Tradisi unik upacara seba dari suku baduy

Suku baduy dalam adalah sekelompok masyarakat yang sangat memegang teguh tradisi atau adat istiadat warisan nenek moyang secara turun-temurun.
Tradisi unik dari suku baduy dalam
suku baduy dalam

Masyarakat baduy dalam yang mayoritasnya tinggal disebuah pedalaman desa kanekes, berkabupaten dilebak, kecamatan lewi damar daerah provinsi banten ini masih sangat asing dari keramaian kota.

Walaupun perkembangan serta tekhnologi sangat berkembang pesat dibelahan indonesia ini, akan tetapi berbeda dengan masyarakat suku baduy yang sampai saat ini bisa dibilang mengasingkan dari hiruk pikuk kota, dan masih menjunjung ketaatannya terhadap perintah para leluhur mereka agar senantiasa untuk selalu berbaur dengan alam serta taat bercocok tanam.

Adanya suku baduy di indonesia ini sudag berabad-abad lamanya, namun hingga detik ini masyarakat suku baduy tidak terlintas sedikitpun untuk berbaur dengan kemoderenan, mereka sama sekali tidak mau diadopsi dengan jalannya perkembangan jaman yang semakin canggih dan modern.

Dari ketaatannya untuk selalu bersandar pada adat istiadatnya, maka tidak sedikit masyarakat dari suku baduy dalam yang memiliki pendidikan secara formal. Menurut masyarakat suku baduy dalam bahwa  yang menjadi pedoman mereka hanyalah "memperlajari perbuatan baik hanya ia dapatkan melalui alam".

Seiring berjalannya waktu serta kemajuan jaman yang kian berkembang, kemungkinan anak dan cucu mereka tidak ada yang bisa mempertahankan untuk selalu berpegang teguh terhadap leluhurnya, maka untuk saat ini para pewaris suku baduy dibagi menjadi dua, yaitu suku baduy dalam dan baduy luar. Namun yang menjadi ciri khas dari masyarakat baduy, entah itu baduy dalam maupun baduy luar, mereka selalu menggunakan pakaian tradisionalnya yaitu pakaian dengan warna serba putih dan ikat kepala warna hitam.


Ada beberapa perbedaan antara suku baduy dalam dan suku baduy luar, untuk masyarakat baduy dalam tidak diperbolehkan menggunakan ataupun kendaraan, tujuan sejauh apapun harus dilaluinya dengan berjalan kaki dan tanpa mengenakan sendal , sedangkan masyarakat suku baduy luar sudah bisa berbaur dengan kemoderenan, seperti halnya dengan memiliki handpone, memakai sandal, dari jenis makananpun sudah dibilang elite, misalnya nasi kotak, minuman teh botol dan lain sebagainya.

Tradisi seba masyarakat baduy
Tradisi unik dari suku baduy dalam
tradisi seba dari baduy
Tradisi untuk masyarakat baduy sendiri, yaitu "seba" namanya, seba merupakan bentuk ritual auatu upacara yang wajib dilaksanakan, karena seba ini merupakan amanat dari para leluhur, karuhun jika masyarakat baduy menyebutnya.

Upacara seba biasanya hanya dilaksanakan dalm waktu setahun sekali, tepatnya pada bulan safar permulaan jatuhnya ditahun baru, dan inti dari upacara tersebut semata-mata untuk menumpahkan rasa syukur serta pemberian hormat terhadap pemerintahan setempat yang ditujukan kepada bupati maupun gubernur banten. Dengan beberapa hasil panen yang dibawanya bentuk dari rasa syukur mereka, dalam melaksanakan upacara seba mereka persembahkan hasil dari panennya selama satu tahun.

Sejarah upacara seba suku baduy


Tradisi unik upacara seba dari suku baduy dalam
patung arca domas
Dari beberapa sumber mengatakan, sebetulnya apa dibalik dari upacara seba tersebut, jika menurut sebuah mitologis yang sangat dipercaya semua masyarakat baduy ini, bahwasanya melakukan upacara seba diyakini adanya bhatara tungal yang merupakan pemegang kendali kuasa tertinggi.

Konon katanya bhatara tunggal tersebut bertempat tinggal dihulu sungai ciujung juga cisimeut, dimana tempat tersebut merupakan tempat paling diangap keramat yang dinamakan arca dhomas, dan sampai detik ini arca tersebut tidak bisa diperlihatkan terkecuali untuk masyarakat suku baduy atau pimpinan suku baduy itu sendiri.

Masyarakat suku baduy sendiri sangat yakin, bahwa kehadiran bhatara tunggal lah yang menciptakan bumi dari sebuah benda-benda besar, berwarna bening dan sedikit kental dan kemudian melebar hingga mengeras secara berangsur. Menurut keyakinan dari masyarakat suku baduy, awal mulanya adanya bumi yaitu terletak dibaduy, maka dari itulah inti dari jagat serta sasaka pusaka buana, atau pusatnya dunia yaitu arca domas.

Keberadaan arca domas ini sangat mempunyai peranan penting untuk masyarakat suku baduy ini, karena sangat menetukan siapa cikal bakal nantinya dari penghuni bumi untuk masyarakat suku baduy dan yang lainnya. Arca domas jika menurut kepercayaan masyarakat baduy ini adalah sebagai perkumpulan para leluhur mereka.

Sedangkan para leluhur sendiri mempunyai tugas untuk selalu mengawasi serta menjaga anak-anak dari keturunan masyarakat suku baduy. Dengan keyakinan yang dimiliki masyarakat baduy, mereka membuktikannya melestarikan, serta sangat menjaga keseimbangan alam dengan cara melestarikan hutan-hutan.

Demikianlah ulasan yang bisa saya sajikan mengenai tradisi unik upacara seba dari suku baduy, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
May 03, 2016 delete

Nilai tradisi yang selalu dijunjung tinggi hingga kini dijaman modern adalah sesuatu hal yang patut mendapat apresiasi bagi suku baduy.

Reply
avatar