Uniknya anak-anak dataran tinggi dieng ini hampir semuanya berambut gimbal

Uniknya anak-anak dataran tinggi dieng
anak-anak dataran tinggi dieng
Uniknya anak-anak dieng - Jaman sekarang untuk memiliki rambut gimbal tentunya harus pergi kesalon untuk membentuk rambut menjadi gimbal, dengan begitu harus mengeluarkan kocek yang lumayanlah.


Dengan memiliki rambut gimbal tentunya mempunyai keunikan tersendiri didalam perawatannya, dimana cara merawatnya harus betul-betul ditangani sebaik mungkin, akan tetapi jika rambut gimbal yang tumbuh pada anak-anak, apakah mereka bisa merawatnya dengan benar?, kalian bisa lihat foto seperti diatas ini, pasalnya anak ini masih duduk dibangku sekolah dasar tapi diizinkan memanjangkan rambutnya dan dibentuk ala penyanyi regae Bob Marley.

Sebelum anda semua mengetahui lebih dalam, alangkah baiknya anda simak ulasan ini sampai habis, baiklah saya kembali ke topik mengenai keunikan rambut gimbal dari anak-anak dataran tinggi dieng.


Bahwasanya sampai saat ini, terdapat sebuah fenomena yang sangat langka dan unik yang terjadi terhadap anak-anak dataran tinggi dieng, dan sampai detik ini juga, bahwa fenomena ini belum dapat terpecahkan dengan cara akal fikiran yang sehat, yaitu yang dimana setiap anak-anak sekitar memiliki rambut gimbal.

Meskipun tidak kesemuanya anak-anak memiliki rambut gimbal, tapi tidak sedikit juga yang memiliki rambut gimbal, sehingga sangat mudah untuk menjumpai anak-anak yang memiliki rambut gimbal di dataran tinggi dieng.

Maka jangan heran jika anda berkunjung ke dataran tinggi dieng, tentunya disekitar desa yang terdapat dikawasan tersebut, kemungkinan besar, anak-anak yang akan anda jumpai terlebih dahulu tentunya seorang anak yang rambutnya gimbal, hal ini menandakannya bahwa desa sekitar banyak sekali anak-anak yang memiliki rambut gimbal.

#Asal mula fenomena anak berambut gimbal
  • Dari setiap anak yang rambutnya gimbal ini, rupanya tidak ada riwayat daro kedua orang tuanya, maka siapa saja jika memang anak masih ada keturunan orang dieng, maka kemudian anak tersebut akan dengan sendirinya memiliki rambut yang gimbal.
  • Warga setempat pun menjulukinya anak berambut gimbal dengan sebutan "anak ghembel". Tidak dipungkiri, bahwasanya rambut gimbal sangat identik tidak pernah mandi, merawat badan, dan lain sebagainya. Yang menjadi keunikan rambut gimbal yang dimiliki oleh anak dataran dieng ini, pasalnya mereka semua anak-anak yang berseka dan selalu diperhatikan oleh kedua orang tuanya.

#Sil-silah rambut gimbal anak-anak dieng

Keunikan Rambut Gimbal Yang Dimiliki Oleh Anak-anak Dieng

  • Jika menurut penuturan orang-orang dataran tinggi dieng ini, setiap anak yang memiliki rambut gimbal adalah sebuah titipan dari Kyai Kolo Dete, dimana Kyai tersebut merupakan seorang pengagas di era mataram islam diabad ke 14. Semua itu tidak terlepas dari sahabat Kyai Kolo Dete, yaitu, Kyai Kolo, Kyai Walid. Bahwasanya  mereka mendapatkan suatu tugas dari kerajaan mataram guna menyiapkan tatanan sebuah pemerintahan di wonosobo dan sekitarnya.
  • Kyai karim beserta Kyai walid ditugaskan didawerah wonosobo, sedangkan Kyai kolo dete ditugaskan didataran tinggi dieng. Bahwa sesampainya Kyai kolo dete didataran tinggi, kemudian istrinya memperoleh sebuah wangsit yang diberikan langsung oleh Ratu pantai selatan.
  • Pasalnya Kyai kolo dete beserta istrinya diberikan amanah guna melibatkan orang-orang dataran tinggi dieng menuju sejahtera. Lalu yang menjadikannya suatu ukuran kesejahteraan bagi masyarakat dataran tinggi dieng, yaitu dengan tanda-tanda adanya anak-anak yang memiliki rambut gimbal, maka pada saat itulah, banyak sekali bermunculan anak-anak yang memiliki rambut gimbal didataran tinggi dieng.

Khususnya bagi orang-orang dataran tinggi dieng, yang menjadi keunikan tersendiri anak berambut gimbal ini, pasalnya apabila banyaknya anak-anak yang mempunyai rambut gimbal, tentunya sangat berpaeatif sekali mengenai hal sejahteranya masyarakat setempat. Maka jika jumlah anak-anak yang berambut gimbal, bahwasanya orang-orang dataran tinggi dieng ini sangat mempercayainya, yakni kesejahteraannya yang didapatkan semakin bertambah

Pada umumnya, apabila munculnya rambut gimbal terhadap anak-anak biasanya suhu badan anak tersebut menjadi panas terlebih dahulu dalam beberapa hari saja. Maka suhu badannya yang panas ini, akan sembuh dengan sendirinya pada saat pagi tiba, dan dibarengi dengan tumbuhnya rambut-rambut yang gimbal dikepala anak tersebut.

Rambut gimbal yang tumbuh pada anak-anak tersebut, bukan berarti kedua orang tuanya tidak memperhatikan kebersihan sang anak. Anak-anak yang mendapati rambut gimbal ini, maka suatu saat orang tuanya pun akan segera memotongnya pada saat adanya sebuah ritual khusus, yaitu sebuah ruwatan dengan melalui aturan-aturan yang berlaku, sekaligus prosesi pemotongan rambut harus dilandasi atas kemauan dari anak yang berambut gimbal itu sendiri.

Anak-anak dataran Tinggi Dieng

Yang lebih uniknya lagi, pada saat-saat prosesi pemotongan rambut akan berjalan, bahwa kedua orang tuanya mengikuti semua yang menjadi buah keinginan anaknya. Dan juga masyarakat sekitar sangat meyakini, jika keinginan si anak tidak dikabulkan, atau pada saat pemotongan rambut bukan karena keinginan sang anak (paksaan), maka setelah rambut gimbalnya sudah dipotong pasti rambut gimbal itu akan tumbuh lagi.

Anak-anak rambut gimbal, kesehariannya pun sama halnya dengan anak-anak yang lainnya, mereka bermain seperti biasa, akan tetapi anak-anak yang berambut gimbal ini pada umumnya memiliki sifat yang agak berbeda dengan anak-anak lainnya. Umumnya anak yang berambut gimbal ini memiliki respeck dan juga agresif dibanding yang lain.

Maka jangan heran disaat-saat tertentu, anak-anak dataran tinggi dieng yang rambutnya gimbal ini suatu waktu emosinya bisa meledak-ledak, maka emosi yang dimiliki anak tersebut perlahan akan menghilang seiring rambut gimbalnya itu telah terpotong.

Sumber inspirasi : indonesiakaya.com

Demikianlah sedikit ulasan mengenai rambut gimbal anak-anak dataran tinggi dieng ini, mudah-mudahan mempunyai arti tersendiri tentang keunikan yang terdapat diindonesia ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »