Menjelajahi Beberapa Lokasi Wisata Napak Tilas Bekas R.A. Kartini

Lokasi wisata bekas R.A. Kartini – Menyusun sebuah rencana wisata dijawa tengah, seharusnya kita pandai memilah, lokasi wisata jawa tengah bagian mana yang harus kita tentukan.


Ada banyak sekali beberapa lokasi wisata yang menawarkan destinasinya yang sangat mengagumkan, misalnya boromo, candi Borobudur. Kita akui bahwasanya lokasi wisata seperti itu salah satu tujuan wisata yang sangat dicari oleh setiap wisatawan, baik lokal maupun asing.

Namun Ada lagi tujuan wisata yang harus anda kunjungi lagi, yang dimana lokasi wisata tersebut banyak menyimpan jejak-jejak tokoh atau salah satu pahlawan wanita yang banyak menginspirasi jutaan para kaum perempuan diindonesia, salah satunya lokasi wisata napak tilas jejak dari R.A. Kartini didaerah rembang dan jepara.

Kota rembang dan jepara merupakan salah satu daerah yang sangat erat hubungannya dengan R.A. Kartini, sebab ia terlahir dijepara akan tetapi tidak berselang lama kemudian ia tinggal dan bertempat tinggal di rembang hingga akhir hayatnya.

Naah berikut dibawah ini lokasi wisata merupakan lokasi wisata yang sangat erat hubungannya dengan R.A. Kartini, yaitu lokasi wisata di rembang ataupun jepara, lokasi wisata ini sangat cocok untuk menambah wawasan sejarah tentang R.A. Kartini, diantaranya :



Pantai kartini
Lokasi wisata pantai kartini letaknya dijepara dan sangat berdekatan sekali dengan sebuah balai, yang dimana balai tersebut merupakan tempat tinggal R.A Kartini

Lokasi Wisata Napak Tilas Bekas R.A. Kartini

disaat orang tuanya masih menjadi salah seorang pejabat bupati jepara, dia seringkali bermain-main dilokasi pantai itu pada saat masih kanak-kanak.

Balai kabupaten jepara
R.A. Kartini pernah juga tinggal disebuah balai pendopo dikabupaten jepara pada saat usianya masih remaja, bahwasanya balai inilah yang menjadikannya R.A. Kartini tumbuh dewasa, oleh sebab sang ayah adalah seorang pejabat bupati jepara.

Lokasi Wisata Napak Tilas Bekas R.A. Kartini

Ada dari beberapa sumber yang mengatakan, banyak sekali ide-ide dari R.A. Kartini tercipta ditempat ini. Tempat balai ini sendiri terletak dijalan R.A. Kartini, panggang - jepara.

Monumen ari-ari R.A. Kartini
Ada sebuah pedesaan yang bernama desa pelemkerep dijepara, pasalnya ada bangunan monumen yang sangat bersejarah sekali, yakni merupakan monumen tentang ari-ari R.A. Kartini.

Lokasi Wisata Napak Tilas Bekas R.A. Kartini

Bahwa R.A. Kartini dilahirkan didesa pelemkerep, walalu tempat tinggal asal kelahirannya sudah tidak ada lagi, dengan demikian dipelataran bagian belakang ada tersimpan ari-ari pusar R.A. Kartini yang tertanam. 

Tentunya hal ini dilakukan sesuai dengan adat istiadat jawa pada saat bayi dilahirkan, tali pusar atau ari-ari R.A. Kartini pada saat baru dilahirkan ditanamkan disebuah bangunan yang saat ini menjadikannya sebagai monumen yang mirip sebuah bunga teratai, dan bunga teratai merupakan bunga kesenangan dari R.A. Kartini.

Musium kamar R.A. Kartini rembang
Disaat usianya menginjak 24 tahun, R.A. Kartini akhirnya mengakhiri masa lajangnya dan menikahi seorang bupati rembang, kemudian iapun ikut dengan suaminya tinggal di rembang. Tempat tinggal R.A. Kartini beserta suaminya, yaitu djojodiningrat yang sekarang menjadi musium R.A. kartini, tepatnya dijalan gatot subroto.

Lokasi Wisata Napak Tilas Bekas R.A. Kartini

Ada salah satu ruangan, dimana ruangan itu merupakan kamar R.A. Kartini yang seringkali dipergunakan sebagai tempat inspirasi segala pola fikirnya tentang kaum para perempuan yang ditujukan terhadap para sahabatnya.



Melalui tulisan-tulisan ini, kemudian dirangkainya menjadi sebuah buku yang sangat melegenda sekali yaitu "habis gelap-terbitlah terang". Dan dikamar itu juga, R.A. Kartini yang dimana anak pertamanya dilahirkan, yang lebih menarik bagi para pengunjung yang datang adalah bisa dengan melihat-lihat dari beberapa peralatan yang konon pernah digunakan oleh R.A. Kartini hingga sebuah lukisan foto sendiri yang ia gambar melalui tangannya.


Kuburan R.A. Kartini
Diusianya yang terbilang masih sangat muda, R.A. Kartini akhirnya wafat pada saat usianya yang baru menginjak 25 Tahun, kuburannya sendiri dibangun oleh suaminya yaitu disebuah bukit didesa bulu-rembang. Bentuk dari kuburan itu sendiri hampir mirip seperti rumah joglo yang dilapisi batu nisan dari bahan Marmer.

Lokasi Wisata Napak Tilas Bekas R.A. Kartini

Tidak sulit untuk menjumpai kuburan R.A. Kartini, sebab pada bagian depannya ada sebuah patung R.A. Kartini yang menggunakan pakaian jawa yang sedang memegang karya buah fikirannya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai menjelajahi beberapa lokasi wisata napak tilas bekas r.a. kartini ini, mudah-mudahan bermanfaat dan selamat berkunjung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »