Nasi jamblang makanan yang unik dan khas cirebon jawa barat

Makanan khas cirebon - kenapa makanan nasi jamblang ini dibilang unik.
Nasi jamblang makanan yang unik dan khas cirebon jawa barat
Sega/ nasi jambalng khas cirebon

Jika seseorang hendak menyantap nasi jamblang, maka makanan tersebut sudah tersedia didepan mata kita cara penyajian yang sedikit mirip seperti dalam meja perasmanan orang hajatan, dana apa sih khasnya..?, karena untuk mendapatkan nasi jamblang ini kita tidak akan mendapatkannya selain yang asli penjual dari cirebon.

Jika mendengar orang-orang cirebon mengatakan, "wes mangan sega jamblang rung.".?, sudah makan nasi jamblang belum..?, jangan pernah mengaku pernah mengunjungi kota cirebon jika belum mencoba makanan nasi jamblang ini, kepopuleran serta kenikmatan dari nasi jamblang ini merupakan sebuah ikon kota cirebon.

Cara penyajian hanya dengan menggunakan alat atau wadah lauk pauk yang sederhana, namun keberadaan nasi jamblang ini bisa dikategorikan sebagai kuliner terkenal dari cirebon, dari beberapa macam lauk pauk yang diletakan dengan bebas diatas meja, sehingga pembeli tidak perlu membutuhkan pelayan untuk sekedar mengambil lauk pauk yang telah tersedia, akan tetapi tetap masuk hitungan kalkulator, atau tidak gratis..tis..tis..hehe.


Sejarah nasi jamblang cirebon
Nasi jamblang atau sega jamblang menurut orang-oran cirebon menyebutnya. Bila kita mau menelusuri awal mula tentang keberadaan sega atau nasi jamblang yang awal mulanya muncul kepermukaan datang dari sebelah ujung kulon kota cirebon yaitu dari seseorang yang menjajakan makanan nasi jamblang ini.

Dari citarasa yang nikmat serta sajiannya menggunakan dari sebuah daun jati hingga menambah aroma wangi dari nasi jamblang itu.

Dengan cara penyajiannya yang dibilang unik, dengan acara prasmanan sehingga seseorang yang menyantap nasi jamblang ini tidak akan merasa bosan, dan mereka bisa memilih lauk pauknya sendiri, dari mulai lauk pauk yang telah tersedian didepan mata, diantaranya lauk pauk yang memancing kita untuk segera mencicipinya, yaitu dengan  tersedianya ; sambal goreng, pedas maupun manis, semur hati yang menggoda perut kita, sayur tahu, dadar telor, semur asam, dan masih banyak yang lainnya.


Lauk pauk untuk campuran nasi jamblang semuanya jenis makanan yang sangat mempunyai citarasa yang khas, serta kenikmatan dan juga kepuasan yang kita dapatkan setelah menyantap nasi jamblang ini, bisa dibedakan dengan menyantap nasi selain dari nasi jamblang khas cirebon ini. Dengan adanya ikon tentang nasi jamblang ini, bisa mengalahkan jenis makanan-makanan yang terkenal lainnya yang terdapat dari kota cirebon.

Sebetulnya nasi jamblang khas cirebon ini hanyalah untuk dimakan oleh para pekerja-pekerja disaat zaman penjajahan belanda beberapa tahun yang silam.

Konon katanya para pekerja itu sedang mengerjakan pembuatan jalan menuju akses menuju anyer hingga ke panarukan dimana akses tersebut harus dilaluinya dari cirebon, karena nasi jamblang sangatlah disukai oleh para pekerja disaat penjajahan hingga akhirnya nasi jamblang bisa tetap bertahan dan menjadi populer sampai saat ini, dan nasi jamblang ini merupakan warisan kuliner yang begitu lekat dan khas dari cirebon.

Nasi jamblang akan lebih terasa nikmat, apabila menyantapnya disaat bulan ramadhan tiba, dan kita berkumpul bersama keluarga tercinta untuk sekedar menunggu bedug maghrib lalu berbuka bersama keluarga dengan menyantap hidangan nasi jamblang, terbayang akan kenikmatannya apabila kita berkumpul ditempat jualan nasi jamblang dengan keluarga.

Demikianlah sedikit informasi mengenai kuliner yang khas dan nikmat dari cirebon jawa barat ini, yaitu nasi jamblang, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa menjadi referensi tujuan kuliner anda, terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »