Safa'at dari Nabi Muhammad SAW yang diberikan kepada para umatnya

Safa'at Nabi Muhammad SAW  - Untuk sekarang ini bahwasanya seorang anak laki-lakilah yang nantinya akan memberikan safaat terhadap kedua orang tuanya kelak, jika anak itu benar menjadi seorang yang sholeh.

Safa'at dari Nabi Muhammad SAW

Maka wajib hukumnya memberikan ilmu  terhadap seorang anak laki-laki untuk bisa menjadi seseorang yang baik dan sholeh, sebab anak laki-laki disetiap doanya akan langsung sampaikan oleh Allah Swt terhadap kedua orang tuanya, jika dibandingkan dengan seorang anak perempuan.

Begitu juga dengan safaat dan juga pertolongan nanti akan diberikan langsung oleh Nabi Muhammad pada hari kiamat untuk menyelamatkan semua umatnya dari panasnya api neraka. Telah dikisahkan sebelum para nabi atau shiddiqin memberikan safaat, kemudian Rasulluloh merupakan orang yang pertama kalinya yang akan memberi safaat terhadap semua umatnya.

#Mencari safaat yang datang pada hari kiamat
Dihari kiamat nanti, pada saat semua manusia terkumpul disuatu tempat yang dinamakan "padang makhsyar", matahari akan didekatkan, dan pada saat itu manusia akan mendapati sebuah kesulitan, kesengsaraan yang sangat pedih rasanya. Maka diantara mereka saling berusaha untuk mendapatkan orang yang dapat menjadi perantara guna memohon ampunan Tuhan, sekaligus mengurangi kesulitannya.
Lalu mereka datang berbondong menuju tempat Nabi Adam, sebab Nabi Adam adalah bapaknya para umat manusia, sehingga diantara mereka ada yang mengganutungkan nasibnya kepada Nabi Adam guna memberikan safaatnya, lalu agar menmgajukan kepada Allah supaya hisab mereka berjalan cepat, akan tetapi Nabi Adam menyruhnya untuk datang ke Nabi Nuh.

Akhirnya mereka bergegas menuju tempat Nabui Nuh a.s untuk memohon yang sama pula. Tapi Nabi Nuh menjawab sama seperti Nabi Adam, kemudian Nabi Nuh memberikan saran untuk mendatangi Nabi Ibrahim a.s. Dari kesemuanya itu diantara mereka yang meminta permohonan, selalu ditolaknya, maka Nabi Ibrahim a.s menyarankan untuk datang menemui Nabi Musa a.s.

Mereka pun menuruti apa kata dari Nabi Ibrahim, yaitu untuk mendatangi tempat Nabi Musa a.s, akan tetapi setiap nabi yang mereka datangi selalu mendapatkan jawaban yang sama juga, dari semua nabi yang didatangi selalu mengatakan bahwasanya mereka tidak bisa memberikan safaat kepada mereka. Lalu Nabi musa memerintahkan untuk datang ke Nabi Isa a.s.

#Safaat dari Nabi Muhammad SAW untuk umatnya
Jawaban yang diterima dari Nabi Isa a.s pun sama seperti dari jawaban nabi lainnya, maka Nabi Isa a.s mengusulkan untuk datang ketemnpat Nabi Muhammad Saw yang dimana beliau merupakan kekasih Allah. Kemudian secepatnya mereka menuju tempat Nabi Muhammad, dengan memohon seraya berkata :
"Wahai Muhammad, engkau merupakan utusan Allah, penutup dari semua para Nabi dan Allah sudah mengampuni dosamu yang lalu ataupun yang akan datanng, maka memohonlah safaat buat kami terhadap Tuhanmu (Tuhan kita) dan bukankah engkau telah memandang, bahwasanya kami tidak sepantasnya dalah hal seperti itu"
Kemudian Rasulluloh SAW bersabda :
"lalu aku pergi menuju arasy, dibawah arasy kemudian aku sujud kepada Tuhanku dan Allah membukakan diri terhadapku, yang belum pernah dibuka kepada satu orangpun sebelum aku, dan Allah berfirman :
"Wahai Muhammad, tegakanlah dan angkat kepalamu, memohonlah!, lalu permintaanmu akan dikabulkan, berilah syafaat dan kamu sudah diberikan safaat"" Kemudian aku mengangkat kepalaku dan mengatakan : "umatku..umatku..wahai Tuhanku" 
Kemudian Allah berfirman :
 "Wahai Muhammad, ijinkanlah masuk semua umatmu yang tidak dihisab lagi dari mereka melewati pintu sebelah kanan, dari beberapa pintu surga dalam keadaan bergerombol, sedangkan selain dari mereka dapat memasuki melalui dari beberapa pintu surga yang lain"
Demikianlah sedikit ulasan tentang safaat Nabi Muhammad untuk para umatnya ini, mudah-mudahan kita semua termasuk yang dari golongan manusia yang mendapatkan safaat dari beliau.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »