Tabir mistis yang terdapat dibenteng pendem ngawi

Benteng pendem ngawi - sangat menggemparkan semua warga setempat yang berdekatan dengan benteng pendem tersebut. Benteng pendem yang terdapat dingawi tidak seperti benteng pendem yang berada didaerah cilacap, konon katanya benteng pendem dingawi ini merupakan benteng yang sangat terkenal dengan keangkerannya.

Selain dari masa kelam yang terdapat dibenteng pendem dingawi ini, sering kali seseorang warga setempat melihat kemunculan makhluk-mahluk gaib yang berkeliaran ditempat itu, seperti apa kira-kira mistis yang berada di benteng pendem ngawi ini, simak ulasan lengkapnya dibawah ini ;


Sejarah Benteng Pendem Ngawi 
Dari bangunan gedungnya yang kokoh serta sedikit agak berlumut ini, menurut cerita yang beredar bahwa benteng pendem ini mempunyai nama dari benteng Van Den Bosch yang berada dijawa timur tepatnya didesa Palem.

Benteng yang bernama Van Den Bosch ini merupakan sebuah bangunan tempat pertahannya para kolonial belanda yang dipimpin langsung oleh Johannes Van Den Bosch, yang ia bangun hampir tidak menyisakan ruang tanah, sehingga dari kejauhan yang terlihat hanya sebuah benteng pendem saja.

Situs dari keberadaan benteng pendem sendiri kira-kira didirikan pada tahun 1839 hingga selesai pada tahun 1845 yang silam. Dikala itu benteng pendem adalah tempat perlindungan khusus untuk para pasukan belanda disaat berperang melawan semua prajurit-prajurit dari pangeran diponegoro, benteng pendem yang terdapat dingawi ini sempat menjadi objek wisata sejarah, lokasi yang tidak terlalu jauh jaraknya dari sebuah pemakakan para pahlawan yang terdapat dingawi.

Kuburan Misterius 
Tabir mistis yang terdapat dibenteng pendem ngawi
kuburan misterius
Ada salah satu kuburan yang terdapat didalam bagian ruangan benteng pendem. Dengan adanya kuburan yang berada tepat didalam benteng merupakan suatu bukti bahwa ada seseorang yang telah meniggal dan dikuburkan diarea bagian dalam benteng pendem.

Menurut dari beberapa sumber, bahwa kuburan yang terdapat dibenteng pendem tersebut adalah kuburan mendiang Muhammad Nursalim, Beliau merupakan salah satu kiyai dan juga pejuang dari pihak Pangeran Diponegoro yang gugur dan dikuburkan didalam benteng pendem itu. 

Muhammad Nursalim sepak terjangnya sangat terkenal sekali oleh semua masyarakat ngawi, dengan ilmu kanuragan yang ia miliki maka akhirnya pasukan kolonial belanda menangkap ia secara hidup-hidup lalu dibawanya kedalam benteng pertahanan yaitu benteng pendem tersebut. Tidak lama kemudian setelah kejadian penangkapan Muhammad Nursalim, berselang waktu yang tidak begitu lama bahwa beliau telah meninggal dunia dlam sebuah tahanan dengan cara dikubur hidup-hidup didalam benteng pendem oleh para pasukan belanda.

Sejarah sumur tua
Tabir mistis yang terdapat dibenteng pendem ngawiDidalam lokasi benteng pendem yang terdapat dingawi ini, bukan hanya kuburan dari Kiyai Muhammad Nursalim saja, ada juga sebuah sumur yang menyimpan banyak sejarah, konon katanya sumur tua digunakan sebagai tempat pembuangan para mayat para tenaga rodi yang bekerja pada pasukan belanda. Padahal mayat-mayat tersebut dimasa hidupnya adalah seseorang yang ikut membantu berdirinya benteng pendem tersebut. 
Usia dari bangunan benteng pendem yang telah mencapai usia setengah abad ini masih sangat kokoh serta terksturnya sedikit megah ini, akan etapi banyak sekali kejadian-kejadian aneh yang terdapat dilokasi benteng, tidak sedikit seseorang yang sengaja berkunjung dibenteng itu mendapati hal-hal yang tidak wajar atau aneh, misalnya dengan adanya penampakan yang seringkali muncul disitu, diantaranya ;

- Hantu Tentara Belanda Tanpa Kepala
  • Memang terdengar agak lucu, adanya sesosok makhluk gaib secara bergerombol menampakan dirinya dengan berpakaian lengkap militer dan sering sekali menampakannya tanpa adanya kepala, mitos yeng beredar ini hampir mirip dengan makhluk gaib yang terdapat di lawang sewu.
- Hantu siluman ular


  • Dengan munculnya secara tiba-tiba, serta dilihat bah seperti sebuah bayangan yang melesat cepat ini sehinga menimbulkan ketidak nyamanannya para pengunjung, apalagi yang dilihat bukan makhluk biasa merupakan jelmaan dari ular berkepala manusia. Seringkali kedatangannya keluar dari celah-celah bangunan mungkin hanya sekedar numpang lewat saja, walapun secara tidak langsung bukan berniat untuk mengganggu namun kehadirannya membuat ketakutan bagi seseorang yang melihatnya.
- Manusia Berwujud Kelelawar
  • Selain dari munculnya makhluk-makhluk gaib seperti diatas, ada lagi sosok makhluk gaib yang dibilang sangat menyeramkan, yaitu sesosok kelelawar besar menyerupai tubuh manusia dan sering berdiam diri diatas gedung benteng pendem. 
Kemungkinan makhluk ini merupakan makhluk gaib yang telah lama menghuni ruangan benteng Van Den Bosch, makhluk yang satu ini seringkali dikait-kaitkan dengan makhluk gaib asal belanda yaitu vampire.

Dari kesemua mahkluk gaib yang berada ditempat ini, merupakan cerminan sejarah dari benteng pendem dingawi ini, masih banyak lagi tabir-tabir mistis yang terdapat ditempat benteng pendem ini, semoga ulasan mengenai tabir mistis yang terdapat dibenteng pendem ngawi, bisa menambah pengetahuan dan pemahaman sejarah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »