Sejarah pertama tercetusnya nama negara indonesia

tercetusnya nama negara indonesia

Sejarah tercetusnya nama negara indonesia - Nama negara Indonesia ini merupakan negara tempat kelahiran kita, tentunya kita juga harus mengetahui sejarah yang terdapat di indonesia yaitu perlunya mengetahui siapa yang pertama kalinya seseorang yang menamakan dan tersectusnya dari nama Indonesia ini.


Jika kita lihat dengan kepala, sebetulnya apa arti dari sebuah nama, bentuk dari sebuah nama merupakan sesuatu yang sangat simpel juga sederhana, akan tetapi jika kita cermati dengan sungguh-sungguh sebuah nama, apalagi nama yang dibuat untuk sebuah negara itu sangat berpengaruh sebagai status dari negara itu sendiri, misalnya sebuah negara akan memiliki politik identitas negara tersebut.

Saya sendiri bukan seseorang yang ahli politik..kolah sebelum membicarakan masalah politik mendingan saya ulas tentang sejarah pertama dari tercetusnya nama negara yaitu INDONESIA, penting!!..yo kita simak baik-baik..

Pada saat dijaman purbakala, bahwa kepulauan negara kita terdapat banyak beragam nama-nama, bila menurut dalam sebuah catatan perjalanan bangsa ini, yaitu tinghoa, yang dimana negara kita dinamakan sebagai NAN-HAI, yang merupakan kepulauan dari laut selatan. Dari beberapa catatan lama, bahwa india memberikan sebuatan nama dengan dwipantra, nama tersebut merupakan kata sansekerta, artinya sebagai pulau luar dan juga pulau seberang.

#Sebelum adanya bangsa eropa
  • Sejarah ramayana ciptaan seorang pujangga valmiki, telah menceritrakan melalui pencariannya terhadap sinta, yaitu seorang istri ramayana yang dibawa kabur oleh ravana hingga sampai menuju suwarnadwipa sebuah kepulauan emas, yang sekarang yaitu sumatera. 
tercetusnya nama negara indonesia
  • Negara bagian arab menamai negara kita sebagai jaza'ir al-jawi, nama latin tersebut dari bahasa arab luban jawi, yang merupakan sebuah kemenyan jawa, dikarenakan orang-orang arab yang berdagang di indonesia selalu memperoleh menyan yang didapat melalui batang pohon styrax sumatrana, yang hanya bisa tumbuh didaerah sumatera.
#Dijaman datangnya bangsa eropa ke asia
  • Berselangnya waktu, akhirnya datanglah orang-orang eropa ke asia, salah satunya yaitu ke indonesia, bangsa eropa pada awal mulanya menganggap bahwa asia hanya terdapat negara arab, cina, india dan juga persia. Menurut orang-orang eropa mengatakan bahwa kepulauan yang terbentang luas hanyalah persia atau cina adalah negara india.
  • Dari mulai semenanjung asia selatan telah disebut sebagai Hindia Muka juga sebagai daratnya asia tenggara, yang dinamakannya sebagai Hindia Belakang, sedangkan untuk nama dari negara kita sendiri mereka namai dengan sebutan Kepulauan Hindia. Pada saat negara kita terjajah bengsa belanda, nama dari negara kita yaitu Nederlandsch Indie/ Hindia belanda, dan pemerintahan kependudukan jepang ditahun 1942 sampai 1945, menggunakan julukan negara kita sebagai Hindia Timur dan to indo.
#Beberapa usulan nama
  • Ada seorang yang mengusulkan sebuah nama untuk negara kita yang bernama eduard douwes dekker ditahun 1820 sampai 1887, beliau salah seorang yang dikenal dengan nama samarannya yaitu multatuli, bahwa beliau memberikan nama untuk negara kita dengan nama Insulinde, yang artinya kepulauan hindia, namun tentang keberadaan dari nama tersebut kurang terkenal oleh seluruh masyarakat kita, konon katanya nama dari Insulinde, namun menurut orang bandung bilang, nama tersebut merupakan nama sebuah toko yang terdapat di Jln. Otista.
  • Pada saat tahun 1920an, ernest francois douwes, yang salah satu seorang doktor RS setia budi, maka mengembangkan nama negara kita yang terdapat unsur dari kata yaitu india, nama tersebut merupakan sebuah nama nusantara, sebuah istilah nama yang telah musnah beberapa abad slam. Sedangkan nama setia budi sendiri diambil dari pararaton, yaitu sebuah artikel dari kerajaan maja pahit.
Perlu diketahui, nama dari nusantara tersebut sangat berbeda disaat nama nusantara dijaman kerajaan majapahit. Disaat jamannya kerajan majapahit nama nusantara dipakai sebagai sebutan nama pulau-pulau dari luar jawa. Kata nusantara itu sendiri telah diceritakan dalam sumpah palapa yang dideklaraskan oleh patih gajah mada, yaitu Lamun Huwus Nuswantara. Kemudian mengambilah kata dari melayu asli yaitu nusantara dua benua juga dua samudra, dengan begitu jawa pun salah satu bagian definisi dari kata nusantara.

#Terbentuknya nama indonesia


  • Pada tahun 1847, sebuah media cetak dari singapura, yaitu jurnal of  The indian archipelago dan eastern asia, dan james richardson logan ditahun 1819 sampai 1869 asal skotlandia yang mendapatkan gelar sebagai Sarjana Huku dari universitas edinburgh, lalu ditahun 1849 ahli Etnologi Bahasa Inggris, kemudian disusul george samuel windsro earl ditahun 1813 sampai 1865 bergabung menjadi sebuah redaksi media cetak JIAEA
  • Untuk pertama kalinya kata Indonesia muncul di dunia dengan tercetak pada halaman 254 dalam tulisan Logan,“Mr. Earl suggests the ethnographical term Indunesian, but rejects it in favour of Malayunesian. I prefer the purely geographical term Indonesia , which is merely a shorter synonym for the Indian Islands or the Indian Archipelago.”Ketika mengusulkan nama Indonesia agaknya Logan tidak menyadari bahwa di kemudian hari nama itu akan menjadi nama bangsa dan negara yang jumlah penduduknya peringkat keempat terbesar di muka bumi!
  • Disaat itu logan secara sportiv memakai nama Indonesia, melalui karya tulisan ilmiyahnya, kemudian cecara perlahan penggunaan nama Indonesia menyebar luas dikalangan para ilmuwan-ilmuwan etnologi juga geografi.
  • Ditahun 1884 seorang guru besar etnologi universitas berlin, pada thun 1862 sampai 1905 telah menerbitkannya buku tentang indonesia yang berjudul Order Die Inselin des malayischen archipel sebanyak 5 volum. Dari hasil penelitiannya disaat menuju perjalanan ke indonesia pada tahun 1864-1880, yang kemudian buku dari bastian inilah tercetusnya nama negara menjadi indonesia.
  • Pada walnya putra pertiwi memakai nama indonesia tidak lain adalah suwardi suryadiningrat, atau yang lebih dikenal lagi dengan nama ki hajar dewantara, pada saat itu ia masih berada dinegara belanda kira-kira ditahun 1913, kemudian ia membangun sebuah Biro khusus untuk Pers, yang dinamakannya sebagai Indonesia Pers bureau, sampai saat inilah nama indonesia terus berkibar.
Demikian ulasan mengenai sejarah pertama tercetusnya nama negara indonesia, mudah-mudahan artikel ini bisa untuk menambah wawasan kita tentang sejarah-sejarah dari indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »