Mengulas sejarah tentang yunani kuno

Mengulas sejarah tentang yunani kuno
Yunani kuno
Jika mengulas tentang sejarah yunani kuno ini, akan banyak sekali bahan perbincangan terkait dengan sejarah pada jaman yunani kuno ini.


Diawal era archhaic tepatnya diabad 8-6 pra masehi yang berlanjut ke pertengahan era bizantium. Sedangkan dijaman era yunani kuno sendiri masih dalam kategori yunani klasik pada masa jaya-jayanya diabad yang ke 4 sampai ke 5, yang konon pada awal terhalangnya dengan masuknya persia yang dipimpin athena.

Disaat abad delapan pra masehi, yunai sedang mengupayakan sebuah kebangkitannya dari kegelapan yang diikuti hancurnya mycenaean, dengan demikian masuarakat yunani tidak merestui yunani kuno yang menjadi tumpah darahnya musnah begitu saja, akhirnya masyarakat yunani mengambil alfabet phoenicia serta merubah menjadi alfabet yunani yang dimana sejarah ini tertulis mulai abad ke 9.

Menurut sumber yang ada bahwa sejarah awal mula periode dari yunani kuno merupakan dari sebuah peperangan dengan sebutan lelantine ditahun 710 sampai 650 pra masehi. Peperangan ini meliputi daerah dari yunani kuno yang bersekutu dengan ereteria tepat di euboea. Perang ini terjadi lantaran memperebutkan masalah tanah di lelantine yang terdapat dipulau euboea tersebut. Kabar berita peperangan ini sudah terdengar oleh masyarakat luas, yang pada akhirnya chalcislah yang menag dalam peperangan tersebut.

Sejarah perkembangan yunani kuno

Seiring dengan kemajuan jaman akhirnya yunani telah masuk dibabak awal yang baru kira-kira tengah-tengah abad ke 6, kemudian mereka akhirnya mengenal sebuah koin ditahun 680 pra masehi. Pengetahuannya tentang koin untuk digunakan sebagai fasilitas dagang membuat semua aristokrat menjadi marah lantaran dengan adanya kon tersebut maka mereka menjadi bentuk pemerintahan bagi sekelompok poleis tersebut.,

Mengulas sejarah tentang yunani kuno

Ada sebagian yang berpendapat dengan adanya pedagang-pedagang yang kaya dan berniat menghancurkan bisnis para aristokrat ditahun 650 pra masehi samap seterusnya, maka aristokrat pun memperjuangkan supaya bisnis mereka tidak hancur yang nantinya diganti para tiran-tiran populis, dan menurut tiran sendiri hal seperti ini ialah sebuah geseran dari yunani, yang berarti bahwa tyranos bukan satu-satunya penguasa yang sah, bahkan kepemimipinannya bisa dibilang baik dan juga jelek.

Seiring bertambah populasi serta kurangnya sebuah tempat untuk bertempat tinggal, maka masuklah sebuah permasalahan yang baru bagi semua masyarakat yang tidak mampu juga yang mampu sekalipun. Contohnya datang dari sparta, terjadinya sebuah peperangan massenia dan akhirnya runtuhlah messenia juga dijadikannya para masyarakat messenia seorang budak-budak diabad yang ke 8.

Kemudian masyarakat yang menjadi budak ini dinamakannya sebagi HELOT, merekapun diharuskan untuk bekerja sebagai petani, yang dimana dari setiap kaum laki-laki dari sparta wajib menjadikan dirinya sebagai tentara. Kesamaan yang menciptakan masyarakat kaya atau miskin kemudian digunakan sarana pemberhentiannya sebuah perang sosial, reformasi yang dipimpin langsung Lycurgus asal sparta, sangat besar harapannya kira-kira reformasi akan segera ditetapkan ditahun 650 pra masehi.

Diakhir abad ke 7, akhirnya athena kembali diguncang krisis, dimana sebuah lahan serta agraria datang kembali membentuk peperangan antar masyarakat sipil. Kemudian hal ini tentu sangat memicu pola fikir dari Archon Draco, untuk segera menciptakan sebuah perbedaan secara fenomenal terhdap dibangunnya sebuah peraturan-peraturan pada tahun 621, asal mula perubahan inilah menjadikan asal bahasa inggris DRACONIAN walau disaat itu sebuah pilihan yang diambil draco tidak bisa untuk memberhentikannya sebuah perang.

Mulai abad ke 6 banyak sekali kota-kota bermunculan yang salah satu menjadi sebuah kota yang utama dari sejarah yunani kuno tersebut, adapun daftar kota yang bermunculan diantaranya dari kota thebes, corinth, athen dan juga sparta. Dari kota tersebut masing-masinnya diputari dengan lokasi Rural salah satu kota kecil yang menjadi kendalinya. Untuk kota athen dan juga corinth menjadi salah satu kota dengan berkekuatan berdagang dan juga persatuan maritimnya yang terkenal tangguh.

Tepat diabad ketujuh sampai delapan, terjadilah sebuah populasi sangat besar yang mengakibatkan emigrasi secara massal dari warga yunani guna menciptakan koloni di magna grecia, yang merupakan kota italia bagian selatan dan juga sisilia, asia minor sampai akhirnya ketempat lebih yang jauh.

Proses emigrasi

Emigrasi yang terjadi salah satunya sebagai pemicu antar kota yunani disisilia, khususnya syracuse melawan carthaginian, konflik yang kemudian memicu roma untuk ikut masuk dalam sebuah aliansi mamertines guna melerai tirani yang sangat kejam oleh syracause hierro 2, dan juga carthaginian sendiri. Hal ini menjadikannya sebuah kekuatan roma untuk melawan orang yunani disisilia dan  juga carthaginian melalui supermasi area sekitar.

Disaat masa peperangan punic, banyak sekali perkembangan masalah ekonomi diyunani, serta dari koloni luar negerinya yang mulai berkembang pesat melalui sektor manufakturnya dan juga segi komersialnya. Disaat era seperti inilah perkembangan besar mulai menemukan titk teranguntuk para masyarakat. Menurut dari sebuah penelitian telah membuat estimasi akan rata-rata dari ukuran rumah di yunani ditahun 300 sampai 800, telah meningkat pesat, dan pertandanya dari menambahnya volume penduduk yang meningkat.

Demikianlah ulasan singkat suguhan saya, postingan yang mengulas sejarah tentang yunani kuno, mudah-mudahan bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan kita tentang sejarah yang ada didunia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »