Tangkuban parahu objek wisata paling banyak dikunjungi orang di bandung

Tangkuban parahu objek wisata
kawah tangkuban parahu
Tangkuban parahu - Objek wisata yang sangat populer yang terdapat dikota bandung serta wajib kalian kunjungi yaitu objek wisata alam tangkuban parahu, belum pernah mengunjungi kota kembang bandung apabila kalian belum berkunjung ketempat objek wisatanya yaitu gunung tangkuban parahu.


Gunung tangkuban parahu yang terletak didaerah cikole, lembang bandung bagian barat ini sempat ditutup untuk beberapa saat, disebabkan status gunung tersebut menyatakan status WASPADA, tidak lama kemudian status berubah drastis menjadi status normal dan akhirnya para pengunjung sewkan-akan menerima kabar yang sangat bagu sekali hingga akhirnya objek wisata gunung tangkuban parahu pun dibuka seperti biasanya.

Panorama serta keindahan yang terpancar natural dari tempat objek wisata gunung tangkuban parahu semakin terasa apabila kita berada ditempat itu, bukan hanya wisatawan lokal saja yang banyak mengunjungi tangkuban parahu, hingga wisatawan asingpun tidak ingin kalah oleh orang-orang pribumi sendiri. Disamping kepopuleran dari objek wisata dari gunung tangkuban parahu, disisi lain tangkuban parahu mempunya nilai cerita yang sanga terkenalnya yaitu kisah legenda dari sangkuriang.


Dalam setiap harinya pengunjung yang datang tidak sedikit jumlahnya, bukan hanya masyarakat bandung saja yang datang sengaja untuk berlibur, namun banyak juga yang datang dari luar daerah bandung dan wisatawan-wisatawan asing pun selalu mendatanginya setaip saat.

Dengan hamparan luasnya pohon teh serta rindangnya pohon pinus yang terdapat di objek wisata tangkuban parahu ini, menambah suasana semakin berkarakter, serta dengan tingginya yang mencapai 2.085 mtr para pengjung selalu dimanjakan melihat pemandangan yang begitu mempesona yang terdapat di tangkuban parahu itu.

Buat para pengunjung yang datang dari luar kota, tidak akan merasa kecewa justru malah enggan untuk balik lagi kedaerahnya masing-masing, dari keindahannya, kealamiannya, udara sejuk serta embun yang menyelimuti puncak gunung tangkuban parahu itu membuat mata kita menjadi takjub dan semakin merasakan indah serta alaminya gunung tangkuban parahu tersebut.

Dengan adanya selimut kabut yang mengelilingi kawasan gunung tangkuban parahu, makin menambah panorama keindahan yang terpancar dari objek wisata gunung tangkuban parahu.

Sejarah gunung tangkuban parahu

objek wisata paling banyak dikunjungi orang di bandung
puncak gunung tangkuban parahu

Semua orang sangat menginginkan untuk datang ketempat objek wisata ini, dan bagaimana dengan anda..?, so pasti siapa orangnya yang tidak ingin berkunjung ke tangkuban parahu, bukan hanya keindahan yang dimiliki gunung tanguban parahu ini, melainkan objek wisata ini memang mempunyai kisah ceritra tentang adanya legenda sangkuriang yang sudah sangat terkenal diseluruh indonesia ini.

Sejarah dari gunung tangkuban parahu ini menceritrakan tentang seorang anak yang mencintai ibu kandungnya sendiri, yaitu dayang sumbi, yang sebetulnya dayang sumbi telah mengetahui bahwa sangkuriang adalah anak kandungnya sendiri yang mencintai seorang ibu  yang telah melahirkannya, dan kemudian dayang sumbi selalu berusaha untuk mengagalkan keinginan sangkuriang untuk menikahinya.

Maka dayang sumbi pun memberikan sebuah persyaratan bahwa sangkuriang harus menyanggupi permintaan dari dayang sumbi untuk membuatkannya satu sebuah perahu dalam waktu yang sangat singkat, yaitu hanya dalam satu malam sangkuriang harus bisa menyelesaikan 1 buah perahu. 

Disaat sangkuriang mersakan akan adanya kegagalan dalam membuat 1 perahu, lalu sangkuriang menjadi berontak dan sangat marah, kemudian perahu yang baru berjalan setengah jadi akhirnya ditendangnya hinga posisi perahu menjadi terbalik, dari cerita inilah objek wisata gunung tangkuban parahu ada, karena jika diartikan menggunakan bahasa indonesia "tangkuban" yang artinya TENGKUREB, dan "parahu" yang artinya PERAHU, jadi dinamailah gunung ini sebagai gunung tangkuban parahu.

Rute perjalanan menuju tangkuban parahu
Untuk kalian yang berada diluar kota bandung dan memang berminat mengunjungi objek wisata gunung tangkuban parahu ini, kalian bisa menempuh perjalanan mulai :


  • Tol padalarang/ cipularang
  • Masuk tujuan kota cimahi, melalui Jl. Kol. Masturi sampai penghabisan
  • Masuk melalui kec. cisarua kemudian kec. parongpong Kabupaten bandung bagian barat
  • Masuki Jl. raya lembang hingga lewati Mabes brimob
  • Jika sudah melihat patokan dengan Plang tahu tauhid, persis dikiri jalan, maka pintu gerbang menuju objek wisata gunung tangkuban parahu mencapai 200 meter lagi.
Demikian sedikit informasi mengenai objek wisata paling terkenal dibandung yaitu gunung tangkuban parahu, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa menambah koleksi tujuan wisata anda, cukup sekian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »