Eksotisnya objek wisata air terjun tumpak sewu dilumajang

Eksotisnya objek wisata air terjun, sebagian orang diindonesia mungkin masih terdengar sangat asing sekali, tentang eksotisnya objek wisata air terjun tumpak sewu, air terjun tumpak sewu ini merupakan destinasi objek wisata yang masih dibilang baru, yang terdapat didesa sidomulyo, kecamatan pronojoyo, lumajang.

Eksotisnya objek wisata air terjun tumpak sewu dilumajang


Karena masih kurangnya informasi mengenai objek wisata air terjun tumpak sewu, sehingga belum banyaknya wisatawan yang berkunjung ketempat itu. Walaupun informasi-informasi tentang keindahan dari panorama yang terdapat di air terjun tumpak sewu ini, tidak kalah menariknya dibandingkan dengan objek wisata yang sudah terkenal dari daerah jawa, misalnya bromo, dieng, atau candi borobudur.

Untuk saat ini, objek wisata air terjun tumpak sewu, sudah mulai banyak diperbincangkan dan menjadi salah satu destinasi wisatawan-wisatawan lokal. Memang pada awalnya keberadaan tentang objek wisata air terjun tumpak sewu masih dirahasiakan oleh warga masyarakat setempat, sebab rasa kekhawatiran dan juga takut, nantinya objek wisata tersebut tidak dikelola oleh pemerintahan setempat, misalnya tentang keberadaan objek wisata guha tetes ini.

Akhirnya sudah mulai timbul rasa percaya masyarakat disaat pemerintah sudah mulai memperhatikan objek wisata dari B-29, seperti gambar dibawah ini. Kelanjutannya yang sangat diharapkan warga setempat, maka dengan adanya objek wisata air terjun tumpak sewu ini, bisa menjadi destinasi kalangan masyarakat luas.
Eksotisnya objek wisata air terjun tumpak sewu dilumajang


Untuk bisa sampai menuju objek wisata air terjun tumpak sewu, maka tujuan pertama ialah lumajang, setelah sampai disebuah tugu perbatasan malang dan kabupaten lumajang, dan kira-kira 100 metersebelum mencapai tugu, ada sebuah gank, disebelah kiri arah lumajang. lalu berjalan lurus samapi menemukan sebuah sungai, dan perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri aliran sungai mencapai 200 mtr, dan kita akan segara menemukan air terjun tumpak sewu itu.

Kenapa sampai dinamakan dengan air terjun tumpak sewu..?, sewu yang berarti "seribu", dan tumpak yang berarti "saling tindih", maka dengan air terjun yang turun dari bukit, dengan banyaknya arus air yang terjun, singkatnya seperti seribu air terjun yang terlihat tumpang tindih akhirnya dinamakan sebagi air terjun tumpak sewu.

Air terjun tumpak sewu sangatlah tinggi, tidak sedikit seseorang yang merasa cemas untuk sekedar berfoto-foto disitu, akan terasa lebih memacu andrenalin kita disaat mengambil gambar melalui tebing paling atas.

Dengan akses yang sudah dikatakan diatas tadi, adalah untuk menikmati keindahan air terjun tumpak sewu dari atas. Namun apabila kita ingin melihat air terjun tumpak sewu dari arah bawah, maka kita bisa mengaksesnya dan turun melalui Goa tetes, yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai dengan melawan arus.

Keberadaan objek wisata air terjun tumpak sewu sangat berbeda dengan objek wisata air terjun yang lainnya, karena bisa dikategorikan sebagai objek wisata ekstrim dan sangat identik dengan petualangan. Untuk mencapainya sendiri kita harus berjuang  menyusuri sungai, naik turun melewati tebing-tebing yang licin dan penuh lumut. Harus ekstra hati-hati disaat melewatinya.

Eksotisnya objek wisata air terjun tumpak sewu dilumajang

Akan tetapi semua perjuangan serta usaha kita untuk bisa mencapai objek wisata air terjun tumpak sewu, akan segera terbayarkan dengan sebuah keindahan yang begitu mengesankan sekali. Panorama pemandangan yang memanjakan mata kita, kejernihan air terjun yang tiada duanya, serta tempat yang masih terjaga keasriannya, semuanya itu bakal menggantikan rasa lelah kita disaat berjuang menuju objek wisata air terjun tumpak sewu ini.

Naah..untuk anda semua yang memang menggemari petualangan, atau yang sering bepergian kedaerah jawa khususnya ke lumajang ini, anda bisa disuguhkan dengan keindahan dua sekaligus air terjun, yaitu air terjun tumpak sewu, dan air terjun yang berada di guha tetes. Adapun saran-saran untuk bisa mencapai objek wisata air terjun tumpak sewu, diantaranya ;


  1. Bawalah perbekalan sebelum mencapai objek wisata air terjun, selengkap-lengkapnya.
  2. Membawa sendal atau sepatu dengan hak tajam
  3. Jangan memisahan dengan teman-teman
  4. Simpan baik-baik barang bawaaan, misalnya hp dan lain-lain
  5. Bungkus HP menggunakan plastik (menghindari air)
  6. Bawa perbekalan tali/ tambang
  7. Persiapkan perbekalan makanan dan minuman (tidak ada penjual makanan / minuman)
Mempersiapkan
Direkomendasikan
- Dari tempeh - goa tetes (60 menit)
- Turun sngai melewati goa tetes (30 menit)
- Menyusuri sungai - air terjun tumpak sewu (20 menit)
- Naik sungai - goa tetes (45 menit)


Memperhatikan kondisi cuaca
Alangkah baiknya untuk selalu memperhatikan segala cuaca sebelum melakukan perjalan menuju objek wisata air terjun tumpak sewu, karena dengan cuaca seperti mendung dan sampai turun hujan, akan sangat berbahaya sekali, karena akses menuju air terjun tumpak sewu penuh dengan tanah lumpur, yang akan menjadi sangat licin disaat hujan turun. Sebisa kita harus pandai-pandai mengatur waktu, jangan sampai kita tetap berada ditempat itu jika gelap sudah datang.

Demikianlah informasi mengenai eksotisnya objek wisata air terjun tumpak sewu dilumajang, selamat berkunjung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »