Cara melakukan perawatan rutin terhadap komputer sendiri

perawatan rutin terhadap komputer sendiri
perawatan komputer
Cara melakukan perawatan komputer - Seringkali pengoprasian komputer kita menjadi lambat atau lemot. Padahal dari semua speck yang kita miliki dalam komputer kita semuanya saling suport dan mendukung satu sama lainnya, namun masih saja komputer berjalan sangat pelan tidak seperti biasanya. Speck komputer yang kita miliki mungkin sudah melebihi kapasitas intel pentium, katakan saja komputer kita Dual Core, Core 2 Duo, atau malah lebih, namun tanpa perawatan yang baik, mustahil dengan kecanggihan atau kekuatan komputer tersebut bisa sangat cepat pengoprasiannya tanpa ditunjang dengan langkah perawatan yang rutin.

Dengan sistem pengoprasian yang sudah mulai melambat, alangkah baiknya kita harus sudah melakukan pembersihan-pembersihan yang mudah-mudah saja, misalnya membersihkan CPU dengan menggunakan blower dan lain-lain. Sudah barang tentu pengoprasian akan menjadi lamban yang disebabkan debu-debu yang menempel melalui semua komponen didalam cpu komputer sendiri.

Baiklah sobat semua yang baik hati, pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi tips, langkah-langkah apakah didalam merawat komputer kita agar selalu berjalan normal, tanpa ada gangguan sedikitpun. Pekerjaan-pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan dengan bantuan dari komputer, maka komputer bukan hanya untuk dipergunakan seenaknya saja, disamping itu kita harus melakukan perawatan rutin terhadap komputer kita agar supaya kinerja serta pengoprasian komputer akan tetap berjalan normal dan maksimal.
Baca juga : Cara yang tepat mengatasi jalannya komputer lemot
Langkah pertama bagaimana perawatan komputer secara rutin, pada umumnya dari yang mudah dan gampang terlebih dahulu, yaitu meliputi :

#Membersihkan mainboard dari debu-debu dengan rutin

perawatan rutin terhadap komputer sendiri

Lambatnya pengoprasian sistem didalam komputer kita, umumnya sebab dari banyaknya debu yang seringkali kita lupakan. Minimal kita bisa melakukannya sebanyak empat sampai lima bulan sekali membersihkan mainborad dengan menggunakan compresor kecil, atau blower.



Ada bagian-bagian tertentu yang harus kita semprot dengan blower, diantaranya ; mainboard, cd/dvd room, kipas pendingan prosesor, kipas pendingin VGA dan lain-lain. Selain itu pasanglah kipas ventilasi agar suhu panas yang dihasilkan semua komponen bisa keluar (bagi yang selalu menutup bagian sebelah casing, kala saya tidak pernah saya tutup casing sebelahnya jadi saya tidak menggunakan kipas ventilasi bantuan).

#Bersihkan tempat sampah (Recycle Bin) setiap hari

perawatan rutin terhadap komputer sendiri
Recycle Bin
Biasanya file-file yang hanya dihapus setelah kita melakukan banyak tugas atau mencopy data-data orang lain, maka secara otomatis data tersebut tidak akan langsung terhapus dan akan singgah terlebih dahulu di recyle bin. Aplikasi recyle bin merupakansalah satu aplikasi yang banyak mengambil ruang akapsitas hardisk yang bisa mengakibatkan pengoprasian komputer menjadi lemot, dan cara membuang sampahnya cukup klik kanan mouse, pilih >> empety recyle bin, maka data ataupun file yang masuk akan hilang. 

Perlu kalian ketahui juga, bahwa data yang sudah terhapus didalam recyle bin, bukan berarti raib hilang dan tidak dapat kembali lagi, sebetulnya ada sebuah sistem dimana sistem tersebut akan menyimpan semua data atau file yang terhapus melalui recyle bin. 

#Bersihkan memori komputer

Memori yang tidak pernah dibersihkan bisa menjadi penyebab jalannya pengoprasian komputer menjadi sangat berat, walau memori didalam komputer hanya berguna sebagai disc tambahan, tidak ada salahnya juga untuk selalu dibersihkan dua sampai tiga bulan sekali.

perawatan rutin terhadap komputer sendiri
memori komputer
Cara membersihkan memori komputer sangatlah mudah, caranya cukup dilepaskan terlebih dahulu dari soket didalam CPU, untuk membersihkannya anda bisa dengan mempergunakan penghapus daqn gosok tepat seperti tanda merah, gosok beberapa balikan memori dengan penghapus. Dengan melakukan perawatan seperti ini setidaknya bisa mengatasi jalannya komputer.

#Memperbaharui atau update antivirus secara rutin

perawatan rutin terhadap komputer sendiri
smadav antivirus
Komputer harus selalu mengenali jenis virus-virus terbaru, maka agar bisa mengatasinya alangkah baiknya untuk selalu meng update antivirus yang sudah terpasang dikomputer. 

Maka dengan antivirus apdetan terbaru segala jenis virus akan mudah diatasi, saya sarankan gunakanlah anti virus smadav, selain banyak fiturnya dan sangat mudah dioprasikannya.

#Memasang kabel ground dicasing cpu anda
Tanpa kita sadari casing komputer bisa mengeluarkan setrum jika tersentuh, perlu kalian ketahui bahwa strum yang masuk bisa menyebabkan semua komponen akan rusak dengan waktu yang cukup lama dan tidak menutup kemungkinan bahwasanya pengoprasian komputer manjadi lemot, 

caranya ; 
carilah kabel dengan panjang disesuaikan, tempelkan kabel melalui casing, sedangkan kabel sebelahnya lagi bisa anda tanamkan didalam tanah. Anda bisa membuat kabel groundnya sendiri.

Dengan melakukan hal seperti ini, tentunya aliran strum akan menjadi netral, dan casing yang tadinya mengeluarkan sengatan setrum akan tidak ada lagi, semua bisa berdampak baik terhadap semua komponen didalam cpu sekaligus menjaga semuanya bisa bertahan lama dan awet.

#Kunci sistem komputer
perawatan rutin terhadap komputer sendiri


Dengan mengunci semua sistem, maka semua virus yang masuk kedalam komputer akan hilang jika komputer direstart kembali, sebab dengan mengunci sistemnya, virus yang masuk hanya akan singgah melalui data-data atau disc yang tidak terkunci. Saya sarankan anda menggunakan Deep freeze.

Anda bisa mendapatkan aplikasi deep freeze diinternet-internet dengan mudah. Makan dengan mengunci komputer atau sistem dengan tujuan untuk menghindari serangan virus yang masuk kedalam komputer melalui flashdisc atau lainnya. Setelah komputer kita reseter, maka keadaan komputer akan kembali normal seperti semua, yang diakibatkan serangan virus tersebut.

Kiranya hanya sedikit ulasan yang saya berikan , yaitu mengenai cara melakukan perawatan rutin terhadap komputer sendiri ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua pengguna komputer.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »