Tutut jenis makanan khas asli indonesia

Jenis makanan khas asli indonesia - Satu lagi makanan yang mempunyai nama sedikit unik dan sangat khas ini, yaitu tutut..sudah pernah mendengarkah nama makanan yang satu ini..?,
makanan khas indonesia asli
makanan khas indonesia

Pasti semua orang indonesia sudah mengenalnya, dari rasanya yang gurih, sedap dan agak pedas ini bisa dijadikan sebagai kuliner yang harus direferensikan ke publik.

Makanan jenis tutut ini memang agak sedikit susah dicari, apalagi untuk warga masyarakat DKI, bahkan seseorang yang sengaja menjajakan makanan tutut khsusnya didaerah jakarta ini akan sulit kita temui, tapi enggak perlu khawatir apabila kalian sangat ingin menikmati makanan tutut ini, bisa kita temui dikawasan pulogadung, orang yang sengaja menjajakan tutut ini hanya berjualan dihari minggu sore.

Makanan tutut ini merupakan makanan yang terbuat dari keong sawah, kebanyakan orang menyebutnya sebagai krece, namun keong sawah ini apabila diolah oleh tangan-tangan kretif dengan mendominasikan bahan rempah-rempah, maka rasa tutut ini berubah menjadi seperti seaffod nya indonesia. Memang kepopuleran makanan tutut ini masih dibilang urutan paling bawah jika dibandingkan dengan jenis makanan kerang, tapi soal citarasa sama sekali tidak bisa kita ungkapkan dengan kata.

Dari cara mencicipi atau memakan daging tututnya yang sedikit unik, yaitu hanya dengan menyedot dagingnya melalui buntut yang sudah dipaprasnya sebelum dimasak, selain dari rasanya yang sedap tutut juga sangat banyak sekali mengandung protein nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh manusia.


Tutut merupakan binatang yang berkembang biak diswah-sawah dan selalu hidup dalam sebuah lumpur, dan makanan tutu sendiri ia hanya mengkonsumsi dari tanaman air, misalnya lumut maupun ganggang, dari bentuknya yang unik banyak sekali orang-orang yang mencarinya disawah-sawah.


Kandungan Nutrisi dari daging tutut
Kandungan nutrisi yang tersimpan dalam daging tutut ini meliputi ; ada 65 energi 12,5 gm protein, 6,1 kandungan lemak, 3.5 grm kandungan karbhohidrat, 300grm kandungan khalsium, dan masih banyak kandungan-kandungan nutrisi lainnya yang tersimpan dari makanan khas asli indonesia ini.

Dari banyaknya kandungan nutrisi dari jenis makanan tutut ini bisa juga sebagai alnternatif pengganti lauk sebagai campuran nasi, dari dagingnya yang teramat kecil tutut juga sangat ampuh untuk mengatasi jenis penyalkkit diabetes, liver, bila kita mau mengkonsumsinya secara teratur koesterol tinggi pun bisa diatasi hanya dengan tutut. Sudah banyak orang yang mengakui bahwa tutut sangat manjur untuk mengatasi jenis penyakit seperti yang saya singgung diatas ini.

Cara mengolah tutut

Naah..untuk kalian yang memang ingin mencoba jenis makanan tutut ini, kalian bisa juga membuatnya dirumah, adapun langkah-langkah sebelum tutut diolah dengan bumbu-bumbu, langkah awal untuk membuatnya terlebih dahulu ;
  • Kalian harus merendam tutut dalam air selama satu malam, air rendaman pun harus kita ganti 3-4 kali, guna untuk mengeluarkan isi kotaran dalam tutut,
  • Setelah proses endapan selama satu malam, kulit tutut kita bersihkan terlebh dahulu untuk membuang lumut yang masih menempel dalam cangkang tutut.
  • Kemudian tepat dibagian buntut tutut kurang lebih dari ukuran 5mm dipotong sebagai tempat dimanan daging tutut kita crucup atau disedot menggunakan mulut monyong kita, hehehe.
Bumbu-bumbu diantaranya :
  1. bawang merah sebanyak 9 biji
  2. bawang putih 7 biji
  3. kunir 9 cm saja
  4. kemiri 7 buah
  5. gunakan daun salam secukupnya saja
  6. daun sreh secukupnya
  7. garam secukupnya
  8. gula secukupnya
  9. pakai daun bawang sebanyak 5 batang
  10. air sebanyak 1liter
Cara mengolah tutut :
  • Kita tumiskan semua bumbu-bumbu, usahakan sampai bebau harum
  • Kemudian disusul bahan-bahan seperti daung bawang, gula, dan garam diaduk secara merata
  • Lalu masukan tutut yang sudah bersih, sampai air tumisan mendidih (bisa dikira-kira.
Demikianlah sedikit ulasan tentang makanan khas asli indonesia ini yaitu tutut, mudah-mudahan ulasan ini bisa bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
June 01, 2016 delete

Pertama kali saya makan tutut itu lucu saya congkel ribet padahal tinggal di sruput aja hahahah... Jadi inget pertama kali makan ini

Reply
avatar
June 01, 2016 delete

haha, emang begitu, aturan tinggal ngecrhoot doang dari lubang ekornya, crooot..crooot..

Reply
avatar
June 04, 2016 delete

pasti kang orang sekitar jawa barat dan dki ya? istilah tutut kalau ditempat saya solo dan sekitarnya gak ada yang tau, taunya keong saja. tapi boleh juga tuh rasanya ketika saya di bandung gurih, enak cara makanya cukup di krek korek pakai tusuk gigi lalu di sedot...

Reply
avatar
June 04, 2016 delete

Saya dari garut, tutut cukup di kecrhhooot aja, hehehe

Reply
avatar