Jenis makanan dengan nama unik tongseng ini, wajib dicoba

Makanan tongseng - Untuk menjadikan makan siang anda, dari namanya yang unik hampir mirip dengan nama cina, padahal tongseng merupakan makanan khas dari jawa.
Kuliner masakan dengan nama unik
makanan tongseng

Tongseng salah satu kuliner khas indonesia yang sudah sangat terkenal sekali oleh seluruh masyarakat indonesia, dari rasa serta tekstur daging kambing nya yang begitu empuk dan juga rasanya yang sangat gurih membuat selera makan menjadi bertambah jika menyantap tongseng kambing.

Kuliner masakan jenis tongseng ini sudah bisa kita temui dibeberapa daerah, salah satunya warung tenda yang kita temui dipinggir-pinggir jalan dijakarta, rasa serta kenikmatannya pun tidak kalah enaknya dengan tongseng asal kelahirannya yaitu tongseng solo.

Sedangkan aemua para pecinta tongseng untuk saat ini bukan hanya dari kalangan orang tua saja namun keberadaan kuliner tongseng sudah banyak sekali diminati oleh kalangan remaja sampai anak-anak kecil sekalipun, membuktikan bahwa keberadaan tongseng diindonesia bisa membawa segala generasi untuk menikmatinya.

Biasanya tongseng selalu ada sebagai pengisi dihari raya idul adha, maka daging qurban yang didapat bisa dijadikan menu makan siang dan dubuat menajdi masakan tongseng, biasanya seperti ini dilakukan oleh orang-orang jawa, contohnya saya sendiri ini, hehe..kenapa enggak, momen hari raya idul adha merupakan momennya umat islam, maka semua warga akan mendapatkan daging kambing secara cuma-cuma, selain untuk dibakar menjadi sate manfaatkan juga dengan membuat masakan tongseng.


Untuk kuliner yang satu ini, apabila diantara sobat semua belum pernah mencobanya, sobat juga wajib coba untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah, cara pembuatannya tidak terlalu ribet dan juga sangat gampang untuk ditiru, agar rasanya bisa menjadi nikmat senikmat tongseng dari asalnya yaitu dari solo.

Di kota solo sendiri masakan kuliner dengan nama unik ini akan sangat mudah ditemui, kalau menurut orang-orang solong bilang, "jangan pernah mengaku pernah datang ke kota solo, apabila belum mencicipi kuliner tongseng", begitu kira-kira yang keluar dari mulut orang-orang solo.

Baiklah..pada kesempatan ini saya akan bocorkan resep-resepnya, jika diantara sobat semua belum berkunjung kekota solo bisa juga untuk mencoba membuatnya dirumah, adapun baha-bahan yang dibutuhkannya, dan juga bumbu-bumbunya, sekaligus cara pembuatannya bisa sobat lihat petunjuk seperti dibawah ini :


Bahan-bahan tongseng kambing :

400 grm daging kambing4 sihung bawang merah iris tipis3 sdm kecap manis1 tomat merah, dipotong800 ml santen dari 1/2 biji kelapa3 lembar daun salam2.5 cm lengkuas, dimemarkan5 cabe rawit merah, dicacah sepanjang 2 cm1000 ml 1 liter air3 daun bawang, potong dicacah 2 cm150 grm kol, potong kotak-kotak4 Sdm minyak untuk menumis1 batang serai, ambil putihnya, lalu dimemarkan
Bumbu halus tongseng :
1 sendok teh ketumbar4 biji lada2 sendok teh garam3 kemiri, kemudian disangrai3 biji bawang putih3 cm kunyit, lalu dibakar2 cm jahe4 biji bawang merah
Cara memasak tongseng :
Rebuslah daging kambing secukupnya, tunggu daing menjadi empuk, lalu potong-potong manjdai kecil-kecil.
Rebuslah santan, lalu bumbu-bumbu halus, dan daun salam, kemudian lengkuas juga serai sambil diaduk, tunggu sampai mendidih. sudah mendidin lalu sisihkan.
panasi minyak, kemudian tumislah bawang merah, cabe dan campurkan daging kambing yang sudah dipotong-potong.
Campurkan koldi dalam tumisan, lalu tumislah kol sampai menjadi layu.
Lalu masukan kecap manis, aduk hingga rata.
Tuangkan kuah santan, tunggulah sampai mendidih.
Setelah kuah santannya sudah mendidih, kemudian tambahkan dari daun bawang dan juga potongan tomat, lalu dimasak hingga matang, dan langsung sajikan hangat-hangat.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai kuliner masakan dengan nama unik tongseng wajib dicoba ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat, semoga hasil masakan sobat semua sama persis seperti tongseng solo.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »