Bagaimana cara kita membersihkan hati sendiri, baca ulasannya disini

cara kita membersihkan hati sendiri
membersihkan hati sendiri
Cara membersihkan hati  – Dalam menjalankan hidup ini, kita sebagai manusia pastinya tidak akan pernah lepas dari salah dan khilaf. Maka sedari kesalahanlah, yang akhirnya bias memicu bakteri penyakit yang merasuk kedalam hati atau jiwa manusia.


Dari semuanya itu, biasanya terjadi oleh sebab tidak mampunya kita sebagai manusia untuk mengenal daya tipu setan yang senantiasa menghancurkan sekaligus memberikan kesesatan terhadap manusia.

Tak terasa sebentar lagi kita semua umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan, mudah-mudahan saya tidak salah posting, sebab bulan Ramadhan datang masih melewati satu bulan lagi. Tapi menurut saya tidak menjadi soal, sebab jika seseorang akan melakukan sesuatu harus terlebih dahulu dilandasi ilmu, maka tata lah hati kita semua sebelum datangnya bulan suci Ramadhan.


Maka dari itu, dalam kesempatan yang baik ini, saya akan sedikit mengulas tentang kita bagaimana cara membersihkan hati supaya menjadi lebih jernih lagi, maka dalam hal ini ada beberapa kiat-kiat yang harus kita pelajari, bacalah ulasan lengkapnya dibawah ini :

Membuang semua penyakit dihati
Sebagai salah satu contoh kecil dengan penyakit hati ini yeitu : “senang melihat orang susah, dan susah melihat orang yang senang”, maka agar kita bisa terhindari dari penyakit hati seperti ini, senantiasalah ber Istighfar. Selain itu, apa yang disebut sebagai penyakit hati, diantaranya :

  • Menghasut
  • Menyimpan rasa dendam
  • Rakus
  • Seudzon
  • Takabur
  • Ujub
  • Nifak 
  • Riya

Bahwasanya penyakit seperti inilah yang memicu sayton menjadi lebih leluasa menggoda manusia, sehingga bisa menghancurkan manusia itu sendiri sekaligus akan jauh dari Allah Swt. Namun jika dilihat dari sisi lain, bahwasanya Allah berupaya dijadikan bahan Evaluasi guna mengetahui tingginya iman atau sucinya hati manusia, maka Allah berfirman didalam surat Al-hajj Ayat 52, yang artinya :
“ supaya ia menjadikan dengan apa yang diberikan setan seperti itu merupakan salah satu ujian untuk setiap manusia yang dimana hatinya selalu diliputi penyakit”
Maka dari itulah kita sebagai manusia harus belajar agar senantiasa menjaga diri masing-masing dari godaan sayton, Insya Allah kita semua akan terhindar dari sifat ketamakan atau juga menghasut. Kita sebagai manusia wajib memiliki sifat Qanaah <selalu merasa cukup atas pemberian Allah Swt terhadap kita, sehingga bisa menghindari diri kita dari sifat tamak> dan sekaligus mensyukuri nikmat yang sudah Allah berikan terhadap kita.

Selalu bertaqarrub kepada Allah SWT dalam setiap waktu dan kesempatan.
Bagaimana cara membiasakan kita Bertaqarrub terhadap Allah yaitu dengan mengikuti semua perintahnya sekaligus menjauh dari apa yang menjadi laranganNya. Bisa juga dengan melakukan Sunnah dengan membanyakan Dzikir atau juga doa.

Hanya dengan cara seperti inilah, niscaya keadaan hati kita selalu jernih dalam berfikir ataupun didalam mengambil sebuah tindakan, sehingga kita akan terhindar dari segala daya dan upaya sayton menggoda kita, sudah tercantum dalam surat Al-maidah Ayat 35, bahwasanya Allah telah berfirman, yang artinya :
“ wahai semua orang beriman, taqwalah selalu terhadap Allah Swt, gapailah jalan yang senantiasa dapat mendekatkan diri terhadapNya, lalu jihadlah dijalanNya, agar keberuntungan selalu menyertaimu”
Memperbanyak dzikir dan doa terhadap allah swt.
Salah satu yang membuat manusia akan selalu mengingat Allah, yaitu dengan senantiasa berdzikir, maka kita akan terasa selalu dalam lindunganNya serta menjadikan hidup akan menjadi lebih tenang, bahwasanya Allah telah berfirman didalam surat Ar-ra’d diayat 28, yang artinya :
“ ialah seseorang yang memiliki iman dan juga hati diantara mereka yang tentram lantaran selalu ingat Allah, ingat..!!, semata-mata ketentraman hanya bisa digapai hanya dengan mengingat Allah Swt”
Sedangkan dengan ber doa, merupakan ciri-ciri manusia yang Tawadhu <rendah diri dihadapan-Nya> sekaligus bentuk taqwa nya manusia terhadap Allah Swt. Disamping itu juga, doa adalah salah satu bentuk taubatnya seseorang sekaligus percaya akan kebesaran serta kekuasaanNya.

Maka seburuk dan sejahat-sejahatnya manusia, akan tetapi lantunan doa selalu keluar dari mulutnya maka tidak dipungkirinya lagi bahwasanya didalam hatinya masih memendam rasa cintanya terhadap kebesaran-Nya, bahwasanya ia salah satu manusia yang selalu menyandarkan seluruh hidupnya terhadap Allah, maka Insya Allah juga bahwa perlindungan Allah akan selalu bersamanya.

Sandarkan hati akan tipu muslihat setan yang senantiasa menggoda manusia.
Istighfar, perbanyaklah dengan istighfar setiap hari, kenapa.?, karena hanya tubuh manusialah yang selalu menjadi tempat persinggahan para syaton, perlu kita semua ketahui ada terdapat beberapa tipu daya sayton yang ditanamkan terhadap hati manusia, diantaranya yitu :
  • Selalu membakar amarah, atau juga syahwat
  • Memberikan rasa dengki dan rakus
  • Memberikan rasa gemar didalam menghiasi diri (mewah aka nisi rumah, pakaian dan lain-lain)
  • Senantiasa menyuruh kita menjadi tamak
  • Memberikan perintah agar kita selalu terburu (dalam mengambil sebuah tindakan)
  • Memberikan rasa cinta berlebih terhadap kendaraan, hrta, kekayaan, dan juga uang.
  • Selalu menghantui kita untuk memiliki rasa takut miskin
  • Selalu mengobarkan api dendam
  • Selalu memberikan perintah untuk melakukan hal-hal diluar logika (diluar akal manusia)
  • Dan lain sebagainya
Jika hal seperti diatas bisa kita atasi, atau kita sudah mengetahui bahwasanya itu hanya anjuran sayton, alangkah baiknya kita segera memohon petunjuk-Nya dengan ber doa, niscaya Allah akan selalu memberikan jalan terhadap seseorang yang selalu memohon terhadapNya.

Baiklah sobat semua, semoga kita semua bisa terhindar dari godaan dan bujuk rayu sayton, kiranya hanya sedikit ulasan mengenai cara membersihkan  hati kita ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua, kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »