Mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia

Mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia
Manusia Purba
Sejarah munculnya manusia purba - Manusia pada jaman dahulu tentunya memiliki sil-silah yang sangat menarik untuk diulas, selain itu kita juga bisa mengetahui silsilah awal mulanya manusia dijaman prasejarah. Pembelajaran yang mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia sudah seringkali dilakukan.


Dijaman prasejarah indonesia telah menyambangi lebih dalam mulai periode pleistonik mulai dari empat abad yang silam, yang sebetulnya  masyarakat kutai menciptakan sebuah prasasti dari batu yang pertama kali diindonesia.

Lain halnya yang dari eropa dan juga negara timur tengah. Suatu perbedaan prasejarah antara eropa dan indonesia teramat sangat tabu untuk diulas. Dengan demikian kira-kira yang disebabkannya oleh suatu situasi dari geografis indonesia yang banyak beragam pulau-pulau, hingga menimbulkan terisolasinya daerah-daerah terluar misalnya daerah jawa.



#Perkembangan jaman purba diindonesia
sejarah manusia purba diindonesia

  • Terungkapnya tentang sejarah manusia purba diindonesia ini merupakan adanya sebuah penelusuran melalui kronologi dimasa hidup mereka pada jaman prasejarah sejak dijaman paleolitikum. Pada saat era tersebut, kira-kira masih dinamakan sebagai homoerectus yang ditemui secara bersama dengan sebuah peralatan batu paleolitikum dan alat yang terbuat dari cangkang, yang dimana ditemukan didaerah sangiran dan juga ngandong.
  • Dari sebuah penelitian arkeolog telah menemukan fosil, yang dimana fosil tersebut merupakan sebuah sayatan 18 kali yang dimana sayatan tersebut menggunakan alat pecahan sebuah cangkang kerece/ kerang tepat sayatannya berada di 2 tulang bofid.
  • Yang melakukan sayatan tersebut tidak lain dari manusia purba disaat sedang mengadakan perburuan besar-besaran kira-kira 1,6 juta tahun yang silam dan bukti hasil sayatannya pun masih diabadikan serta dijadikan dokumen pertama dlam penggunaan perkakas disangiran, dari cangkang kerang itulah menjadi salah satu pemakaian perkakas yang pertama didunia menggunakan dari sebuah cangkang krece/ kerang.
  • Seuah penelitian tersebut guna untuk mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia yang dilanjutkan kejaman nelolitikum. Sedangkan dimasa era neolitikum diindonesia tidak banyak diketahui hanya selain dari alat-alat yang terbuat dari batu asah yang dibentuk menjadi sebuah kampak batu, serta cangkul dari sebuah batu yang dilestarikannya oleh manusdia purba yang dinamakan sebagai austronesia.
  • Era pun berlanjut kesalah satu jaman prasejarah yang sangat fenomenal diindonesia yang disebut era megalitikum. Disaat pada waktu jaman dari era megalitikum diindonesia, terdapat banyak sekali sebuah situs struktur, yang dimana teramat membantu demi mengupasnya sejarah manusia purba yang terdapat diindonesia, dan salah satu situs yang diketemukan adanya beberapa tempat yang mirip dengan sebuah bangunan piramida tangga-PUNDEN BERUNDAK dari daerah sunda, jawa, sulawesi dan juga sumatera.
  • Namun tidak lama kemudian era megalitikum berakhir dengan hadirnya pembudidayaan dari dong son, dimana era tersebut memberikan pembelajaran tentang trik cara menggunakan sebuah alat dari perunggu, serta cara menyulam dengan cara ikat.
  • Disaat melakukan sebuah penelitian, telah diperlihatkannya sebuah system kepercayaannya masih menggunakan animisme, atau bisa dikatakan masih melenceng. Dimana pada era tersebut dinataranya masih memerlukan sesembah terhadap arwah ataupun sebuah roh manusia yang meninggal yang disebabkan kepercayaan mereka terhadap yang telah mati, bahwa ia bisa membantu manusia-manusia yang masih hidup, perkembangan manusia purab diindonesia terbilang sangat unik, dari mulai memburu dihutan demi kebutuhan mereka sampai akhirnya beranjak sampai menyulam serta mengolah keramik.


#Manusia prasejarah diindonesia
  • Disaat mengadakan sebuah pembongkaran guna mengungkap tentang manusia purba diindonesia, telah diketemukannya fosil manusia purba dengan sebutan nama java man - HOMO ERECTUS, kira-kira telah diketemukan melalui pulau jawa kisaran tahun 1891-1892. Pada saat pembongkaran yang diketuai langsung oleh salah satu ilmuan yang bernama Eugene Dubois, yang dimana hasil temuannya sebuah fosil tengkorak yang masih tumbuh gigi, sebuah tulang bagian paha dan diketemukan dipinggiran sebuah kali didaerah solo.
  • Fosil tersebut merupakan sebuah bukti nyata bahwa adanya manusia prasejarah/ manusia purba diindonesia. Hal ini sering kali menjadi bahan debat, karena fosil tersebut masih ada beberapa bagian yang kurang lengkap, misalnya fosil dari binatang kera atau manusia yang disebut sebagai anthorpopithecur erectus.
  • Beselang kemudian selain telah diketemukannya fosil manusia purba dari java man, ada seseorang panteologis asal berlin yang bernama g.h.r. von koenigswald telah mendapatkan beberapa fosil manusia purba diindonesia masih dari daerah jawa. pada tahun 1931-1933, bahwa g.h.r. von koenigswald juga telah menemukan fosil yang diberi nama SOLO MAN, tepat dilokasi area kali bengawan solo, fosil tersebut diantaranya dari batok kepala yang diberi nama mojokerto child.
  • Ada sebuah penemuan yang sangat mencengangkan sekawanan ilmuwan, yaitu fosil homo floresiensis yang konon katanya fosil tersebut merupakan dari manusia purba sejenis hobbit, dengan ketinggiannya yang hanya 1,1 meter ini telah diketemukan ditahun 2003 tepatnya disebuah pulau flores. Adapun barang bukti dari fosil manusia hobbit hanya berjumlah sembilan tengkorak parsial dan juga satu tengkorak hobbit yang masih lengkap, sisa fosil ini berlanjut kesebuah riset guna membuktikan fosil tersebut apakah benar dari species yang berlainan dari manusia purba pada umumnya.
  • Bersamaan dengan ditemukannya tengkorak hobbit, ada juga sebuah alat perkakas dari batu yang umurnya mencapai 94000-13.500 tahun yang silam, bahkan dari beberapa ilmuwan sangat mempercayai tentang adanya sebuah manusia hobbit, mungkin masih ada keterkaitannya dari kabar mitos tentang EBU GOGO dari flores.
Demikianlah sedikit artikel yaitu mengupas tentang sejarah manusia purba diindonesia ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita terhadap sejarah yang terdapat diindonesia ini, dan pastinya bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »