Tradisi unik upacara seren taun dari jawa barat

Tradisi unik seperti upacara seren taun dari jawa barat, seren taun yang berarti dengan, "seren yang berarti "simpan", sedangkkan taun yang berarti "tahun", namun jika disimpulkan arti dari seren taun merupakan penutupan akhir taun bagi para petani padi, upacara tradisi seperti seren taun bisa kita jumpai didaerah jawa barat tepatnya dibanten.


 seren taun dari jawa barat
tradisi seren taun
Upacara seren taun merupakan budaya orang-orang sunda, dimana panen padi mulai tiba mereka semua berkumpul disebuah alun-alun yang sangat luas seraya mengucap rasa syukur kehadirat Alllah atas semua panen yang didapat para petani orang-orang banten. Tradisi seperti ini merupakan warisan leluhur budaya dan sudah berlangsung hingga 647 tahun yang lampau.

Setelah setahun lamanya mereka bercocok tanam padi, dan makna dari seren taun yaitu merupakan bentuk penyerahan atau dalam bahasa umunya sebagai sedekah guna memohon berkah terhadap Tuhan YME, agar suatu saat nanti untuk panen kedepannya akan lebih subur serta hasil panenya akan lebih meningkat dibanding panen-panen sebelumnya.

Tradisi unik seperti ini sangatlah dinanti-nantikan oleh seluruh warga setempat, karena dengan adanya upacara seren taun ini biasanya ada beberapa hiburan berupa paguyuban wayang golek yang ditunggu masyarakat seputar desa kecamatan cisolok, tepatnya didusun disirnaresmi, dan semua berbondong-bondong menuju alun-alun ciptagelar kabupaten sukabumi.


Semua para petani unjuk kebolehannya dengan memamerkan hasil panenya masing-masing. Suasana ditempat itu mendadak meriah, tidak sedikit juga orang-orang yang datang untuk sekedar menyaksikan tradisi upacara seren taun ini. Memang sudah menjadi tradisi budaya turun-menurun sebagai daerah agraris bagi masyarakat sebagai tradisi leluhur dari membudidayakan padi.

Hanya kurun waktu dalam setahun dalam sekali saja mereka menanam padi, disaat waktunya panen tiba kemudian mereka mengistirahatkan sawah-sawah mereka dengan waktu yang telah ditentukan, sebab mereka sangat meyakini bawha alam yang bisa menghasilkan panen tersebut memerlukan keseibangan guna untuk pulihnya lahan-lahan agar bisa tumbuh subur seperti yang mereka harapkan.

Kepercayaan terhadap upacara tradisi seren taun


Tradisi unik upacara seren taun dari jawa barat
upacara seren taun
Adat istiadat warga masyarakat inilah yang sampai saat ini masih menjunjung tinggi warisan leluhur mereka, selain itu mereka sangat menghargai tanaman padi, menurut mitos bahwa padi merupakan jelmaan dari Dewi, yaitu nyi pohaci sanghyang asri.

Apabila diantara mereka mengelola tanaman padi dengan ketulusan hati bahkan sampai datangnya panen tiba, maka nyi pohaci sanghyang selalu memberikan kesuburan sebuah panen yang berlimpah, maka dari itulah padi sangat mempunyai peranan penting untuk warga masyarakat kasepuhan ini.

Upacara seren taun ini tradisi khas jawa barat, dasar dari upcara tersebut, hanyalah silahturahmi antar warga yang secara kompak membawa hasil panen padi dengan cara dipikul, mulai dari sawah mereka masing-masing langsung menuju lumbung padi, dan yang lebih menariknya lagi, selama dalam perjalanan para petani yang memikul padinya diikuti sekelompok yang membawakan sebuah tatabuhan musik tradisional. Setelah itu mereka semua berkumpul bersama ketua adat serta dihadiri oleh para pejabat-pejabat pemerintahan setempat.

Terlihat jelas, kekompakan serta rasa persaudaraan yang dibina warga kasepuhan dengan adanya tradisi unik ini. Dari berbagai daerah khusunya daerah setempat semua masyarakat menyaksikan upacara seren taun ini, bahkan sebagain anak-anak kecil menganggap seren taun ini merupakan hiburan yang sangat dinantikan kedatangannya. Seiringnya perkembangan jaman, untuk saat ini desa yang masih mengadakan upacara seren taun hanya ada beberapa desa saja, yaitu meliputi desa sidang barang, desa ci gugur, desa banten bagian kidul dan desa kanekes. 

Tradisi unik seperti seren taun untuk warga masyarakat kasepuhan telah dianggap sebagai pesta atau hajatannya orang-orang kampung, sebab mayoritas warga semuanya selalu menghadiri upacara sebagai tradisi yang harus dipertahakan turun-temurun.

Beberapa desa, upacara seren taun umumnya diawali dengan pengambilan air, dimana air yang mereka dapatkan haru melalui 7 mata air, yang nantinya air tersebut dijadikan satu dalam suatu tempat lalu kemudian mengadakan doa-doa. Selepas air didoakan, lalu air tersebut di cipratkan kesemua masyarakat yang mengikuti upacara seren taun.

Semua warga masyarakat yang mengikuti upacara seren taun mendapatkan roti yang telah disediakan dalam tampah. Kemudian upacara biasanya dilanjutkan dengen proses menyembelih kerbau yang nantinya daging kerbau tersebut akan dibagi-bagikan terhadap warga miskin didaerah itu, dan pada akhir upacara mereka tutup, mereka semua menikmati hidangan tumpeng yang telah disediakan sebelumnya, bentuk kekeluargaan semakin erat dan terjaga selepas akhir dari upacara seren taun berlangsung.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai tradisi unik upacara seren taun dari jawa barat, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita semua tentang tradisi-tradisi yang ada di indonesia ini, sekian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »