Sejarah panjang berdirinya menara eiffel dikota paris

Berdirinya menara eiffel - Siapa orangnya yang belum pernah mendengar tentang konstruksi bangunan menara paling tinggi dan paling terkenal didunia,, yaitu menara Eiffel yang tepatnya dikota paris, prancis. 
Sejarah panjang berdirinya menara eiffel dikota paris
Menara Efiel
Dari mulai dibangun pada tahun 1889, menara yang mjencapai ketinggian hingga 325 mtr, pengunjung yang dating sudah mencapai jumlah 200 Jt, seseorang yang dating dari berbagai Negara, sungguh fantastis sekali.



Menara Eiffel tentunya mempunyai sejarah panjang dalam proses pembuatan sampai betul-betul rampung total. Bukan berarti selama proses pembangunannya tidak terjadi suatu halangan, walau demikian menara Eiffel ini sudah menjadikannya ikon paling romantis didunia. Sudah banyak sekali para produser-produser film dunia yang memanfaatkan menara Eiffel sebagai bground dalam memproduksi film-filmnya.

"Sejarah panjang berdirinya menara eiffel



Tentunya semua orang sudah kenal dengan sosok Gustav Eiffel, yang dimana beliau adalah seorang yang ada dibelakang layar proses pembuatan menara yang sangat fenomenal ini, sampai-sampai nama beliau pun dicantumkan sebagai nama menara Eiffel tersebut. Pada awalnya Gustav hanya ingin membangunnya di Barcelona, akan tetapi ide yang dia berikan dianggap sebagai sesuatu yang aneh atau tidak sesuai prosedur.
Disamping sesuatu yang dianggap kurang sesuai prosedur, disisi lain proses pembanunan menara pastinya akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit, Gustav pun menjadi ragu dan mengurungkan niatnya untuk membangun ide briliannya guna membangun menara diwilayah eropa.
Maka tercetuslah saran melalui anak buah Gustav untuk membangun sebuah menara Eiffel, dan nama dari anak buahnya itu diantaranya Emile Noughuier dan Maurice Koechlin, yang pada awalnya beliau tidak terpengaruh dari saran anak buahnya. Tidak lama kemudian setelah ia melihat rencananya berjalan normal, akhirnya Gustav Eiffel membeli hak nya yaitu dengan memberi nama menara tersebut menjadi Menara Eiffel sesuai dengan nama belakang Gustav.
"Proses struktur dan bentuk menara eiffel


Proses pembangunan mengenai struktur dari menara Eiffel diawali ditahun 1889, yang kemudian sudah bisa untuk umum pada tanggal 06 mei 1889, melalui proses pembangunan menaranya ada sekitar 300 para pekerja yang dilibatkan guna menata struktur, dengan keseluruhan jumlah berat yang mencapai 10000 Ton, semua para pekerja harus ekstra berjuang sekuat tenaga guna mengatur dari jumlah 18.038 besi potongan, belum lagi mengatur besi tempa dengan jumlah yang mencapai 2.5 juta biji
Design menara Eiffel pada awalnya selalu mendapatkan banyak kritikan, apalagi dengan struktur ditata dengan bentuk yang dimana tidak ada sama sekali tersimpan unsur seni, bahkan cenderung mirip dengan sebuah jembatan yang ada ditepian sungai-sungai, gustav Eiffel akhirnya melayangkan pernyataannya, bahwasanya dengan bentuk yang ia buat, semua melalui proses perhitungan matematika, sekaligus bangunan menara Eiffel ini bisa tahan dengan guncangan angina besar sekalipun.
"Visi misi mengenai pembangunan menara eiffel
Menara Eiffel pada mulanya dibangun hanya untuk ajang pameran didunia, kemudian yang akhirnya pihak pengelola menginginkan menara Eiffel dijadikan sebagai Ikon dari 100 Tahun revolusi prancis. Menara Eiffel ini merupakan simbolnya power dari prancis yang sangat mengagumkan sekali, bahwasanya ditengah-tengah terpuruknya eropa diabad 18, mereka sanggup berjuang serta membangun salah satu revolusi besar, bahkan dengan keberadaan menara Eiffel ini mampu memberikan dampak keseluruh Negara didunia.
Menara Eiffel ini merupakan simbol ilmu yang sangat modern, melalui symbol berkembangnya ilmu pengetahuan berkelas dunia hingga dari jaman ke jaman, bahwasanya menara ini merupakan tandanya dimana sains hidup seseorang secara kebersamaan. Maka dari itulah, kenapa ada dicantumkan 72 nama-nama seorang ilmuwan atau insinyur terkenal dari prancis melalui bangunan menara Eiffel ini.
Pembukaan menara eiffel dan dampaknya dari penduduk
Disaat pertama kali dubakanya menara Eiffel dibulan mei 1889, pada saat itu menara sudah dilengkapi sebuah lift, guna memanjakan semua pengunjung untuk melihat-lihat kemegahan kota paris melalui puncak menara Eiffel ini. Tentunya dengan kondisi seperti ini bisa memancing para wisatawan-wisatawan manca Negara untuk dating langsung dan melihat kemegahan dari menara Eiffel, tentunya pada 1889, ketinggian yang mencapai 300 Mtr sudah disebut sebagai hal yang sangat luar biasa sekali.

Walaupun keberadaan menara Eiffel ini mampu menjadi salah satu daya tarik bagi banyak orang, akan tetapi pro dan kontra mengenai pembangunan menara seringkali dipergunjingkan, tidak sedikit masyarakat setempat yang kurang berkenan mengenai bangunan ini. Disisi lain mereka selalu dihantui rasa cemas, mungkin suatu saat nanti menara Eiffel ini runtuh, dan korbannya tidak lain dari warga masyarakat setempat.

Kemudian yang menjadi alasan kedua, yaitu dengan rusaknya pemandangan sekitar, sebuah bangunan yang sangat megah ini, konon katanya bisa menghalang-halangi sesuatu diudara, jawaban seperti ini seringkali terlontar melalui seorang pelukis dikota paris. Kemudian seiring berkembangnya jaman, justru menara Eiffel lah yang menjadi objek para pelukis disaat mereka mengeluarkan inspirasinya.

Kegunaan menara eiffel di jaman modern
Walaupun awalnya hanya dipergunakan sebagai symbol seabadnya revolusi prancis, akhirnya menara Eiffel ini berubah telah menjadikannya menara yang paling banyak digandrungi orang diseluruh dunia.

Untuk saat ini menara Eiffel sangat dikenal sebagai salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi didunia, bahkan lebih dari tiga juta orang yang dating berkunjung dimenara Eiffel, guna memberikan apresiasi betapa sangat kagumnya karya dari seorang Gustav Eiffel ini. Saat ini keberadaan menara Eiffel sangat dikagumi dan dicintai oleh semua warga masyarakat kota paris atau prancis, bahkan mereka menaganggapnya sebagai kebruntungan, karena disisi lain keberadan menara Eiffel ini, setidaknya masyarakat setempat bisa menikmati penghasilan melalui menara Eiffel ini.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai sejarah panjang berdirinya menara eiffel dikota paris ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »