Jenis penyakit kulit yang sering menyerang anak-anak

Penyakit anak-anak. Jenis penyakit kulit bisa menyerang siapa saja, dari yang dewasa ataupun kalangan anak-anak sekalipun.
Jenis penyakit kulit yang sering menyerang anak-anak
penyakit kulit
Gatal-gatal ataupun ruam yang pada umumnya banyak dialami anak-anak yang disebabkan oleh keterkaitannya dengan factor lingkungan, makanan dan respon. Selain dari kalangan anak-anak, khususnya yang masih bayipun akan lebih rentan mempunyai penyakit kulit yang disebabkan penggunaan popok bayi sehari-hari.


Seberapa besar masalah penyakit kulit lainnya yang beresiko yang dialami anak-anak, bisa disebabkan saling bersentuhan dengan anak yang terlebih dahulu mempunyai masalah pada kulit yang disebabkan kuman-kuman tertentu, pastinya penyakit kulit bisa juga dari factor keturunan.

Jenis-jenis penyakit kulit yang rentan terhadap anak-anak
Secara kemingkinan besar, bahwa penyakit kulit yang dialami kalangan anak-anak sama seperti yang dialami seperti orang dewasa, ada juga sebagian penyakit kulit yang sangat rentan sekali mendera anak, contoh dari beberapa jenis penyakit kulit yang sering menyerang anak-anak yaitu diantaranya :

1. Kutil
Kutil adalah suatu tumbuhnya kulit, penyebabnya endiri bisa melalui sebuah virus . sebenarnya ada beberapa jenis virus, atau yang disebut Human Pappillomavirus dan bisa mencapai 60 jenis-jenis virus. Akan tetapi tidak semua menyerangnya, dari beberapa bagian jenis virus tersebut sangatlah rentan menjadi sebuah bentuk kutil pada kulit. Jenis virus HPV inilah yang menyebabkan kutil pada kulit, virus ini bisa memicu tumbuhnya sel melalui kulit bagian luar secara cepat sampai menjadi sebuah kutil. Pada umumnya kutil yang menyerang anak-anak biasanya akan tumbuh dibagian kulit-kulit tertentu, misalnya ; siku, lutut, tlapak kaki, tlapak tangan dan juga tumbuh dijari-jari tangan.


2. Kerak kepala bayi cradle cap
Kondisi seperti ini sudah biasa terjadi pada bayi baru lahir sampai usia bayi mencapai 3 tahun, tentunya hal seperti ini selalu ada tanda-tanda sisik-sisik warna putih dan sangat tebal tumbuh dibagian kulit bagian atas dikepala. Jika menurut dunia kedokteran hal seperti ini disebut sebagai Cradle Cap, yaitu sebuah istilah luas Dermatitis Seboroik, atau juga bisa disebut sebagai ketombe apabila terjadi terhadap orang dewasa.

3. Eksim
Eksim ialah jenis penyakit kulit dengan ditandainya kulit merah bercampur rasa gatal, walau seringkali menyerang terhadap anak, akan tetapi bukan suatu alasan bahwa orang yang lebih dewasa tidak akan terjangkit eksim. Penyakit seperti eksim ini merupakan jenis penyakit dengan jangka yang sangat panjang, bahkan bisa tumbuh dengan tiba-tiba, dan tiba-tiba reda.

Disebagian individu, eksim bisa dibarengi asma, walaupun obat guna mengatasi masalah kulit belum ada, akan tetapi bisa diatasi dengan cara mengurangi yang bisa dilakukan dengan langkah-langkah seperti dibawah ini :


  • Menghindari pemakaian sabun yang mengakibatkan iritasi.
  • Pergunakan krim dan juga salep obat bila memang dibutuhkan
  • Rutin memberikan pelembab pada kulit.
Apabila langkah-langkah diatas tidak bisa bekerja maksimal, maka bisa secepatnya untuk mengkonsultaikannya ke dokter spesialis

4. Campak
Penyakit campak ialah jenis penyakit yang menyerang anak, bahwa ini menandakan penyakit yang diakibatkan virus yang penyebarannya teramat cepat, dalam kasus-kasus eperti ini jarang terjadinya komplikasi yang serius terhadap anak, misalnya yang berlanjut keperadangan paru-paru. Untuk saat ini telah tersedia Vaksinai penyakit campak guna pencegahan dini, maka disaat anak-anak sudah memperoleh Vaksin Campak, mungkin penyakit campak akan semakin tipis bisa menyerang anak-anak.

5. Ruam popok
Peradangan yang seringkali terjadi pada bayi, yaitu dipicu melalui kulit yang tertutup popok, jenis penyakit ini diakibatkan lamanya bersanding dengan air kencing atau tinja pada popok tersebut. Ruam popok bisa juga karena hamparan air yang sudah terlalu banyak dan juga ada sisa-sisa sabun yang terdapat pada popok, akhirnya menyentuh bagian tubuh bayi dengan begitu lama.

Masalah ini tidak boleh kita anggap enteng, masalahnya dengan kondisi seperti ini adalah awal mula pembentukan yang sangat dasar melalui Dermatitis Kontak Iritan, dan beruntungnya masalah kulit seperti ini umumnya hanya sebatas terhadap area yang tertutup bagian popok, dan cara mengatasinya pun hanya berfokus dibagian tertentu saja.

6. Biang keringat
Jenis penyakit yang satu ini tentunya rentan sekali terhadap anak, yaitu biang keringat, biasanya anak-anak terserang biang keringat disebabkan suatu penghambatan lubang pori-pori pada kulit sehingga jalannya keringat saat keluar dari kuit menjadi kurang lancar.

Kemudian biang keringat dalam waktu dekat akan muncul bintik merah yang memadati pada bagian kepala sampai ke leher. Pada umumnya penyakit seperti ini bisa hilang tanpa melakukan perawatan, atau bisa hilang dengan sendirinya. Maka sebagai orang tua, harus senantiasa untuk selalu memberikan pakaian yang membuat sibayi merasa nyaman, guna mencegah biang keringat tidak menyebar keseluruh tubuh.

7. Impetigo
Terkadang penyakit yang mendera anak-anak menyebabkan stress orang tua sianak, tentunya ini yang disebabkan infeksi kulit yang diderita si anak, dan penyakit ini mempunyai kemiripan dengan jenis penyakit infeksi pada kulit yang lain, misalnya Kurap atau Selulitis.

Infeksi kulit atau yang disebut sebagai impetigo ini, tidak lain penyebabnya adalah melalui bakteri, akan tetapi jenis penyakit seperti ini masih bias diatasi dengan obat antibiotik, pada umumnya impetigo hanya muncul diarea hidung anak-anak atau disekitar luar mulut, tanda-tanda penyakit impetigo ini, biasanya akan muncul ruam yang berisi cairan, mlepuh, sekialigus warnanya merah dan lalu dapat berganti seperti kerak dengan warna kekuning-kuningan, dan apabila digaruk penyakitnya dapat meluas dan bertambah parah.


Demikian sedikit ulasan mengenai jenis penyakit kulit yang sering menyerang anak-anak, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »