Sejarah singkat tentang berdirinya negara amerika

berdirinya negara amerika
Negara amerika
Sejarah tentang berdirinya negara amerika serikat sangatlah penting untuk diketahui, kenapa..?, karena salah satunya negara sebagai lambang kekuatannya dunia, meliputi tekhnologinya, ekonomi, atau kemiliterannya tidak lain yaitu negara adi kuasa Amerika.

Negara amerika berletak ditengah sebuah benua amerika bagian utara, dan berbatasan dengan kanada dan juga meksiko. Amerika sangat membentang luas jika melalui samudera atlantik dari pesisir timur, dan termasuk bagian dari kepulauan hawai tepat dilaut pasifik, hingga negara alaska dari utara benua amerika juga teritori yang lainnya.

Penghuni yang pertama kali menetap dinegara amerika yaitu warga asia kurang lebih 15000 tahun silam. Melalui jembatan bering menuju alaska dan kemudian semua warga pribumu amerika bertempat tinggal disitu hingga ribuan tahun lamanya. Ditahun 1492 christoper colombus akhirnya sampai juga di negara amerika.

Kemudian warga masyarakat inggris bertempat di jamestown virginia ditahun 1607. Tempat ini merupakan tempat tinggal yang pertama yang terdapat di amerika, lalu kemudian akhirnya negara amerika banyak bermunculan didatangi orang belanda, spanyol, inggris dan juga prancis, dari kesemuanya itu mereka memilih untuk bertempat tinggal di negara amerika serikat.

Perkembangan dari negara pendatang akhirnya berdampak kurang bagus, misalnya dengan adanya orang-orang inggris, dimana kebanyakan orang inggris banyak yang meninggal diakibatkan mewabahnya penyakit, dan akhirnya orang inggris hampir kehilangan negaranya sendiri.

Negara amerika serikat sendiri dibentuk mulai dari urutan ke 13, yang dimana sisa koloni inggris, kemudian setelah revolusi amerika serikat mendeklarasikan kemerdekaannya tanggal 04 juli tahun 1776, peperangan ini terjadi karena merasa diperlakukan tidak senonoh oleh orang-orang inggris.

Selepas revolusi berakhir, bukan berarti amerika serikat sudah bebas lepas. Kemudian amerika mulai memasuki sebuah permasalahan yang baru, misalnya dari segi perbudakan. Kira-kira ditahun 1800 yang silam negara amerika mendapatkan banyak suatu tempat wilayah dan langsung dijadikan pusat pengindustrian. Mulai dari tahun 1861 sampai 1865, akhirnya amerika mendapat konflik antar saudara, antara amerika utara dan amerika selatan.

Konon katanya perang ini terjadi disebabkannya diawali dari sebuah sengketa hak negara bagian dan juga masalah perbudakan hingga berlanjut keperkembangan dari amerikat sendiri. Akhirnya dari beberapa negara bagian selatan memisahkan diri dari amerika dan bermaksud membangun konfederasi sendiri.

Amerika utara lah yang memenangkan konflik, kemudian dari beberapa negara yang sudah pergi, akhirnya bersatu kembali diamerika serikat. Tidak lama kemudian negara ini menjadi salah satu negara yang melewati sebuah formasi. Ditahun akhir tahun 1800an, banyak warga-warga eropa berdatangan untuk bekerja dipabrik-pabrik terbesar, kemudian berlanjut diawal abad ke 20, amerika menjadi salah satu poer dunia, salah satunya melalui perekonomian yang berkembang pesat.

Seusai perang dunia ke 2, amerika serikat mendapatkan sebuah konflik yaitu terjadinya sebuah perang dingin bersama uni soviet, disaat perang dingin berkecamuk akhirnya amerikat serikat mengeluarkan banyak biaya untuk membentuk sebuah pertahanan. Tidak terlepasnya konflik dengan uni soviet amerika pun ikut berperang melawan vietnam dan juga korea, hingga akhirnya amerika mengutus neil amstrong beserta yang lainnya untuk pergi keluar angkasa. Ditahun 1991, negara uni soviet gugur dan akhirnya perang dingin berkahir. Tujuan yang teramat penting bagi amerika yaitu negara bagian timur tengah, khususnya seusai gerilya pada 11 september tahun 2001.

Sebelum Colombus


Pendahulu negara amerikat sendiri berawal dari asia. Melalui jembatan bering menuju alaska, jembatan bering juga terkenal sebagai beringia, yang dimana jembatan tersebut melalui akses daratan dengan panjang yang mencapai 1600 Km, yang mengakses langsung antara alaska dan siberia timur.

Sejarah singkat tentang berdirinya negara amerikaJembatan darat yang lainnya yang terdapat didunia sudah dibentuk dan akhirnya tertutupnya oleh air laut kira-kira 14000 tahun yang silam, adapun dari negara australia yeng terhubung dengan baik terhadap nugini dan juga tasmania. Dimasa sebelum colombus, sebelum datangnya christoper colombus di amerika pada tahun 1492, saat itu dimana warga asli maerika bertempat tinggal di amerika.

Diantara beberapa negara bagian mempunyai suku dan budaya yang beragam, sedangkan warga amerika asli sering berburu, untuk amerika bagian barat banyak menjadi nelayan ikan, begitu juga bagian barat bercocok tanam jagung juga membangun sebuah rumah yang dinamakan PUEBLO.

Suku Indian
Sejarah singkat tentang berdirinya negara amerikaSuku dari indianlah yang pertama kalinya bermukim dibagian amerika utara, mereka datang dari asia 20000 tahun yang lalu, mereka selalu mencari hewan buruan dan kemudian mereka menjadi salah satu pengembara yang melintasi selat bering, secara perlahan-lahan para suku indian bermukim disitu lalu berkembanglah dari beberapa suku.

Telah berabad-abad lamanya mereka menciptakan sebuah pembangunan guna menciptakannya masyarakat yang sejahtera dan juga tertata dengan baik. Diabad yang ke 16 datanglah orang-orang eropa di amerika utara, karena menurut orang eropa dengan setibanya di amerika utara, mereka menyangka bahwa kedatangannya adalah di india, padahal yang mereka datangi merupakan penduduk dari INDIAN.

Dengan begitu orang-orang indian asli semakin terancam, akhirnya indian pun mengadakan perlawanan terhadap orang eropa di abad ke 19. Masyarakat indian pun mengadakan perlawanan terhadap pemerintahan amerika serikat karena ingin mengusir masyarakat indian, melalui perjuanagnnya akhirnya orang-orang indian pindah ke reservat, dan sampai saat ini orang-orang indian masih tetap bertahan di reservat.



1781–1815
Sejarah singkat tentang berdirinya negara amerika
Ditahun 1781 para koloni telah persiapkan melalui UNI, yaitu articles of confrderation, namun hanya berjalan selama 6 bulan saja, akirnya semua hak dan kuasa ia serahkan terhadap negara bagian, jadi kekuasaan yang mereka miliki tidak terlalu banyak yang didapat di pemerintahan pusat, pada saat itu belum terbentuk tentang adanya seorang president, maka UNI, articles of confrderation pun tidak sanggup memberhentikan sebuah pemberontakan, yang dinaakan SHAYS'.

Segala ketentuan dan juga ketatanegaraan amerika serikat ditahun 1787, ada beberapa sejumlah para tokoh gunan membantu tentang pemuatan artikel dari Konstitusi, misalnya diwashington dari tokoh-tokoh yang berperan diantaranya ;, gouverneur morris, alexander hamilton dan juga james madison, dari sebagian para tokoh salahsatunya ada yang mengendalikan posisi penting dari sebuah pemerintah baru.

Pemerintahan yang baru yang dibangun melalui konstitusi akan menjadi sebuah pemerintahan yang kuat dan mempunyai 3 cabang, diantaranya ; (Executive) Presiden segenap para kabinetnya, (Legislatif) dewan perwakilan rakyat segenap para senat, (Yudikatif) pengadilan federalnya, ketentuan dan juga ketatanegaraan ini sendiri telah disahkan melalui negara-negara bagian ditahun 1788.

Kiranya hanya sedikit ulasan mengenai sejarah singkat tentang berdirinya negara amerika serikat ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan tentang sejarah yang terdapat dibelahan dunia, pastinya bisa bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »