Oleh-oleh paling populer dari kota kembang peyeum bandung

Oleh-oleh paling terkenal  - Peyeum, jika kebanyakan orang-orang jawa bilang "tape atau puyum" oleh-oleh khas yang satu ini memang asli bandung, dijawa barat nama peyeum bandung sudah sangat terkenal sekali, peyeum bandung selain makanan terkenal dari bandung, keberadaan peyeum bandung ini merupakan ikonnya kota kembang yaitu bandung.
kota kembang peyeum bandung
peyeum bandung

Hati-hatilah jika berkunjung ke kota kembang bandung, jika orang-orang bandung bilang, " kamu jangan pernah mengaku pernah datang kekota bandung, jika pulang tidak membawa oleh-oleh khas bandung, yaitu peyeum bandung", itu yang sering terlontar dari mulut orang-orang bandung, makanya jika berkunjung kekota bandung ini, yaitu dengan melengkapi perjalanan dikota kembang ini wajib membawa oleh-oleh khas bandung ini.

Peyeum bandung bisa juga direferiensikan sebagai kulinernya kota kembang, selain teksturnya yang sedikit unik, serta penuh dengan warna putih seperti tepung namun citarasa yang didapat dari peyeum bandung ini, berdeba sekali dengan peyeum atau tape, tekstur dari tape sendiri bentuknya terpotong-potong serta agak lembek dan juga rasanya sedikit asam, sedangkan peyeum bandung ini mempunyai tekstur utuh masih berbentuk singkong, keras serta rasanya manis dan gurih.

Dari cara menjajakan peyeum khas bandung ini memang serbilang sangat unik, sehingga seseorang yang belum mengetahui tentang peyeum ini, dan juga tidak sedikit seseorang yang penasaran ingin mencicipi peyeum bandung.


Naah, ..peyeum bandung ini banyak sekali dijumpai didaerah bandung bagian cibaduyut, pasteur, dan masih banyak lagi daerah-daerah jawa barat yang menjajakan oleh-oleh khas bandung ini, kalian bisa melihat dijalur bandung menuju tasik malaya.

Biasanya selama munuju perjalanan ketimur yang melintas jalur bandung ini, tidak sedikit orang-orang yang menjajanakknya dipingir-pinggir jalan, jika anda melihat sebuah singkong dengan warna keputih-putihan, serta dengan cara digantung, itulah peyeum bandung, alias tape singkong khas bandung, peyeum bandung yang sering kita jumpai dipinggir-pinggir jalan seperti gambar dibawah ini.


kota kembang peyeum bandung

Biasanya peyeum khas bandung yang kita jumpai dipinggir jalan ini, selalu menyediakan jenis makanan-makanan khas lainnya berupa ubi cilembu, dodol, dan lain sebagainya. Untuk memastikan asli dan tidaknya peyeum bandung, jika yang kita lihat peyeum masih berbentuk seperti singkong dan jika dimakan tidak lembek, itulah peyeum bandung asli.
Baca juga : Kuliner unik nasi kucing versi bandung
Asal mula peyeum bandung
Setiap makanan atau jenis kuliner oleh-oleh yang lainnya, biasanya selalu ada saja sejarahnya, naah..jika menurut cerita awal mulanya tercipta peyeum bandung ini, pada jaman dahulu kala tepatnya dikota kembang bandung masih terdapat pohon-pohon singkong begitu luas, akan tetapi seiring berkembangnya kemajuan jaman, lahan tanah untuk sekedar menanam singkong semakin jarang, sehingga oleh-oleh khas bandung ini banyak dibuat dari luar daerah bandung namun lebel masih tetap menggunakan "bandung"

Walaupun untuk sekarang ini peyeum bandung seringkali dibuat dari luar daerah bandung, akan tetapi daerah tersebut masih menghargainya sebagai makanan khas bandung dengan memberikannya lebel bandung, itu menandakan bawha pencetus pertama peyeum bandung ini adalah dari kota bandung.

Cara membuat peyeum bandung


Dari kepopuleran peyeum bandung tidak sedikit seseorang yang membuat untuk sekedar menyambut tamu rumah, cara pembuatan peyeum bandung pun tidak terlalu susah, naaah..jika diantara kalian memang ingin membuatnya sendiri dirumah, simak ulasannya seperti dibawah :
  • Pertama-tama sediakan singkong beberapa biji (1 kilo saja)
  • Kupas bersih bagian kulit
  • Rendam dalam air beberapa saat
  • lalu direbus, dan kemudian didinginkan
  • Lumuri singkong secara merata dengan ragi
  • Kemudian simpan dalam tempat kedap udara selama 1 hari-1 malam
  • Gantung dan ikat ditempat ruangan selama dua malam
Naah, setelah mengikuti langkah-langkah seperti diatas kalian bisa langsung mencicipi peyeum bandungnya dirumah sendiri. Kiranya hanya sedikit ulasan mengenai oleh-oleh khas bandung ini, selamat mencobanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »