Perbuatan yang dapat membawa manusia kesurga atau masuk ke neraka

Perbuatan yang dapat membawa
kesurga atau masuk ke neraka
Perbuatan manusia - Terdapat suatu perbuatan didunia yang seringkali dianggap remeh dan juga terlupakan, namun bahwasanya melalui perbuatan yang kita anggap enteng justru akan membawa kita kesurganya Allah Swt, atau masuk neraka. Adapun perkara ini bukanlah suatu tindakan yang sulit untuk kita laksanakan.
Bahwasanya Rasululloh Saw telah menerangkan, ada tiga perbuatan yang mampu menghantarkan seseorang bisa pergi kesurga dan sekaligus bias menjadi penghuni neraka. Sebetulnya dari ke 3 perbuatan disini sangat erat kaitannya, dan jika dilaksanakannya Insya Allah kita akan masuk surga, akan tetapi perbuatan seperti ini, bisa juga nerakalah sebagai jaminannya, mungkin sobat semua ingin tau, apa saja kira-kira perbuatan yang bisa membawa kita ke surga atau  masuk neraka?

Disaat Rasululloh beranjak untuk melaksanakan syiar melalui mimbar, dan pada saat Rasululloh menginjakan kaki melalui tanga ke 1, dia berucap Amiin, kalimat Amiin itu selalu keluar dari mulut Rasululloh sampai urutan anak tangga yang ke 3, sesampainya diatas kemudian dia melakukan shalatnya dahulu.


Setelah melaksanakan shalatnya, maka semua sahabat Rasululloh merasa aneh dan menanyakan sesuatu :
“ya Rasululloh kenapa engkau selalu berucap kata-kata Amiin..?
Lalu dijawabnya oleh Rasululloh, dan berkata :
“malaikat jibril tadi mendatangiku dan mengucapkan, “menyesal dan rugi, bagi seseorang yang bilamana namanya disebut lalu orang itu tidak mengucap Shalawat karenamu”, karena itulah aku mengucap Amiin”.
#Malaikat jibril pun mengatakan :
“Hanya kekecewaan yang sudah barang tentu merugi, seseorang diberi hidup dalam kehidupan bersama-sama keluarganya termask orang tua, akan tetapi tidak dapat menggapai surganya Allah, lalu aku selalu berucap kalimat Amiin.

#Tidak berselang lama jibril kembali berucap :
“Pastilah rasa kekecewaan sekaligus rugi !, bagi orang-orang yang memiliki kesempatan untuk bertemu bulan ramadhan, tapi dosanya tidak diampuniNya, kemudian aku berucap Aminn lagi”.


Maka dari itulah Rasululloh Saw senantiasa menjelaskan, bahwa seseorang yang selalu rugi sekaligus mendapatkan rasa kekecewaan yang sangat dalam, dimana seseorang yang diberi waktu luang yang baik guna meraih pahala-Nya untuk menghantarkannya kesurga, akan tetapi tidak dirawatnya oleh sebab prilaku bodoh, rasa tidak tau, malaz dan hanya mengkuti bawaan napsunya saja.

Selalu memiliki sifat Syuhbat (selalu meragukan dengan perkara-perkara yang baik) sudah barang tentu rasa kecewa dan rugi yang selalu didapatkan, maka dari itu, melalui ulasan disini bahwasanya ada terdapat tiga perbuatan yang bisa menghantarkan kita ke surganya Allah, atau sebaliknya menjadi sebagai salah satu penghuni neraka, baca baik-baik dari ketiga perbuatan, meliputi :

#Selalu mengadi terhadap kedua orang tua
Perbuatan yang pertama yang insya Allah bisa membawa kita kesurga, yaitu bagi seseorang yang selalu berbakti kepada kedua orang tua, khususnya terhadap ibu yang melahirkan kita. Bahwasanya ada sebuah kalimat yang mengatakan, surga ada ditelapak kaki ibu dan murkanya ibu adalah murkanya Allah.

Maka wajib untuk menghormati orang tua, lebih-lebih terhadap ibu, bersyukurlah orang-orang yang masih diberi kesempatan menjalani kehidupan beserta kedua orang tua, maka sudah sepantasnya lah agar selalu mengabdi terhadap kedua orang tua terlebih untuk ibu, tidak akan mendapatkan keridhaanNya sebelum Ibu meridoinya.

Selalulah berbakti terhadap kedua orang tua, dapatkanlah surganya Allah dengan selalu hormat terhadap Ibu dan Bapak, karena jika ibu telah tiada, maka hilanglah sudah keberkahan yang akan kita dapat. Disamping itu juga, masih banyak keutamaan-keutamaan yang bisa kita dapat dengan selalu mengasihi kedua orang tua, salah satunya yaitu :
- Dimudahkan Rijqinya
- Panjang umurnya
- Jauh dari segala kesulitan
- Senantiasa mendapatkan Ridha Allah Swt
- Bahwasanya surga selalu menanti kedatangan orang-orang seperti itu, karena dengan demikian merupakan suatu amalan yang terbaik jika dibandingkan melaksanakan Shalat
#Brshalawat terhadap Nabi Muhammad SAW
Dengan selalu bershalawat terhadap junjungan Nabi kita Muhammad Saw, Insya Allah dapat membawa kita untuk menempati surganya Allah, atau bahkan bisa membawa kita keneraka. Maka jika ada orang yang selalu menyebut-nyebut nama Rasululloh, bergegaslah untuk bershalawat. 

Disamping itu juga dengan membanyakan shalawat terhadap Nabi Muhammad Saw, lebih-lebih pada hari jumat, tapi jika kita bermalas-malasan melakukannya, bersiap-siaplah bahwasanya kita salah satu penghuni nerakanya Allah yang paling kekal.

Ada banyak hal yang utama yang bisa kita dapat melalui bershalawat, yaitu :
  • Selalu dihijabah doa-doanya 
  • Mendapatkan pahala yang tak terhingga 
  • Akan diangkat derajatnya 
  • Disurga akan berkumpul dengan Rasululloh Saw 
  • Mendapatkan safaat dari Nabi Muhammad Saw 
Maka sangat rugilah bagi seseorang yang malas melakukan munajat terhadap Rasululloh Saw, karena memang pada dasarnya makhluk yang paling merugi ialah manusia.

#Mensyukuri datangnya bulan Ramadhan dengan ikhlas
Syurga akan serasa didepan mata kita, jika kita bisa menerima dengan ikhlas sekaligus istiqomah didalam menjalankan serta melaksanakan kewajiban dibulan ramadhan, dimana bulan tersebut merupakan bulan yang berlimpah ampunan untuk semua umat muslim.

Perkara yang baik pada saat dilakukannya dibulan Ramadhan akan senantiasa mendapatkan keberkahan yang digandakan, lebih-lebih jika menjalankan ibadah puasanya sesuai aturan, kemudian disaat satu syawal, kita bisa terbebas dari segala dosa-dosa, ibarat bayi yang baru lahir. Subhanallah…

Tetapi jika kita tidak bisa melaksanakan dengan baik dibulan penuh ampunan ini, sudah barang tentu, dosa-dosa yang telah kita perbuat akan semakin berangsur bertambah dan salah satu jaminan kita menuju neraka. Wajib hukumnya melaksanakan puasa dibulan penuh ampunan (Ramadhan), sebab selain itu ada terdapat keutamaan didalam melaksanakan puasa dibulan ramadhan, yang meliputi :
  • Bulan diturunkannya Al-quran 
  • Pahala akan dilipat gandakan disetiap amal baik yang dilakukannya 
  • Dibukanya pintu surge dan ditutupnya pintu neraka 
  • Ada malam lailatul qadar, dimana malam tersebut adalah malam turunnya Al-quran sekaligus mengenai semua perkara yang baik-baik, dan berlimpah berkah. 
Kiranya hanya sedikit ulasan mengenai perbuatan yang bisa membawa manusia ke surga atau masuk neraka ini, semoga sobat semua salah satu sebagai penghuni surganya Allah. Jika ulasan disini agak serasa kurang sempurna saya mohon maaf, semoga bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »