Mengetahui hal-hal yang menyebabkan melakukan shalat jadi batal

Mengetahui hal-hal yang menyebabkan melakukan shalat jadi batal. Wajib mengetahui hal-hal yang menyebabkan melakukan shalat jadi batal, wajib pula hukumnya bagi seorang muslim melaksanakan shalat lima waktu tepat pada waktunya, disamping itu kita juga harus mengetahui tentang hal-hal yang bisa menyebabkan melakukan shalat jadi batal. Karena segala sesuatu aturan dalam islam memang terdengar agak baku, namun akan terasa indah jika dilaksanakan.

yang menyebabkan melakukan shalat jadi batal


Melakukan shalat juga bisa batal hanya karena hal-hal yang spele, selain dari bacaan-bacaan shalatnya, walalu yang terucap hanya dengan dua Huruf saja, contohnya saya, betul dan lain-lain. Bisa juga melalui kalimat yang mengandung arti semisal dari kalimat Ya!, terkecuali jika memang betul-betul lupa dan juga hanya beberapa saja ucapan, tidak melebihi dari 6 kalimat. Dengan banyak melakukan gerakan-gerakan, seperti contoh : 3X menggaruk dan juga 2X melangkahkan kakinya, bahwasanya hanya dengan satu kali gerakan namun berlebihan, misalnya menggeragerakan semua anggota badannya itu disebut Udzur ataupun syara.

Seringkali kita jumpai dimasjid-masjid ataupun di Mushola-mushola seseorang yang melaksanakan shalat wajibnya, dan tanpa disadarinya seluruh anggota tubuhnya selalu bergerak dan gerakannya itu melebihi ketentuan aturan yang menyebabkan melakukan shalat jadi batal. Namun kejadian-kejadian seperti itu seringkali diabaikan seolah-olah shalatnya masih bisa dilanjutkan, huallahhualam..


Misalkan ada 3 gerakan-gerakan yang selalu dilakukan seseorang, seperti contoh, menggerak-gerakan kepala atau ke2 tangannya, usap kedua telinga, kemudian dahi sembari menggerakan kepalanya. Terkecuali dengan menyapukan saja pada bagian kuping lalu langsung kehidung seumpamanya, kemudian berselang agak lama baru menggerkannya lagi, maka shalat pun masih bisa dilanjutkan atau masih sah. Bahwasanya hanya melalui ke 2 geraka-gerakan yang secara terus meneruslah yang bisa menyebabkan shalat menjadi batal.

#Mengetahui hal-hal yang menyebabkan melakukan shalat jadi batal
Segala sesuatu yang menyebabkan shalat menjadi batal, selain diatas, bisa juga dating dari melakukan shalat dengan melakukan rukuk 2X dan juga melaksanakan shalat ashar menjadi 5 waktu secara sengaja. Walaupun hanya dengan satu kali gerakan-gerakan sebab main-main, kemudian memakan sesuatu dan juga minum, terkecuali disebabkan kelupaan atau tertelannya sesuatu kemulut kita, misalnya seperti dua lampiran dibawah ini :
  • Jika memang benar-benar kelupaan menelan satu bijiNasi dan juga satu butir Biji buah delima, dengan kasus seperti itu lalu shalatnya masih sah
  • Walaupun hanya menelan sisa Kopi dan juga Gula, dengan melakukan kesengajaan tersebut maka shalat kita menjadi batal dan tidak boleh dilanjutkan.
Melakukan shalat itu menjadi batal hanya dengan niat utnuk membatalkannya, walaupun sama sekali Prakteknya tidak, menangguhkan membuat batal shalat yang disebabkan hal-hal, contohnya seperti : mempunyai niat apabila teman-teman datang, maka shalat akan dibatalkan terlebih dahulu. Menyimpan keragu-raguan untuk membuat batal shalat, contohnya seperti : ada kebimbangan yang disebabkan seseorang memanggil-mangil, kemudian muncul keraguan untuk menjadikan shalat menjadi batal dan tidak, maka dengan hal semacam termasuk yang menyebabkan melakukan shalat menjadi batal

Intinya, pada saat kita melaksanakan shalat wajib berniat akan melaksanakan dengan sungguh-sungguh, dan andai kata ada orang yang melakukan shalat diatas sebuah batu karang ditengah-tengah saluran kali, kemudian tanpa diduga-duga air meluap. Dengan begitu dari pada harus membatalkan shalanya, maka orang tersebut diizinkan melakukan shalat sembari berlari dan juga membelakangi arah kiblat. Kemudian iapun melanjutkan shalatnya ditempat yang aman dengan sempurna, dengan melakukan hal seperti itu disebut Shalat Syiddatul-Khauf.

Dengan melewati 1 rukun saja dan dibarengi keragu-raguan terhadap berniat Takbiratul-Ihram, apa sudah dilakukan dan apakah belum dilakukan. Maka selama keraguan seperti itu berlangsung lama. Contohnya seperti : pada saat hendak melakukan Rukuk terasa sangat ragu terkait berniat shalat, atau pada saat Rukuk masih merasakan keraguan, dengan seperti itu shalatnya menjadi batal jika sesampainya pada I’tidal.


Demikianlah sedikit ulasan mengenai bagaimana mengetahui hal-hal yang menyebabkan melakukan shalat jadi batal ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua, akan lebih menjadi bermanfaat jika sobat-sobat semua berkenan berbagi melalui tombol share dibawah ini, terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »