Tradisi paling unik sekaligus extreme suku mentawai

Tradisi unik suku mentawai - Indonesia sangat dikenal dengan kekayaan tentang keaneka ragaman bahasa, budaya, adat serta tradisi-tradisi yang terdapat diindonesia ini.
suku mentawai
Suku Mentawai

Bukti dari banyaknya keaneka ragaman yang ada di indonesia atau tradisi yang sangat unik sekaligus extreme ini bisa kita jumpai daerah di mentawai sumatera barat.

Mungkin tentang kecantikan kuno atau tradisional misalnya dengan memanjangkan leher serta dengan lilitan kalung dari besi, bisa kita jumpai diburma, memperpendek ukuran panjang kaki seperti yang dilakukan tradisi tiongkok kuno, untuk secara luasnya mungkin kita tidak pernah akan tau dimana letak daya tariknya, namun menurut mereka tradisi seperti ini menjadi sesuatu yang menarik dan juga sangat berarti.

Dalam setiap daerah masing-masing pasti mempunyai tradisi ataupun sebuah budaya, dimana budaya tersebut sampai saat ini masih dipertahaknan, sekalipun jaman serta tekhnologi sudah semakin menjamur di indonesia, namun tradisi yang bisa dibilang extreme masih tetap berjalan dimentawai sumatera barat ini. Entah itu mereka maknai dari segi apa, atau memang tradisi suku mentawai ini sudah menjadi sebuah warisan para leluhur dimentawai.

Masyarakat mentawai sangat mempecayai bahwa keberadaan manusia adalah punya dua bentuk, yaitu raga atau roh yang bisa binasa, karena menurut orang-orang suku mentawai ini, manusia akan selalu mendapatkan sebuah ancaman penyakit yang suatu saat akan menariknya kedunia yang lain, maka dari itu orang-orang suku mentawai selalu selalu memuaskan jiwanya dengan bentuk dan berpenampilan extreme dari fisiknya.


"Baca juga : 3 tradisi aneh, unik sekaligus kejam dan menakutkan"
Maka hampir keseluruhan orang-orang dari suku mentawai memodifikasi tubuhnya dengan bertato (kusus laki-laki), dan menajamkan beberapa bagian gigi depan demi membahagiakan jiwa dan selalu diberikan umur yang panjang.

#Tradisi menajamkan gigi
Tradisi extreme suku mentawai ini merupakan tradisi yang wajib dilaksanakan sampai kapanpun, dalam adat budaya dari suku mentawai, ada tradisi yang bisa dibilang extreme yang harus dijalankan untuk para wanita yang beranjak remaja untuk melakukan tradisi seperti menajamkan gigi depannya dengan sebuah pahat.
  • Salah satunya datang dari istri dari seorang kepala desa, sebut saja nama perempuan itu "pilongi", pada awalnya disaat teman sebayanya melaksanakan penajaman gigi, pilongi menolak untuk mengikutinya, namun pada akhirnya disaat pilongi diperistri oleh kepala desa maka pilongi pun bersedia melakukan penajaman giginya.
  • Dengan keberadaan orang-orang suku mentawai yang masih dibilang asing ini, sehingga jarang sekali untuk bisa menyentuh tekhnologi, maka proses penajaman gigipun dilakukannya hanya dengan menggunakan alat seadanya, misalnya menggunakan batu atau pahat dan tanpa sedikitpun menggunakan obat penahan rasa sakit sekalipun.

Untuk merubah semua peraturan yang terdapat dari suku mentawai ini, dan seiring berkembangnya tekhnologi maka proses tentang tradisi penajaman gigi untuk seorang wanita harus ada sebuah kesepakatan dari antar pihak terlebih dahulu, semua kesepakatan itu terkait dengan semua kebutuhan seorang wanita itu sendiri, jika pun dari beberapa kalangan setiap keluarga, masih saja dalam setiap keluarga melakukan penajaman gigi terhadap anak maupun istrinya masing-masing.

#Tradisi mentato badan
Sebagai warisan turun-temurun, bahwa suku mentawai selalu hidup dengan kesederhanaan dalam uma, uma yang berarti rumah, dimana rumah tersebut hanya terbuat dari bahan-bahan kayu dan berstektur panggung. 
  • Jika masalah pakaian yang dikenakannya bahan tersebut masihlah sangat tradisional sekali yaitu hanya dengan menggunakan "Kabit" terbuat dari kayu yang kuhusus dirancang untuk laki-laki yang berfungsi untuk menutup anggota tubuh bagian bawahnya saja, berbeda dengan para wanita yang hanya menggunakan plapah dari daun pisang khusus penutup bawah saja, rajutan serta sedikit rumbai-rumbai yang berfungsi penutup bagian atas.
  • Mentato bagian tubuh merupakan tradisi khas dari suku mentawai, bahkan menurut sumber telah melansir tentang keberadaan seni tatto yang terdapat di suku mentawai ini merupakan tradisi paling tua didunia, bahkan semenjak kedatangnnya dipantai barat sumatera mulai dari kondisi masih dari jaman logam.
  • Masyarakat suku mentawai sendiri sangat mempercayai, bahwa dengan mentato ditubuh mereka yang berarti mereka telah meghidupkan roh dari kehidupan mereka. Sedangkan semua jenis tatto yang dibuatnya adalah simbol atau tanda bentuk karakter dari masing-masing pribadi seseorang suku mentawai, misalnya seseorang dari suku mentawai menggemari berburu, maka tatto yang dubuat ditubuh mereka pun identik dengan hewan hasil dari perburuannya.
  • Tradisi tatoo badan disuku mentawai ini bukan hanya dilakukan kebanyak orang-orang dari suku tersebut, bahkan seni tatto paling tua didunia ini datang dari mentawai, dengan suatu bukti nyata dengan adanya orang-orang eropa yang sengaja datang untuk membuat tatto dan masuk kewilayah suku mentawai ini. Keberadaan seni tatto dari suku mentawai ini bisa terdengar sampai kenegeri lain, masa sich kita yang orang indonesia kurang mengetahui betapa banyaknya kekayaan budaya yang terdapat di indonesia, salah satunya dari suku mentawai ini.
  • Walaupun alat yang dipergunakan untuk mentatto tubuh masih dibilang ketinggalan jaman, akan tetapi banyak sekali orang-orang yang datang dari negara lain untuk membuat tatto ditubuhnya di mentawai, serta tinta yang hanya mengunakan dari sebuah getah pohon, namun bagi orang-orang pribumi suku mentawai, dengan menato bagian anggota tubuhlah roh-roh kehudupan senantiasa menyertai mereka.
Demikianlah ulasan mengenai tradisi unik dan extreme suku mentawai ini, mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan kita tentang tradisi maupun budaya yang terdapat di indonesia ini, sekaligus artikel bermanfaat juga untk semua, sekian dan terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »