermimpi didatangi hantu yang sangat jahat.
Mengalami kedutan mata kiri : Siapa saja yang mengalami kedutan pada mata kirinya, mitosnya ia akan mengalami hal-hal sedih dan menagis.
Cium kening terhadap anak kecil kita disaat tidur : Dengan mencium kening anak disaat tidur, maka kita akan dimaafkan dosa-dosa dari bapa kita. Hal ini bisa benar, bisa juga sebagai kiasan semata.
Larangan bersiul disaat makan : Jika bersiul disaat makan, maka anda akan mendapatkan kesulitan dalam berusaha.
Kedutan tangan bagian kiri : Seringkali seseorang mengalami kedutan tangn kirinya, maka ia akan mendapatkan uang dengan cara tak terduga-duga.
Membawa batu dalam kantong : Mitos tentang mengantongi sebuah batu, pasti sudah seringkali terdengar, ini merupakan yang sering saya lakukan disaat masih duduk dibangku SD, bahwa mitos mengantongi sebuah batu, maka rasa BAB yang tidak tahan, akan menjadi hilang.
Mendapati kedutan mata kanan : Bahwa seseorang yang mengalami kedutan mata kanannya, ia akan mendapatkan rejeki tak terduga
Makanan jatuh : Sering kali makanan yang sedang kita makan jatuh, maka mitosnya dari makanan yang sedang kita makan jatuh, berarti memnandakan ada seseorang yang menginginkannya.
Lama dikamar mandi : Mitos akibat selalu lama dikamar mandi, yaitu anda akan terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya 
Demikianlah sedikit ulasan mengenai  mitos-mitos yang terdapat di jawa maupun sunda, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »