Mitos mengenai tempat-tempat yang tidak boleh dikunjungi sepasang kekasih

mitos-mitos
Tempat-tempat yang dilarang dikunjungi - Mengupas mengenai hal mitos tentunya memiliki keunikan tersendiri, bisa menyebabkan bulu-bulu kuduk menjadi merinding.


Khususnya diindonesia ini masih banyak kejadian-kejadian yang selalu dikait-kaitkan dengan mitos, dari beberapa cerita atau budaya semua warga masyarakat sampai detik ini masih berpegang prinsip mengenai hal-hal diluar logika, atau mungkinkah ini yang dinamakan sebagai warisan leluhur kita..?

Ada terdapat sebuah mitos didaerah jawa yang begitu banyak dikenal masyarakat luas, sehingga menyebabkan semua warga harus lebih berhati-hati lagi dan juga patuh terhadap aturan-aturan yang ada. Bahwa ada salah satu mitos dari jawa, yaitu mengenai sebuah tempat-tempat yang tidak boleh dikunjungi sepasang kekasih, dan jika tetap membandelnya, bisa menyebabkan kedua pasangan tersebut berantakan alias “end..!”, entah kenapa demikian, percaya tidak percaya..


Baca juga : Mitos unik diindonesia agar perempuan enteng jodohnya
Mitos-mitos seperti ini sebetulnya turun melalui mulut ke mulut, akan tetapi sampai detik ini tidak sedikit seseorang mempercayainya bahkan sudah ada bukti kebenaran dari mitos tersebut. Khususnya melalui mitos yang muncul dibeberapa tempat-tempat Wisata, bahwa seseorang yang mempercayainya mengenai mitos ini, maka anda harus berhati-hati jika mengunjungi tempat-tempat seperti dibawah ini, diantaranya tempat-tempat yang harus diwaspadai yaitu ;



1. Kebun raya dibogor jawa barat
  • Kebun raya bogor sangat menyenangakn sekali bila kita kunjungi, dari beberapa ragam aneka Flora serta pepohonan nya yang rindang, akan menambah rasa nyaman saat mengunjunginya. Walau keberadaannya yang begitu mengasikan, akan tetapi sempat terdengar kabar mengenai sifat mistis yang tersimpan didalam keindahan kebur raya bogor tersebut, bahwasanya sepasang kekasih jangan membernikan untuk melintasi Jembatan Gantung yang terdapat dilokasi kebun raya tersebut.
  • Jika sepasang kekasih bersikeras tetap menginginkan untuk melintas jembatan gantung tersebut, konon kabar yang beredar maka hubungan mereka tidak bakal langgeng. Maka sampai detik ini jika ada sepasang kekasih yang berkunjung kekebun raya bogor, mereka tidak berani melintasinya, berhubung mitos ini sudah sekian lama beredar, lalu tidak banyak sepasang kekasih yang berhati-hati diasst berada dikebun raya untuk tidak tergoda melewati jembatan gantung tersebut.
2. Candi prambanan


  • Candi prambanan memang terkenal situs sejarah yang memiliki pelatarannya yang begitu luas. Akan tetapi dari kemegahan candi prambanan ini, rupanya menyimpan sejarah mengenai mitos didalamnya, yaitu siapa saja khususnya sepasang kekasih yang berkunjung ketempat ini tidak berani untuk masuk kedalamnya, mereka hanya sampai pada lokasi pelataran saja.
  • Maka semua sepasang kekasih yang memaksa untuk masuk kedalamnya bahwasanya hubungan meraka bisa berantakan alias bubaran, walaupun hubungan mereka sudah dijenjang tunangan.
  • Sebagian warga masyarakat setempat sudah banyak membuktikan, pada saat ada sepasang kekasih tetap memaksa untuk masuk kedalamnya, tidak berselang lama akhirnya kedua pasangan yang sudah bertunangan tersebut , bubar.
  • Maka masyarakat setempat sampai detik ini tidak mengijinkan putra-putrinya yang memang sudah menjalin hubungan kejenjang tunangan, dilarang keras untuk masuk kecandi prambanan. Bahwasanya tempat tersebut mitosnya sudah mendapatkan kutukan dari bandung bondowoso yang tidak berhasil untuk menikah dengan roro jongrang.
3. Air terjun coban malang

  • Jika anda berkunjung kekota batu, jangan lupakan juga untuk singgah ke air terjun kecoban rondo, anda akan dimanjakan dengan sebuah panorama keindahan alamnya yang sangat mengagumkan, sehingga seringkali muncul pelangi-pelangi yang memanjakan mata anda.
  • Dari panorama keindahannya seringkali memicu untuk sepasang kekasih untuk mengunjunginya. Akan tetapi mereka sudah mendengar kisah mengenai air terjun ini, bahwasanya siapa saja khususnya bagi sepasang kekasih akan putus jika datang ketempat ini, maka dari itu dari sekian banyaknya para pengunjung pada umumnya hanya antar teman saja atau keluarganya. Bahwasanya lokasi air terjun coban ini, merupakan tempat singgahnya dewi anjarwati yang seringkali menanti kedatangan suami, yaitu raden baron kusuma. 
  • Sepasang suami istri ini sudah menikah dan belam mancapai usia pernikahannya yang ke empat puluh hari, lalu dewi anjarwati ini pergi menuju gunung anjasmoro, yang sebelumnya sepasang suami istri itu sudah tidak diperbolehkan orang tuanya.
  • Akhirnya mereka berdua diperjalanan dihalang oleh seorang joko lelono yang merupakan seorang pria yang menaruh hati terhadap dewi anjarwati. Setelah itu raden baron menyuruh dewi anjarwati agar bersedia menunggunya didekat air terjun, setelah itu suami dwei anjarwati pun tidak pernah datang menyusulnya disebabkan ia kalah disaat mengadakan perlawanan dengan joko lelono.
4. Pantai parangtritis yogyakarta
  • Kota Yogyakarta selain kota pelajar, kota ini juga terkenal dengan kuliner yang sudah tidak asing lagi ditelinga orang Indonesia sekaligus dari objek wisatanya yang sangat terkenal, yaitu malioboro atau pantai parangtritis, yang konon mitos yang terdengar bahwa pantai ini merupakan lokasi wilayah kekuasaan dari nyi roro kidul.
  • Tidak sedikit seseorang yang merasa cemas, jika mengenakan pakaian warna hijau pada saat berkunjung dipantai parangtritis, mereka takut dengan munculnya ombak-ombak yang besar yang terdapat dipantai ini, dan mitos yang terdengar bahwasanya ombak yang besar itu bisa menarik seseorang yang mengenakan pakaian warna hijau.
  • Nyi roro kidul sangat dominan sekali dengan segala sesuatu yang serba hijau. Lebih-lebih pakaian yang dpergunakan sehari-hari nyi roro kidul ini, kesemuanya berwarna hijau.
  • Disamping itu, semua pengunjung yang memang sepasang kekasih kurang meminati untuk datang kepantai tersebut, bahwasanya mereka sudah mendengar isu mengenai kisah mitos melalui pantai parang tritis ini, bahwa jika ada sepasang kekasih yang datang kepantai ini, hubungan mereka berdua akan segera berakhir, bahkan mitos-mitos seperti ini, bukan datang dari pantai parangtritis semata, akan tetapi dipantai lau selatan pun terdapat mitos yang sama.
Dengan kejadian-kejaidn seperti inilah, yang menyebabkan area tersebut dilarang untuk didatangi oleh sepasang kekasih, yang dimana area tertentu yang dapat mengaibtkan putusnya hubungan asmara dari kedua pasangan.

Kiranya hanya sedikit informasi mengenai mitos-mitos yang terdapat diindonesia,  mengenai tempat-tempat yang tidak boleh dikunjungi sepasang kekasih ini, mudah-mudahan menarik untuk dibaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »