Tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah

Upacara sedekah laut - Untuk menceritakan sebuah kebudayaan daerah khususnya di indonesia ini takan pernah ada habisnya, misalnya dengan tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah ini merupakan kebudayaan indonesia yang harus dipertahankan.
Tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah
upacara sedekah laut

Tradisi sedekah laut merupakan dari bagian upacara yang erat hubungannya dengan kepercayaan agama serta Unsur dari kebudayaan yang tidak bisa tergantikan dengan unsur-unsur budaya yang lainnya.
  • Tradisi sedekah laut semata-mata mereka lakukan guna untuk mencari keselamatan hidup, tentram damai, serta melindungi alam semesta, tradisi unik sedekah laut ini sendiri hanya terdapat didaerah kabupaten cilacap dan kabupaten bantul. Tradisi seperti sedekah laut ini merupakan warisan para leluhur dan sampai saat ini tradisi sedekah laut masih dilaksanakan secara turun-temurun.
  • Melaksanakan kegiatan seperti sedekah laut ini semata-mata untuk menanamkan sebuah kebudayaan tradisi terhadap generasi penerus, agar mereka selalu mengingat tentang warisan nenek moyangnya sendiri, dengan tujuan diberikan keselamatan selama dilaut.


Khususnya untuk warga masyarakat cilacap, tradisi yang sangat unik dan khas ini mempunyai daya tarik tersendiri sekaligus sebagai hiburan untuk masyarakat setempat maupun masyarakat yang sengaja datang dari luar kabupaten cilacap, jika dibandingkan dengan hiburan lainnya mungkin sedekah lautlah yang jadi pelarian utamanya.

Asal Mula Sedekah Laut
Tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah
sedekah laut
Tradisi unik seperti sedekah laut ini merupakan sebuah icon kota cilacap, sedekah laut yang awal mulanya dilakukan atas amanat dari pemerintahan kabupaten cilacap sendiri, yaitu dengan adanya perintah dari seorang bupati cilacap yang ke 3, katakanlah "Tumenggung Tjakrawerdaya 3", dialah seseorang sebagai pencetus pertama tentang adanya tradisi unik seperti sedekah laut.

Amanat dari sang bupati ia tujukan terhadap kepala atau sesepuh nelayan pandanarang yaitu ki arsa menawi untuk menabur sesembahan dilaut selatan dan juga keterlibatan dari nelayan-nelayan lainnya tepat dihari jum'at kliwon dan bertepatan dibulan sura pada tahun 1875 dan juga ditahun 1983, kemudian diususngnya sebagai wisata tradisional.


Maka tidak heran, sampai saat inipun jika hari jum'at kliwon dan bertepatan dibulan sura, pasti upcara tradisional sedekah laut ini selalu diadakan, hampir seluruh masyarakat kabupaten cilacap memenuhi pesisir pantai, demi menyaksikan upacara berlangsung. Untuk yang sengaja datang dari luar daerah cilacap tujuan utamanya hanya ingin menyaksikan langsung kemeriahan dari terlaksananya tradisi sedekah laut ini.

Selama upcara sedekah laut berlangsung, jalan-jalan pusat kota kabupaten cilacap seolah-olah kondisi menjadi hening, karena masyarakat tumpah ruah berkumpul dipesisir pantai, dari awal mulai berlangsungnya upacara sedekah laut, meriahnya iring-iringan dijalan raya seraya membawa beberapa sesembahan dengan kawalan seluruh masyarakat mengantarnya sampai pesisir pantai, wwaaah..

Sebelum pelaksanaan upacara sedekah laut biasanya terlebih dahulu melakukan proses menyekar atau jiarah ke pantai karang bandung, yang tidak jauh jaraknya dari timur tenggara pulau nusakambangan.

Prosesi penyekaran ini dipimpin langsung ketua adat yang merupakan sesepuhnya para nelayan dengan iring-iringan seluruh masyarakat cilacap yang sengaja memohon doa terhadap Tuhan YME, agar nelayan selalu diberkahi dengan tangkapan ikannya yang melimpah serta memohon untuk senantiasa diberikan keselamatan.

Selain dengan melakukan ziarah para nelayanpun atau masyarakat harus mengambil air suci yang diambil dari pulau majethi yang menurut cerita tempat tersebut merupakan tempat tumbuh kembang wijayakusuma.

Dihari jumat kliwonlah tanggalan jawa yang menjadi inti pelaksanaan sedekah laut, puncak acara biasanya selalu diisikan dengan acara utama yaitu dengan melakukan kiraban larung sesaji yang diawali dari sebuah pendopo wijaya kusuma sakti dikabupaten langsung mengarah kepantai teluk penyu. Tradisi seperti ini sangat dinanti-nantikan seluruh masyarakat dari pesisir kidul jawa tengah serta semakin meriahnya dengan adanya arakan dari skelompok nelayan dan juga jajaran muspida setempat.

Seiring perkembangan serta pesatnya tekhnologi canggih sekalipun, tradisi sedekah laut ini tidak pernah termakan jaman, maka disetiap berlangsungnya tradisi unik ini, selalu menampilkan beragam generasi supaya nanti akan selalu terpupuk dalm jiwa meraka dan tidak lupa untuk selalu bersyukur terhadap Tuhan YME melalui tradisi atau ritual sedekah laut ini. Tidak hanya selesai sampai disitu saja, karena dimalam harinya dari setiap desa dikabupaten cilacap selalu mengadakan kesenian dari sekelompok para nelayan terkait.

Demikinlah sedeikit ulasan mengenai tradisi unik sedekah laut di cilacap jawa tengah ini, mudah-mudahan sedikit artikel ini bisa menjadi wawasan tentang budaya dan sekaligus bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »