Kemilan pedas tahu gejrot yang wajib anda coba

Kemilan pedas tahu gejrot - Tahu gejrot, nama kuliner khas cirebon ini mempunyai nama sedikit unik, namuan keberadaan tahu gejrot sudah merambah ke ibu kota.
tahu gejrot yang wajib anda coba
tahu gejroot

Kuliner ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat cirebon dan juga masyarakat ibu kota jakarta, dari rasanya yang khas ini, keberadan tahu gejrot di ibukota bisa meramaikan persaingan-persaingan makanan terkenal lainnya di jakarta, misalnya kerak telor, dan lain sebagainya.

Kuliner khas cirebon ini salah satu makanan yang banyak sekali dinanti kehadirannya oleh masyarakat ibu kota, dari namanya yang unik ini keberadaan tentang tahu gejrot banyak sekali diminati orang-orang yang bukan hanya dari kalangan bawah saja, namun tahu gejrot juga sangat diminati oleh kalangan atas juga.


Baca juga : Nasi jamblang makanan yang unik dan khas cirebon jawa barat
Dari cara menjajakannya dengan cara dipikul ada juga yang menggunakan gerobak, cara menjajakan tahu gejrot seperti inilah yang sering kita jumpai di jakarta.

Dari cita rasanya yang khas, serta cara penyajiannya yang sedikit unik, tidak sedikit warga masyarakat ibu kota yang menggemari tahu gejrot, meliputi anak-anak sekolah, mahasiswa, guru-guru sekolah dan lain sebagainya. Pada umumnya orang yang menjajakan tahu gejrot yang kita temui di ibu kota ini, biasanya mereka selalu mengkal didepan sekolahan, komplek perumahan maupun kantor-kantor di ibu kota.

Dari mulai generasi selanjutnya keberadaan tentang makanan atupun kuliner khas cirebon ini, patut untuk dikembangkan atau sangat tepat untuk direferensikan sebagai kuliner yang mempunya sitarasa khas nusantara, hanya sedikit saja menggunakan bumbu-bumbu kuah serta bahan lainnya, tahu gejrot mampu memancing hati seseoarang untuk mencicipi tahu gejrot ini.

Disaat sekarang ini nama makanan tahu gejrot sudah sampai tersiar kenegara tetangga, karena cara pembuatan serta bahan baku nya yang sangat mudah, sehingga tidak sedikit orang-orang yang sengaja membuatnya untuk sekedar menyambut teman-teman atau untuk tamu yang berkunjung kerumah.

Siapa orangnya yang tidak menyukai tahu gejrot ini, dari rasanya yang memberikan sensasi dilidah dan juga membuat seluruh wajah menjadi basah kuyup yang disebabkan rasa pedas, gurih dan nikmat dari tahu gejrot ini, sehingg banyak sekali orang-orang yang menunggu kehadiran situkang tahu gejrot berkeliling.

Nutrisi yang tersimpan dalam tahu gejrot

Tahu gejrot, dari rasanya memang sangatlah pedas serta menyegarkan, namun dalam tahu gejrot ini ada beberapa manfaat jika kita mengkonsumsinya, berikut kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk badan. Telah dikutip oleh beberapa sumber, bahwa tahu gejrot banyak sekali menyimpan kandungan nutrisi meliputi ;
  • Protein tahu 7,7 grm
  • Kandungan kalisium mencapai 125 grm
  • Kandungan lemak 0,5 grm
  • Kalori 36 grm
  • Zat besi 0,7 grm
  • Kandungan Vit. C sebanyak 28 Mg
  • Kalsium mencapai 45 mg -
belum lagi kandungan yang terdapat dari campuran kecap sebagai bahan campuran rasa nikmat dari tahu gejrot ini. Dari beberapa bahan-bahannya yang mengandung banyak nutrisi yaitu dari campuran bawang merah, yang sangat ampuh untuk mengatasi gejala masuk angin.

Naah, bagaimana dengan anda semua, apakah anda sudah mencoba kuliner yang satu ini.?, anda akan banyak menjumpai kios-kios penjual tahu gejrot jika anda sedang mengadakan perjalanan menuju utara yaitu cirebon, mungkin anda ingin mencoba berimajinasi membuatnya sendiri tahu gejrot dirumah..ok kalau begitu kalian ikuti petunjuk serta bahan-bahan apa sebagai campuran tahu gejrot ini :

Bahan-bahan tahu gejrot :
Persiapkan terlebih dahulu beberapa tahu kosong, tahu sumedang
25 ml air
3.5 sendok makan air asam
2,5 sendok makan kecap asin
Garam secukupnya
Gula merah sebanyak tiga sendok makan, atau setengah gandum
Bumbu ulek 
Cabai rawit (disesuaikan dengan kebutuhan)
4 sihung bawang merah
3 sihung bawang putih
Caranya :
Campurkan dari mulai air sampai garam
Kemudian rebus sampai mendidih
Kemudian campurkan kuah dengan bumbu ulek
Campurkan semua tahu sumedang dan sirami dengan kuah sambalnya, selesai..dan siap disantap
Demikianlah sedikit informasi mengenai kuliner tahu gejrot, makanan khas indonesia ini, semoga artikel ini bisa berguna untuk semua,sekian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »