Sejarah mengenai berdirinya patung liberty di amerika

berdirinya patung liberty di amerika
patung Liberty
Sejarah berdirinya Patung liberty - Patung liberty merupakan bangunan sangat bersejarah sekali dan fenomenal di amerika, bahkan sampai saat ini keberadaan patung liberty ini dijadikannya sebagai ikonnya Negara amerika serikat yang paling banyak digemari orang seluruh dunia.


Walau sampai saat ini patung liberty sudah menjadi sebagai ikon yang dibanggga-banggakan, akan tetapi banyak sekali orang yang belum mengetahui bagaimana disaat proses pembuatannya. Bagaimana usaha pembuat patung liberty dalam mengupayakan biaya kesana-sini supaya patung raksasa ini bisa berdiri kokoh, mari kita ikuti sekilas proses sejarah mengenai berdirinya patung liberty yang belum diketahui oleh banyak orang.

#Sejarah pembuatan patung liberty
Pada awalnya patung liberty dibuat diprancis ditahun 1876. Bartholdi dengan mempergunakan segala daya upayanya untuk menciptakan sebuah patung raksasa ini, design dasar dari patung semuanya terbuat dari bahan-bahan metal dari gustav Eiffel, yang dimana beliau adalah seorang yang menciptakan menara Eiffel. Melalui bahan-bahan metal ini bartholdi mulai dilapisi dari beberapa bagian dengan batu-batuan lalui diukirnya sesuai dengan design yang dirancangnya.
Baca juga : Sejarah panjang berdirinya menara eiffel dikota paris

Kurang lebih mencapai delapan tahun lamanya dia berusaha sendiri, pada saat diadakannya sebuah pameran kemudian dia pun ikut sekaligus unjuk kebolehannya dengan memamerkan hasil karya patungnya yang mencapai 90% proses penyelesiannya. Mulai dari sebuah pameran tersebut ia memperoleh uang banyak yang nantinya akan ia pergunakan guna merampungkannya pembuatan patung yang sangat terkenal diseluruh dunia. Kemudian pada tahun 1884 patung liberty ini berhasil ia selesaikan dengan baik.

#Penggalangan biaya yang sangat besar
  • Disaat penggalangan sebuah dana guna berdirinya patung liberty sangat terasa susah sekali, sampai-sampai banyak yang mengatakan bahwasanya patung liberty ini sebuah project yang tidak mungkin terjadi atau mustahil. Kenudian bartholi berupaya sendirian untuk menghimbau terhadap banyak orang diprancis. Ia melakukannya secara sensirian, sampai memasuki beberapa kantor disana-sini guna menggalang biaya berapapun yang ia dapatkan.
  • Tidak sedikit orang memberikan kritikan-kritikan kurang mengenakan, walau demikian dia tetap mengupayakan untuk menciptakan sebuah patung raksasa, tak lepas dari menggunakan uanga sumbangsih yang ia dapatkan yang mencapai 250. Frnac, yang setara dengan uang dollar mencapai $750.000 saat itu masih tahun 1879. Dari sinilah ia memulainya, membuat bagian-bagian patung yang belum terselesaikan.
#Penggalangan dana di amerika serikat
  • Pada umumnya kebanyakan orang mengeahui bila patung liberty diberikan prancis ke amerika hanya sebagai hadiah. Awal mulanya memang benar demikian, bahwasanya patung ini dibangun oleh masyarakat prancis yang dimana dana didapatkan melalui donator oleh sebab pemerintah prancis tidak menginginkan project ini, dengan begini kucuran biaya melali pemerintah prancis pun tak kunjung datang.
  • Lebih-lebih pembuatan patung tidak cukup dengan biaya yang kecil. Maka disaat patung liberty hampir selesai, akhirnya Bartholdi memohon terhadap orang-orang amerika agar sudi memberikan bantuan, khususnya guna menyelesaikan atau mengenai proses pengirimannya. Berhubung banyak nya biaya yang harus dikeluarkan, tentunya permohonan ini pun ditolak pemerintah amerika, bahkan pemerintah amerika sempat berfikir, mengapa hanya bantuan akan tetapi biayanya besar sekali.
  • Akhirnya ada salah satu jurnalis, yaitu joseph putlizer yang memberikan ide cemerlangnya, ia pun menuliskan beberapa artikel yang berpengaruh besar terhadap warga amerika untuk memberikan bantuannya, dan uniknya disetiap seseorang yang akan menyumbangnya, nama yang menyumbang harus tertera didalam koran. Maka dengan menggunakan strategi seperti ini, akhirnya berhasil dan sanggup melanjutkan pembuatan patung liberty dan berlayar dari prancis sampai di amerika.
Baca juga : Sejarah tentang yunani kuno
#Berdirinya dewi kebebasan di tanah amerika
Sejarah mengenai berdirinya patung liberty di amerika
berdirinya patung liberty di amerika
Setahun lamanya pengumpulan biaya, kemudian pada tahun 1885 patung liberty diusung dari prancis ke amerika, berat dari patung liberty yang mencapai ribuan ton ini, akhirnya membutuhkan waktu yang tidak sedikit disaat membawanya. Sedangkan dimaerika sudah mempersiapkan penyambutan kedatangan patung liberty secara besar-besaran, hingga banyaknya warga new york yang memberikan bantuan didalam project ini supaya patung liberty yang megah ini secepatnya sampai dimaerika.

Proses menyusun patung liberty ini sangat menguras waktu, dari dimulainya sampai betul-betul selesai memakan waktu yang cuup lama yaitu mencapai enam bulan, kemudian ditanggal 25 oktober 1886, patung liberty sudah berdiri kokoh.

Kemudian setelah penyusunan selesai, lalu sehari seuasi selesainya maka dideklarasikan lah menjadi hari libur nasional, tidak sedikit para pendatang dari beberapa penjuru damerika yang datang langsung untuk melihat kemegahan dari patung liberty ini, atau yang disebut sebagai LADY LIBERTY simbolnya kebebasan diamerika.

Untuk saat ini, keberadaan patung liberty selalu banyak digunakan untuk beberapa aktifitas perayaan-perayaan. Disetiap 04 juli bahwasanya selalu diperingati hari kemerdekaannya bangsa amerika, tentunya disaat momen berlangsung lokasi patung liberty sangat padat dikunjungi seseorang guna melihat semaraknya kembang api, apalagi jika pergantian tahun, maka patung liberty lah yang menjadi sasaran tempat berkumpulnya warga amerika memeriahkan sekaligus membuka pergantian tahun.

Demikian sedikit artikel sejarah mengenai berdirinya patung liberty di amerika ini, mudah-mudahan bermanfaat sekaligus bisa menambah wawasan tentang sejarah-sejarah yang ada didunia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »