Berapa Rakaatkah Melaksanakan Shalat Jumat

Rakaat melaksanakan shalat jumat - Diwajibkan bagi laki-laki muslim menjalankan shalat berjamaah dihari jumat, ada banyak sekali keutamaan-keutamaan yang didapatkan melalui shalat jumat.
Berapa Rakaatkah Shalat Jumat

Bukan saya merasa paling tau tentang agama, namun masih ada saja orang yang belum mengetahui berapa rakaatkah didalam melaksanakan shalat jumat, memang bagi seseorang yang belum mengetahui, pastinya akan menjawab 2 rakaat. Itu wajar-wajar saja oleh sebab ketidak tahuannya, atau mungkin juga bagi kalangan anak-anak, yang ia ketahui berapa jumlah rakaat shalat jumat pastinya hanya 2 rakaat saja.

Keutamaan-keutamaan melaksanakan shalat jumat
  • Inti dari melaksanakan shalat jumat, bukanlah semata-mata yang akan saya ulas disini, yaitu mengenai jumlah rakaatnya, akan tetapi niat untuk beribadah terhadap Allah SWT. Bahwasanya Allah sudah memberikan banyak karunia yang begitu besar terhadap kita semua dengan melaksanakannya shalat jumat. Diantara keutamaan shalat jumat ini, yaitu mampu menghapus segala dosa-dosa atau kekhilafan, sekaligus mengangkat drajat seseorang mukmin.
  • Siapa saja yang mandi dihari jumat, sebegaimana melakukan mandi janabah, kemudian pergi menuju masjid, maka kautamaan yang didapatkannya, pasalnya dia telah berqurban satu ekor unta. Dan barang siapa diniatkan datang pada kesempatan (saatnya), maka dialah orang yang mendapatkan keutamaan melakukan qurban 1 ekor sapi. begitu juga seterusnya dari mulai keutamaan ke 4, bahwasanya dia sudah berqurbah 1 ekor ayam dan seterusnya. Lebih-lebih lagi pada saat Imam keluar dan membawakan khutbah, maka malaikat akan datang dan ikut serta mendengarkan lantunan Dzikir khutbah tersebut. (Hr bukhari No. 881 dan Muslim . 850)

Berapa Rakaatkah Shalat JumatAdapun keutamaan yang lain, yaitu dari melangkahkan kaki menuju masjid akan mendapatkan suatu pahala berlimpah seperti mendapat ganjaran berpuasa dan juga shalat selama satu tahun. Dari Aus bin Aus, bahwa ia telah mengatakan Rasulullah Saw telah  bersabda : 
"Dan barangsiapa mandi dihari jumat dan sekaligus membersihkan bagian kepala serta anggota tubuh yang lain, dan kemudian ia menuju masjid dan pergi mendengarkan khutbah yang pertama, lalu mendekati Imam, mendengarkan khutbah dengan sungguh-sungguh. Maka disetiap langkah kaki sudah masuk hitungan Allah sama halnya sudah melaksanakan puasa ataupun shalat selama satu tahun"
Berapa Rakaatkah Shalat Jumat

Didalam mengikuti shalat jumat tentunya semua orang harus mendengarkan apa yang sedang dibicarakan khotib, dan begitu juga sebaliknya seorang khotib harus bisa memenuhi persyaratan dan memahami rukun khutbah pada saat shalat jumat, apabila persyaratan tidak bisa terpenuhi maka batal ataupun tidak sahnya melaksanakan shalat jumat.

Pada saat-saat seorang khotib sudah berada diatas mimbar dan mulai berkhotbah dengan benar, maka kita wajib mendengarkan khotbahnya, sebab salah satunya menjalankan ibadah shalat jumat itu, pasalnya jika kita senantiasa mendengarkan khotbah dengan sungguh-sungguh dan berdiam diri.


Setiap mukmin yang baik tentunya menginginkan kesempurnaannya didalam menjalankan ibadahnya, termasuk melaksanakan shalat jumat, kenapa?, sebab pada intinya melaksanakan shalat jumat sebetulnya ada 4 rakaat, maka apabila kita tidak bersungguh-sungguh mendengarkan khotib khotbah, kesempurnaan shalat jumat pun tidak akan ada artinya, oleh sebab dari 4 rakaatnya shalat jumat tersebut, maka 2 rakaatnya lagi pada saat kita mendengarkan khotbah dengan sungguh-sungguh dan berdiam diri.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan, kekurangan dan juga kelebihan didalam penulisan artikel ini, saya mohon maaf, mudah-mudahan sedikit ulasan mengenai berapa rakaatkah shalat jumat ini bisa bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »