Fakta mitos tentang munculnya fenomena gerhana matahari

Fakta mitos tentang munculnya fenomena gerhana matahari  - Fenomena alam tentang terjadinya gerhana matahari disaat posisi bulan tepat diantara bumi dan matahari, oleh sebab itu sebagain dari sinar cahaya matahari menjadi tertutup.
fenomena gerhana matahari
Gerhana matahari
 Planet bulan memang lebih kecil ketimbang planet matahari, akan tetapi bayangan sebuah cahaya bulan sanggup menutupi atau melindungi cahaya matahari.  Jenis dari fenomena gerhana matahari itu terbentuk menjadi tiga jenis, contohnya ; fenomena gerhana matahari cicin, gerhana matahari total, dan gerhana matahari sebagian. Sedangkan fenomena tentang gerhana matahari total disaat puncaknya gerhana terjadi, dimana sebuah pringan matahari tertutup semuanya dengan sebuah piringan bulan.



Pada saat piringan bulan besarnya melebihi piringan matahari, maka akan terjadi pergeseran antara kedua piringan matahari dan bulan dengan bentuk yang selalu berubah, namun semua tergantung dari masing-masing jarak antara planet bulan dan bumi, juga jarak antara matahari dan bumi, maka posisi seperti itulah terjadinya gerhana matahari.

Terjadinya fenomena gerhana matahari total sebetulnya fenomena alam yang pasti terjadi, namun ada sebagian fenomena tentang gerhana matahari selalu dikaitkannya dengan sebuah mitos, mitos itu sendiri pernah dialami diindonesia kira-kira ditahun 1983, mitos tentang beredarnya gerhana matahari ini bukan hanya dari indonesia saja, ada dari tiga negara yang menyimpulkan mitos terkait dengan gerhana matahari, negara-negara tersebut antara lain ;



Contoh bentuk dari fenomena gerhana matahari total ;
fenomena gerhana matahari
fenomena gerhana matahari total
Indonesia
Negara indonesia khususnya bagian jawa pernah mengalami gerhana matahari total kira-kira ditahun 1983, disaat terjadinya gmt tersebut, banyak tanggapan-tanggapan mitos dari masyarakat jawa, misalnya sedang terjadi peperangan dahsyat antara bhatara kala melawan bathara guru, yang dimana bagian kepala bathara kala telah terpenggal oleh bathara guru.

Pada saat terjadinya gerhana matahari tersebut maka semua warga harus membawakan bunyi-bunyian dari sebuah lesung menggunakan alat tumbuk padi dengan tujuan agar matahari yang terlanjur tertelan bathara kala segera dimuntahkannya lagi.

China Kuno
Pada jaman dahulu kala tepatnya bagian cina, terjadinya bulan mirip persis ditengah diantara bumi dan mnatahari mempunyai pandangan mitos tersendiri. Menurut pandangan mitos cina kuno terjadinya fenomena gerhana matahari itu disebabkan seekor naga raksasa sedang menelan matahari, bahkan hal itu sangat dipercaya sekali khususnya oleh masyarakat tingkok dari abad yang silam.

Mesir Kuno
Sebuah cerita dalam mitologi dari jaman mesir kuno, dimana negara tersebut sangat mempunyai sebuah peradaban sangat kuat dengan menanamkan kepercayaan bahwa matahari sangat mempunyai peranan penting untuk kehidupan manusia.

fenomena gerhana matahari cin-cin ;
 fenomena gerhana matahari
fenomena gerhana matahari cin-cin ;
Menurut pandangan mitos terjadinya gerhana matahari bahwa adanya dewa sebagai penjaga matahari yang menurut gambaran dewa tersebut, bahwa ia berbadan manusia dan kepala menyerupai seekor burung elang yang selalu menahkodai sebuah perahu yang banyak ditumpangi para dewa untuk melintasi langit, maka tertutuplah untuk sementara cahaya dari sinar matahari disaat para dewa melintasi langit.

India
Mitos dari fenomena gerhana matahari pernah mengguncang india tepat pada tanggal 28 juli 2009 yang lalu. Orang orang india sendiri menyimpulkan gerhana matahari bahwa akan adanya sebuah kerusuhan yang terdapat diseluruh dunia. Mitos seperti ini masih melekat erat bagi masyarakat india khususnya yang beragama hindu, kesimpulan lain tentang mitos gerhana matahari bahwa adanya dua setan yaitu RAHU dan KETU yang sedang melahap matahari.

fenomena gerhana matahari sebagian ;
fenomena gerhana matahari
fenomena gerhana matahari sebagian 
Disaat terjadinya gerhana tersebut, khususnya untuk para wanita hamil harus tetap didalam rumah selama proses gerhana sedang berjalan, dengan tujuan agar bayi dalam kandungannya itu terlahir dalam keadaan normal tanpa ada cacat sedikitpun.

Selain dengan tujuan tersebut, dengan berada didalam rumah agar bisa terhindar dari efek negativ dari gerhana matahari itu.

Kiranya sedikit ulasan dari saya mengenai fakta mitos tentang munculnya fenomena gerhana matahari, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »