Doyan sambal gurih dan pedas? anda wajib mencicipi sambal ini

Rajanya sambal gurih dan pedas - Jenis sambal ini sudah sangat terkenal sekali didaerah jawa barat, khususnya digarut.
anda wajib mencicipi sambal ini
Sambal khas garut

Untuk menjelajahi kuliner-kuliner terkenal dari jawa barat ini mungkin tidak ada habisnya untuk ceritrakan satu-persatu, dan bagi seseorang yang pernah menikmati sambal dengan citarasa yang khas ini anda hanya bisa menemukannya digarut.

Sambal cibiuk yang aslinya berasal dari kampung cibiuk yang berada dikota garut sudah sangat familiar sekali diseluruh indonesia, dari mulai citarasa serta tekstur yang sedikit agak unik ini, dimana semua bahan-bahannya tidak harus diulek hingga halus, cukup hanya bagian inti sarinya saja yang keluar dari bumbu-bumbunya, maka teciptalah citarasa yang khas yaitu sambal cibiuk menurut orang-orang garut menyebutnya.

Diantara kalian yang sangat menggemari pedasnya sambal, atau sangat hobi sekali dengan jenis kuliner sebagai perpaduan antara nasi, lauk pauk dan sambal ini, hanya sambal khas garut ini yang sangat cocok dilidah kalian. Keberadaan tentang sambal cibiuk saat ini masih menjadi buruan para penggemar sambal, enatah itu yang sengaja datang dari luar daerah garut sendiri.


#Asal-usul sambal cibiuk digarut
Keberadaan jenis kuliner yang satu ini (sambal cibiuk), awal mula populernya sambal cibiuk digarut ini mulai dari tahun 1990, hingga sampai saat ini sambal cibiuk masih menjadi makanan faforit untuk masyarakat sunda. Tidak sedikit beberapa rumah makan besar yang terdapat garut, selalu menyimpan menu andalannya salah satunya dengan menyediakan sambal cibiuk ini.

anda wajib mencicipi sambal ini
Selain dari citarasanya yang sangat khas ini, keberadaan sambal cibiuk ini merupakan keterkaitannya dengan salah satu sosok ulama terkenal dari kota garut yaitu Syeh Ja'far Shidiq. Syeh Ja'far Shidiq sangat terkenal dengan sebutan nama mbah wali.

Konon katanya beliau merupakan salah satu ulama penyebar agama islam digarut, mbah wali ini tokoh yang selalu memberikan inspirasi tentang ekonomi terhadap masyarakat garut.

Mbah wali selalu menekankan kepada masyarakat garut betapa pentingnya berwira usaha serta menggali kemampuan diri khususnya ilmu pangan.

Hingga pada akhirnya Syeh Ja'far Shidiq (mbah wali) dengan kebiasaannya memberikan penjamuan terhadap para tamunya, kemudian beliau menyuruh terhadap anak perempuannya yaitu nyimas ayu fatimah untuk membuat sambal, yaitu yang sampai saat ini dinamakannya dengan sebutan sambal cicbiuk, lalu nyimas ayu fatimah pun tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diajari ayahnya hingga pada akhirnya sambal cibiuk dikembangkan dari generasi berganti hingga saat ini.



Pada awalnya mulai berkembangnya sambal cibiuk untuk masyarakat garut, kuliner sambal cibiuk didapat dengan mengunakan bahan-bahan dari timur tengah (arab), dan sambal cibiuk dihidangkan khusus untuk para tamu istimewa saja, konon katanya saat pembuatan sambal cibiuk ini ada sedikit unsur mantra serta doa-doa agar supaya sambal cibiuk ini bisa menjadi sebuah makanan yang enak juga lezat.

Bagaimana..apakah anda sudah mencobanya sendiri kelezatan dari sambal cibiuk ini..jangan pernah mengaku pernah mengunjungi garut, sebelum mampir dirumah makan sambal cibiuk ini, heheh atau rute perjalanan menuju arah garut yaitu akses jalur menuju tasik malaya.

Satu-satunya rumah makan yang menyediakan sambal cibiuk bisa anda jumpai melewati arah jakarta menuju bandung kemudian langsung menuju arah kota tasik malaya, sebelum menjumpai desa limbangan, satu-satunya kuliner sambal cibiuk khas garut bisa dijumpai persis sebelah kiri jalan menuju kota tasik, atau jika anda ingin mencobanya membuat sendiri sambal cibiuk ala sendiri, ada beberapa jenis bahan-bahan yang harus digunakan meliputi ;

- 1/2 Sdk teh gula merah
- 1/2 Sdk garam
- 1/2 Sdk terasi bakar
- 3sihung bawang merah
- 2.5Cm kencur
- 6 lembar kemangi
- 3-4 tomat ijo, potongan kasar
- 10 cabe rawit hijau

"Caranya ;
- Haluskan cabe rawit hijau, bersamaan dengan ;
- garam, gula merah, terasi bakarnya, bawang merah
- Uleg tidak terlalu halus
- Campurkan tomat
- Daun kemangi
- Siap dihidangkan berikut campuran lauk pauknya yang menggoda selera makan kita,   diantaranya perpaduan antara nasi liwet, petay, tahu + tempe, ikan asin dan yang lainnya menurut keinginan, selamat mencobanya.
Demikianlah ulasan mengenai sambal cibiuk kuliner khas dari garut, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa menambah wawasan kita tentang kuliner-kuliner yang terdapat diindonesia ini, sekian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
October 03, 2016 delete

Harus cobain nih... kalau main ke garut....

Reply
avatar
October 03, 2016 delete

owh..harus mas...sambal cibiuk deket limbangan garut

Reply
avatar