Pengertian Tentang Maksiat Dari Badan

Pengertian Tentang Maksiat Dari Badan
Pengertian maksiat - Ulasan yang akan saya bahas ini, merupakan sebuah berita baku "jika istilah anak-anak muda jaman sekarang ini", tp enggak ppalah, itu cuma masalah persepsi saja tentunya arti dan makna yang sebetulnya mereka tau, Insyaallah.


Didalam islam banyak sekali peraturan-peraturan mengenai perbuatan yang harus dan wajib kita hindarkan, dan tentunya jika dijalankan dengan Ikhlas, semuanya akan terasa menenangkan hati dan fikiran. Seperti yang akan saya kupas disini yaitu mengenai topik Islami yang mengajarkan mengenai pengertian maksiat yang dilakukan manusia dari badan.

Perlu kita pelajari semua, bagaimana pentingnya mengetahui pengertian-pengertian tentang maksiat yang keluar dari anggota badan kita. Bahwasanya kemaksiatan bisa menggilas umur kita semua hanya dalam sekejap mata. Maksiat merupakan sebuah larangan yang wajib kita hindari didalam ajaran Agama Islam, maka alangkah baiknya saya ingatkan, selagi kita masih diberi oksigen gratis, selama kaki masih berpijak dibumi hendaklah selalu menjauh dari apa yang namanya maksiat, sebab dari semua tingkah dan perbuatan kita mungkin dimata Allah kita sudah melakukannya.

Pengertian maksiat dalam Islam, mungkin agak sedikit berbeda dengan kemaksiatan yang saya tuliskan diatas, dan bagaimana memaknai tentang pengertian maksiat didalam Islam sendiri?, ayo kita simak bersama-sama ulasannya dibawah ini.

Tentang maksiat badan

Ada beberapa maksiat badan adalah, menyakiti kedua orang tua kita, dan juga seseorang yang lari dari medan pertempuran, sebagai mana melalui sabda Nabi, yang artinya :
"Disetiap dosa, siksaannya akan ditangguhkan Allah sampai pada hari kiamat tiba sesuai dengan apa yang menjadi kehendak-Nya, terkecuali jika menyakiti kedua orang tua, maka siksaannyapun akan dipercepat pada saat dia masih hidup didunia, "riwayat Hakim"
Seseorang yang memutuskan tali kekeluargaan dan silaturahmi, menjolimi tetangga, dengan jarak ukuran antar tetanga yang mencapai  40 rumah dari setiap penjuru, walaupun orang tersebut kafir namun masih dilindungi negara, serta orang yang melakukan penyemiran rambut agar menjadi lebih hitam.

Adapun seorang laki-laki yang menyerupai perempuan, begitu juga sebaliknya, serta dengan menggunakan pakaian-pakaian, begitu juga akhlak yang gerak-geriknya mampu menonojolkan kesamaran, adapun beberapa jenis kemaksiatan lainnya seperti :

  • Memanjangkan pakaiannya, celana dan juga kain yang menyentuh ketanah (kesombongan)
  • Menggunakan Inai atau pacar dibagian kedua tangannya dan kakinya tanpa ada niat suatu kebutuhan, misalkan berobat atau lainnya.

Jika sobat semua belum tau apa yang namanya inai atau pacar, pacar itu sejenis tanaman yang bisa dipergunakan sebagai pewarna pada kuku yang banyak dijumpai disekeliling pelatran rumah, seperti gambar dibawah inilah bentuk dan juga hasil pewarna untuk kukunya :

Pengertian Tentang Maksiat Dari Badan

Seseorang yang membatalkan ibadah fardhu tanpa udzur syar'i dan juga ibadah haji atau umrah sunat, dan juga meniru suara atau perbuatan orang-orang mukmin dengan niat mengolok-olokkannya, dan juga selalu memperhatikan aib orang lain atau kesalahan manusia pada umumnya.

Membuat tatoo pada bagian anggota badan, serta memusuhi orang muslim melebihi waktu dari 3 hari, terkecuali dalam keadaan udzur syar'i "berhalangan" ( misalkan seseorang yang dimusuhinya seseorang yang memang fasik) yang selalu duduk-duduk bersama orang-orang bid ah dan fasik sebagai pecandu alkoholserta meninggalkan kewajiban dan sebagainya) dengan tujuan menghibur dirinya sendiri.

Seseorang yang mengenakan perhiasan, diantaranya seperti kalung, gelang emas dan perak bagi kaum laki-laki, sutera dan juga suatu perhiasan yang banyak terbuat dari sutera, bagi seorang laki-laki yeng sudah baliq, terkecuali menggunakan cincin perak. Hal seperti ini selain telah melakukan maksiat, didalam Islam pun jika seorang laki-laki mengenakan perhiasan yang terbuat dari emas diharamkan terkecuali cincin perak saja.

Memusuhi waliyullah, menolong kemaksiatan, membelanjakan uang palsu dan mempergunakan peralatan rumah tangga dari emas atau perak dan menyimpannya. Meninggalkan pekerjaan-pekerjaan fardhu atau dengan cara mengerjakannya dengan meninggalkan salah satu rukun-rukunnya, persyaratannya atau juga mengerjakannya namun membatalkannya.

Meninggalkan kewajiban ibadah
Maksiat yang diperbuat manusia bukan meliputi kemaksiatan antara perpaduan badan saja, namun jenis kemaksiatan yang memang didalam Islam ialah seperti seseorang yang lari dari tanggung jawah ibadahnya, contohnya seperti :
"seseorang yang meninggalkan shalat jumat dan juga kewajiban-kewajiban jumatnya, walau ia sendiri mengerjakan shalat dzuhur, dan juga penduduk kampung yang pergi meninggalkan shalat berjamaah melalui shalat fardhu"
"Seseorang yang mengakhiri shalat fardhu dari waktunya tanpa adanya suatu halangan, melemparkan binatang dengan benda-benda berat yang menyebabkan kematian, serta binatang yang salah satu sasarannya, misalkan dalam keadaan berlatih menembak" 

Bentuk-bentuk kemaksiatan badan 
Bentuk kemaksiatan dalam Islam banyak sekali macamnya, sudah barang tentu seseorang yang melakukan maksiat dengan berduaan dengan selain pasangan mahramnya, ada banyak diantaranya jenis-jenis bentu maksiat badan meliputi :

  • Seorang wanita janda yang tidak menetap dirumahnya sendiri tanpa suatu udzur, dan jika memang dalam keadaan udzur misalnya dalam keadaan : berobat, menyelamatkan diri dari suatu kecelakaan, dengan begitu diperbolehkan. Serta seorang wanita yang ditinggal mati suaminya oleh sebab suaminya tidak dalam keadaan berkabung selama Iddah (seorang wanita yang menunggu diceraikan suminya, baik dalam keadaan hidup atau mati)
  • Menajisi Masjid dan mengotori walaupun dengan suatu benda yang sangat suci, dan juga seseorang yang melupakan ibadah pergi haji sedangkan ia salah seorang yang mampu melaksanakannya
  • Meminjamkan sesuatu terhadap seseorang yang jelas-jelas tidak mampu membayarnya, sedangkan orang yang meminjamkannya tidak pernah mengetahui keadaannya, misalnya terhadap orang yang fakir meminjam dengan barang yang begitu banyak.
  • Tidak memberikan tempo terhadap orang yang miskin yang berhutang terhadapnya 
  • Mempergunakan harta demi kemaksiatan
  • Menghina mashaf Quran serta buku-buku yang berisikan tentang ilmu syara

Baca ulasan lengkapnya mengenai pengertian maksiat dari badan, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »