Astaghfirullah hal adzim-ucapan yang sering terlupakan manusia

Ucapan yang sering dilupakan - Kalimat seperti inilah yang seringkali terlupakan kebanyakan manusia, sesungguhnya jika manusia mau mengkaji, apa sesungguhnya kaidah dan makna dari kalimat  Astaghfirullah hal adzim ini?
ucapan yang sering terlupakan manusia
Istghfar

Tentunya banyak sekali arti dan makna dari sebuah kalimat yang sering kita anggap remeh ini, namun bukan berarti hanya dengan menyebutnya saja, tapi juga harus ditunjang dengan melaksanakan ibadah Shalat. Tidak sedikit juga seseorang yang selalu menyebutkan kalimat seperti apa yang saya bahas, akan tetapi jika hanya dalam keadaan terkejut saja, dan mudah-mudahan sobat semua tidak tergolong manusia yang seperti itu.

Keistimewaan yang paling utama dalam menyebutkan kalimat Astaghfirullah hal adzim ini, yaitu memohon segala ampunan dosa, sebab tidak menutup kemungkinan bahwasanya manusialah yang paling banyak disinggahi syton, sehingga tidak sedikit manusia yang terjerumus akibat laknatnya sayton.

Keistimewaan yang lain dari ber istighfar

  • Sebagaimana yang telah diriwayatkan Hr. Bukhori. Bahwasanya Nabi Saw telah bersabda : " istighfar yang paling utama adalah pada saat kalian membacakan" : Allahumma anta robbi, laa haillaa anta.., dengan istighfar menandakan seseorang memohon ampunan atas dosa-dosanya yang pernah dilakukan, secara sengaja atau pun tidak, kita ketahui ataupun tidak.
  • Bahwa Allah pun telah memerintahkan kepada semua manusia untuk selalu mengucapkan Istighfar oleh sebab dari akibat perbuatan dosa. Menyebut kalimat istighfar cukup hanya dengan mengeluarkan lafadz "Astaghfirullah hal adzim, yang berarti "aku memohon ampunan terhadap Allah Swt".
  • Akan tetapi harus sesuai dengan hadits Nabi Saw, kalimat Istighfar yang paling utama ialah Syaidul istighfar, serta keistimewaan istighfar selain dari sebuah doa memohon ampunan dosa sebagaimana yang sudah diriwayatkan Hr Bukhori yaitu : " jika istighfar seperti ini (syaidul istighfar), bahwasanya ia salah satu dari penghuni surga-Nya, dan jika ia membacanya pada saat pagi kemudian ia meninggal pada saat itu, begitu juga ".
  • Seseorang yang senantiasa menyebut istighfar penuh dengan tawadhu, maka surgalah sebagai jaminannya kelak, sebab istighfar tanpa didorong dengan rasa tawadhu, semuanya akan sia-sia belaka, selain dari keutamaan memohon ampunan dosa, adapun keutamaan-keutamaan serta manfaat lainnya dari ber istighfar, diantaranya :
- Keutamaan dan  manfaat Istighfar
Istighfar ialah suatu tanda ketaatan seseorang kepada Allah Swt, bahwa suatu hamba yang taat adalah hamba yang senantiasa memohon ampunan kepada Allah, pasalnya dari sekian banyaknya perintah dan anjuran didalam Al quran sendiri, ialah paling banyak memerintahkan terhadap para hamba-hamba-Nya agar selalu ber istighfar.

- Istighfar adalah awal mula diampunkannya dosa-dosa
Istighfar ialah sebab terampunkannya suatu dosa, penyebab datangnya hujan, mendapatkan suatu harta, anak dan juga menjadikan manusia bisa menjadi penghuni surga. Bahwa Nabi Nuh telah melakukan dakwahnya didepan para kaumnya dan sebagaimana dari firman Allah, yang artinya :
"lalu aku sampaikan ke hadapan mereka, memohonlah ampun terhadap rabbmu, karena sesungguhnya Dia maha pengampun, Dia akan senantiasa menurunkan hujan terhadapmu dengan begitu lebatnya. Begitu juga akan memberimu harta yang banyak, anak-anakmu sekaligus memberikan kebun, sungai" (Q.s Nuh. 10-12)
- Istighfar mampu menambah kekuatan
Jika seseorang yang senantiasa ber istighfar namun tak juga datang kekuatan dalam dirinya, sesungguhnya manusia itu kurannya Mujahaddah (kesungguhan yang datangnya dari hati), bahwasanya Allah telah berfirman dan begitu juga dengan Hud telah mengatakan :
"wahai semua kaumku, memohonlah ampunan terhadap Allah, kemudian bertaubatlah terhadap-Nya, maka niscaya Dia senantiasa akan mendatangkan hujan deras, serta akan memberikan kekuatan terhadap kekuatanmu, maka janganlah engkau memalingkan dirimu dari segala perbuatan dosa" (Q.s Hud. 52)
- Istighfar menyebabkan memperoleh kebahgiaan
Istighfar merupakan sebab-sebab mendapatkan suatu kesenangan dan juga kebahgiaan, sekaligus menjadikannya masing-masing orang untuk mempunyai keutamaan, bahwa Allah Swt telah berfirman, yang artinya :
"Bergegaslah kamu memohon ampunan terhadap-Nya, serta taubatlah terhadap-Nya, maka apabila kamu melakukan hal demikian, niscaya Allah akan senantiasa memberikan kenikmatan secara terus menerus, begitu juga kebahgiaan akan kamu dapatkan pada saat waktu yang telah ditetapkan. Allah akan memberi kepada setiap orang yang memiliki keutamaan, balasan-keutamaannya" (Q.s. Hud. 3)
- Istighfar mampu menghindarkan azab Allah
Bahwasanya Allah tidak akan pernah memberikan azab terhadap hamba-hambanya yang selalu istighfar, bahwa Allah telah berfirman, yang artinya :
"Dan tidak pula Allah akan mengazab diantara mereka, sedangkan mereka selalu memohon ampunan-Nya" (Q.s. Al Anfal . 33)
- Istighfar penyebab turunnya rahmat Allah
Dengan ber istghfar makan Allah akan menurunkan rahmatnya, sebagaimana apa yang telah difirmankan Allah Swt, yang artinya :
"Cepatlah kamu memohon ampunan kepada Allah Swt, dan niscaya Allah akan memberikan rahmat-Nya terhadapmu" (Q.s An naml. 46)
Selain dari keutamaan diatas, istighfar merupakan salah satu kaffarat atau sebagai penebus dosa-dosa yang pernah dilakukan oleh suatu majlis, disamping itu istighfar ialah salah satu sunnah nabi, bahwasanya barang siapa yang melakukannya maka ia sudah mengikuti suri tauladan junjungan Nabi kita Muhammad. Pasalnya ia selalu beristughfar didalam majlis sebanyak 70 x.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai  Astaghfirullah hal adzim ini, bahwa hanya sedikit kalimat ini sering kali terlupakan oleh banyak manusia, mudah-mudahan bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »