Sejarah hidup tentang legenda patih gajah mada

Sejarah patih gajah mada - Kisah hidup dari seorang patih gajah mada yang merupakan seseorang yang sangat mempunyai pengaruh besar pada tahun 1313, melalui Manuskrip, Puisi dan juga menurut Mitologi di Tanah Jawa, patih gajah mada adalah prajurit perang yang memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kerajaan majapahit saat itu.
legenda patih gajah mada
Patih Gajah Mada

Tragedi yang telah membawanya patih yaitu disaat sri jayanegara mengutus, kemudian dijaman ratu tribuwana wijayatunggadewi, gajah mada naik jabatan dan diangkatnya sebagai mahapatih. Jabatan tinggi yang pernah ia jambangi yaitu amangkubumi yang hampir sama kedudukannya dengan seorang perdana mentri, yang dimana disaat itu sebagai seseorang yang mempunyai kedudukan amangkubumi dan sekaligus yang membawa kesejahteraan dan kejayan.

#Sejarah legenda patih gajah mada yang menginspirasi
Tidak sedikit orang yang belum mengetahui tentang sejarah hidup legenda dari seorang gajah mada saat kecil, selain melalui agenda-agenda yang menceritrakan bahwasanya beliau adalah seorang anak keturunan rakyat msikin, dan ada juga yang menuliskan bahwa gajah mada awalnya hanya seorang bhegelan, yaitu seorang pimpinan bayangkara prajurit elit yang ditugaskan mengawal para raja dan keluarga besar kerajaan majapahit.


Disuatu saat, rakrian kuti yang dimana ia merupakan salah satu prajurit majapahit mempunyai sebuah rencana untuk menghancurkan seorang raja dari majapahit pada tahun 1321 jayanegara, mendengar hal ini tentunya memicu gajah mada, yang pada waktu itu beliau yang mempunyai nama arya tadah memberikan bantuannya terhadap raja beserta keluarga besarnya guna membawanya lari menuju arah keibukota trowulon, kemudian seusai kejadian itu, akhirnya patih gajah mada balik menuju kerajaan sekaligus mengakhiri pemberontak, setelah itu gajah mada diberikannya gelar sebagai patih oleh ra kuti.

Ada beberapa sumber menyatakan dimasa akhir pemerintah jayanegara  kemudian akhirnya menjelang digantikannya oleh tribuwana, melalui satu ceritra menayaakan bahwasanya jayanegara mati dibunuh rakrian tanca, dimana pada saat itu sedang menjabat tabib kerajaan dan beliau merupakan antek-anteknya dari rakrian kuti.

Dari sebuah tafsiran yang tertera dinagarakertagama yang membuktikan fakta melalui prasasti-prasasti yang sudah ada diabad ke 13 atau diawal abad yang ke 14, bahwasanya telah dilansir, bahwasanya seseorang yang telah membunuh jayanegara ialah patih gajah mada yang kejadiannya tepat ditahun 1328. Melalui sebuah tulisan yang terdapat disebuah prasasti dan juga nagarakertagama, diceritrakan bahwasanya jayanegara seseorang yang sangat berlebihan mengenai dua saudara yang terlahir dari seorang ratu paling muda kertajasa, ialah dyah dewi gayatri.


Protes yang menghampiri datangnya dari kedua putri yang muda ini, telah membawanya terhadap campur tangan patih gajah mada, yang dimana beliau mendapatkan saran yang begitu cepat, yaitu memberikan sebuah tugas terhadap seseorang yang sudah ahli mengenai pembedahan guna melenyapkan sang raja sembari bersandiwara seolah-olah sedang melaksanakan sebuah oprasi yang sangat penting.

#Sejarah kisah hidup gajah mada
  • Sebagai salah satu patih besar yang diawalinya dijaman pemerintahan ratu tribuwono wijayatunggadewi, yang pada saat itu tahun 1329, arya tadah yang masih menjabat diposisi sebagai seorang patih besar menyatakan pengunduran dirinya maka gajah mada lah yang ditunjuk sebagai patih besar.
  • Tanpa berfikir panjang gajah mada langsung menyetujuinya, karena gajah mada masih berfikiran, bahwasanya beliau belum cukup berjasa terhadap kerajaan majapahit, kemudian demi membuktikan jasa-jasanya akhirnya patih gajah mada memberhentikan terlebih dahulu mengenai pemberontakan yang sedang berlangsung dibawah seorang pimpinan keta dan juga sadeng.
  • Tidak lama waktu berselang, akhirnya pemberontak sadeng dan juga kate tidak berdaya melawan kegagahan dari patih gajah mada sampai akhirnya pemberontakan yang dipimpin langsung kate ataupun sadeng menyatakan menyerah dan tunduk. Setelah gajah mada mengadakan perlawanannya itu, lalu ia diangkiatnya menjadi salah satu mahapatih, langsung dari tribuwana ditahun 1334.
  • Salah satu momen paling banyak diingat mengenai patih gajah mada atau kerajaan majapahit, yaitu mengenai sumpah palapa. Bahwa sumpah itu langsung keluar dari mulut patih gajah mada sendiri disaat beliau diangkatnya menjadi amangkubumi pada tahun 1336, sedangkan melalui isi dari sumpah tersebut. Bahwasanya gajah mada tidak akan sesumbar terlebih dahulu mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan hasil tanaman sebelum nusantara bisa tunduk terhadapnya. Sumpah serapah ini sangat banyak terkandung makna dan arti didalamnya, dan arti tersebut hanya gajah mada sendirilah yang mengetahuinya.
  • Sebagian orang beranggapan bahwasanya patih gajah mada tidak memperbolehkan makanannya diberikannya sebuah hasil tanaman, misalnya pala, ataupun jenis rempah-rempah yang lainnya. Beberapa orang juga menganggapnya bahwa sumpah tersebut, yang mengartikan bahwa patih gajah mada tidak akan pernah memakan nikmatnya dunia dengan bentuk apapun, sebelum patih gajah mada sukses meluluhlantahkan semua daerah-daerah dikepulauan yang nantinya akan dijadidikannya sebuah Negara Indonesia ini.
  • Disaat patih gajah mada sudah mencapai puncaknya, diapun berhasil memenuhi janjinya melalui sumpah palapa , padahal pada awalnya semua sahabat-sahabatnya sangat meragukan, walu demikian patih gajah mada sudah berhasil menangkis semua rasa ketidak percayaan, waktu pertama kalinya membuat takluk bedahlu di bali dan juga Lombok ditahun 1343.
  • Seusai patih gajah mada mengatasi dan merawat area barunya itu, lalu patih gajah mada mengirimkan beberapa pasukan lautnya untuk pergei kearah barat untuk memberikan perlawanannya terhadap kerajaan maritime sriwidjaya yang berada dipalembang, beliau pun memberikan tempat bagi adityawarman, yang mana aditya warman merupaan salah seorang pangeran dari majapahit untuk dijadikannya seorang pimpinan didaerah jajahannya, yaitu di minagkabau, sum-bar.
  • Sampai akhirnya ia melanjutkan perjalananya sampai kesltanan yang pertama diasia tenggara, salah satunya samudra pasai, disiti patih gajah mada berhasil menaklukan bintan, singapura, melayu, tumasik dan juga kalimantan.
  • Pada saat tribuwana memberhentikan dirinya menjadi ratu, anaknya yang bernama hayam wuruk menjadi naik jabatan menjadi seorang raja, sedangkan patih gajah mada tetap dijadikannya sebagai amangkubumi. Dengan dibawah tatanan pemerintahan yang baru, patih gajah mada telah berhasil menaklukan logajah, gurun, seram, sasak, hutankadali, buton, banggai, selayar, kunir, galiyan, bima, solor, banda, sumba, ambon, dompo dan masih banyak daerah-daerah lainnya yang telah ditunduikannya.
  • Maka dengan begitu, patih gajah mada sudah benar-benar memenuhi janjinya, akhirnya ia membentuk Purwarupa lokasi Indonesia yang modern, ditambahnya lagi dengan temasek, yang saat ini adalah Negara singapura, pilipina selatan, timor-timur, brunei dan juga malaysia.
Demikianlah ulasan mengenai sejarah hidup tentang legenda patih gajah mada ini, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »