Legenda tentang asal mula putri duyung menurut biologi

Legenda tentang asal mula putri duyung menurut biologi  - Kisah putri duyung menjadi salah satu cerita yang belum terungkap secara keseluruhannya itu, sedang kan jika menurut mitologi ilmiah sendiri, tentang adanya putri duyung masih manjadi dilema yang ditutup-tutupi.
Banyak sekali cerita bermunculan tentang adanya legenda dari seorang putri duyung, dengan beberapa pendapatnya juga yang bermacam-macam, siapa dan darimanakah asal mula makhluk laut yang berparas cantik ini, bahkan seringkali menjadi bahan cerita dongeng-dongeng dikalangan masyarakat.
asal mula tentang putri duyung menurut biologi
Putri duyung

#Asal usul tentang putri duyung
Baiklah..ada baiknya kita mendengarkan dari beberapa sumber tentang keberadaan dari putri duyung, yang keberadaannya masih belum terungkap dan sekaligus cerita yang sangat fenomenal sekali, berikut dibawah ini beberapa pendapat tentang legenda putri duyung tersebut, diantaranya ;
1. Putri yang Dikutuk 
Beberapa dari bukti sejarah tentang legenda asal usul putri duyung kira-kira ditahun 1000 masehi, dari sebuah catatan telah diketemukannya oleh arkeolog setempat, bahwa warga asyiria disaat itu sangat mempercayai bila putri duyung merupakan salah satu seorang putri seorang raja yang terkena kutukan alam yang disebabkan telah menghabisi nyawa suaminya, kemudian ia menenggelamkan dirinya sendiri kedasar laut maka rubahlah wujud menjadi seseorang dengan bentuk setengah ikan.

Kemudian ia bertempat tinggal didasar laut, dan juga berniat menenggelamkan kapal-kapal yang melintas diatas tempat tinggalnya, sekaligus akan menghabisi aemua para awak kapal demi membalaskan dendamnya dari sebuah kutukan yang diberikan padanya.

2. Seorang Nelayan yang kena kutukan
Lain lagi dengan pendapat serta kepercayan yang datang dari negara jepang, konon katanya bahwa putri duyung merupakan seorang nelayan yang dikutuk dikarenakan sudah mengingkari janjinya, dari sebuah janji bahwa ia akan menuruti apa kata gurunya untuk tidak memakan yang ada kaitannya dengan hewan. Pada akhirnya janji tersebut diingkarinya, kemudian ia malah banyak membunuh para hewan-hewan untuk sekedar menikmati dagingnya.

Pada saat janjinya tidak ditepati, tidak lama kemudian ia mendapatkan sebuah musibah dan tubuhnya berubah bentuk seperti sesosok monster dari setengah bentuk ikan, yang dengan secepat kilat bisa menghilang ditengah lautan. Kemudian seiring perkembangan jaman, rasa percaya agama membuahkan adanya hukum, maka seluruh para pengikutnya tidak diperbolehkan untuk memakan makanan senyawa, misalnya binatang dan lain-lainnya.

3. Legenda asal usul putri duyung menurut dari belahan dunia
Selain dari pendapat diatas tentang legenda putri duyung, banyak lagi sebuah cerita yang berlainan tentang keberadaan dari putri duyung. Menurut pandangan orang-orang dari eropa, mereka mengaitkan tentang adanya putri duyung adalah dari seorang gadis telah bunuh diri dan menerjunkan dirinya disebuah jurang pinggiran laut.

Ia terjun kesebuah jurang yang terdapat tepat diatas lautan luas yang terjadinya dari rusia bagian timur, dan juga keterkaitannya dengan asal usul putri duyung rusalka, ia merupakan sesosok hantu perempuan yang kerap mengganggu semua laki-laki yang berada dipinggir lautan, cerita ini hampir mirip dengan cerita yang datang dari cina, bahwa keberadaan tentang putri duyung merupakan sebuah kerajaan yang terdapat dilaut, atau yang lebih dikenal lagi dengan terkaitnya sebuah makhluk aneh, yaitu jenglot, menurut cerita dari indonesia tentang pandangan putri duyung itu.

4. Pengawal dewa dewi lautan
Berbeda lagi dari pandangan orang-orang yunani juga romawi, justru dengan asal usul putri duyung berada memang bukan hal yang tidak disengaja, adanya tentang putri duyung merupakan ciptaannya dari dewa-dewi seperti poseidon, triton dan juga neptun. Putri duyung sengaja diciptakan untuk mengawal sebuah kerajaan dan juga sebagai teman dewa dan dewi selama perjalanan berkeliling luasnya lautan.

Keberadaan tentang putri duyung menurut mitologi yunani dan juga romawi bukan sebatas dari seorang perempuan, merteka sangat mempercayai bahwa putri duyung merupakan seseorang pengawal dari kerajaan yang mempunyai kesaktian yang luar biasa, maka kehadiran duyung-duyung sudah dianggapnya sebagai para penjaganya lautan sehinga ia akan berusaha menenggelamkan kapal-kapal yang berniat jahat.

#Bukti tentang sejarah legenda putri duyung menurut biologi
walaupun sampai saat detik ini, bahwa bukti dari keberadaan putri duyung hanya sebagai misteri yang tidak terpecahkan. Benar dan bohongnya tentang sejarah legenda dari putri duyung yang merupakan manusia setengah ikan tersebut sampai saat inipun belum ada seseorang yang membuktikan secara nyata.

Namun menurut para pakar biologi dalam WAB (word association biological) telah berusaha melakukan penelitian denagn jangka panjang, dengan biaya yang mencapai sampai 3.2 Jt Us, hanya berbuah tentang penemuannya dari segi fisik mitologi dunia, dan bukan merupakan fosil asli dari putri duyung.

Demikian sedikit ulasan mengenai legenda tentang asal mula putri duyung menurut biologi, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »