Sejarah dari benteng pendem cilacap

Sejarah dari benteng pendem cilacap
Sejarah benteng pendem, yang hingga saat ini masih banyak diperbincangkan banyak orang, dan benteng tersebut dijadikannya sebagai tempat wisata sejarah, yang banyak dikunjungi masyarakat setempat. Baiklah sobat semua, dalam kesempatan ini saya akan sedikit mengupas tentang sejarah benteng pendem di cilacap, yang konon dari beberapa sumber mengatakan :

Sejarah benteng pendem cilacap, merupakan bangunan –bangunan peninggalan belanda berletak tepi psisir pantai teluk penyu dijawa tengah tepatnya di cilacap, benteng pendem merupakan bangunan tua, dan usianya kira-kira 154 tahun. Benteng pendem ini dahulunya adalah sebuah Markas Tentara hindia belanda, yang mempunyai luas bangunan 6,5, awal ditahun 1861 sampai 1879.

Bangunan tersebut sangat tertutup dengan tanah dari psisir pantai serta tidak terawat, kemudian bangunan tersebut mulai diolah oleh pejabat setempat pada tahun 1986, dan hingga saat ini bangunan tersebut dijadikannya sebagai objek pariwisata bersejarah.

Bangunan itu pada awalnya sebagai basecamp dari pasukan belanda di jawa tengan, dan dari tangan belandalah benteng pendem tersebut ada, disaat itu benteng pendem digunakan guna pertahanan dari serangan laut.

Pada jaman penjajahan, bertempur dengan tentara-tentara jepang, bangunan itupun sempat dikendalikan pasukan jepang, pada 1945 tentara-tentara jepang tersebut tidak lagi memegang kendali dikarenakan terdengar kabar bahwa Nagasaki dan hirosima diluluhlantahkan sekutu.

Akhirnya bangunan tersebut dukuasai Pasukan Tentara Nasional Indonesia, didalam kendalinya pasukan Indonesia itu, bangunan tersebut dipakai sebagai tempat latihan peperangan para pejuang-pejuang Indonesia.

Benteng pendem hanya mempunyai beberapa ruangan dan sampai saat ini masih kuat dan terawatt dengan baik, akan tetapi dari sejak ditemukannya beberapa ruang, dari keseluruhan ruangan tersebut belum semuanya diketemukan.

Bangunan tersebut hanya terdiri dari beberapa skat, dai mulai ; skat pertahanan, skat sniper/ mengintai, ruangan untuk miting, skat kesehatan, tempat menyimpan peralatan perang, ruangan bahan peledak, sel, tempat memasak.

Dari beberapa sumber, dalam benteng pendem tersebut mempunyai trowongan, yang dimana trowongan tersebut mempunyai banyak akses menuju ke Lapas nusakambangan, akan tetapi kabar itu sampai saat ini belum semuanya terungkap.

Sumber : https://id.wikipedia.org

Demikian ulasan singkat, tentang sejarah benteng pendem cilacap, mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit menambah wawasan kita tentang sejarah, dan yang pastinya bisa bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »