Tradisi permainan adu panggal yang kian terlupakan

Permainan panggal yang kian terlupakan - Seiring perkembangan jaman yang kian mengikis habis tradisi permainan yang terdapat debelahan tanah jawa ini, rupanya mampu menggeser apa yang sudah menjadi kebudayan daerah setempat.
Tradisi permainan adu panggal
panggal permainan khas indonesia

Khususnya didaerah jawa bagian barat, sebut saja cilacap jawa tengah. Mungkin untuk saat ini permainan adu panggal mulai terlupakan oleh sebab perkembangan yang begitu pesat, tidak sedikit anak-anak yang sudah terjun ke permainan melalui android atau bahkan merambah kedunia internet.

Permainan tradisional ini, sebut saja panggal atau gangsing kemungkinan belum banyak diketahui masyarakat dizaman sekarang ini, sebetulnya tradisi permainan ini sangat dipercaya bahwasanya ini merupakan sebuah tradisi budaya turun temurun, walau sejarahnya sendiri belum diketahui pasti dari mana awal mulanya ada permainan adu panggal, yang dimana permainan ini sudah hampir punah dan kebanyakan anak sudah beralih permainan melalui internet atau android.

Sudah seyogyanya kita patut berbangga hati dengan adanya sebuah tradisi permainan yang sangat tradisional ini, kenapa?, sebab panggal atau gangsing ini yang dimana menurut keterangan para sumber, yaitu sebuah permainan asli dari asia, misalnya indonesia, malaysia dan negara asia yang lainnya.


Ajang permainan adu panggal
Tradisi permainan adu panggal
ajang adu panggalan
Pada saat dijaman saya kecil, permainan adu panggal seringkali diadakan sebagai salah satu hiburan tersendiri. Ingat betul beberapa istilah didalam permainan adu panggal disaat kontes berjalan, adapun beberapa istilah didalamnya, yaitu seperti :
  • Menjadi Raja
  • Patih
  • Kurik.
Awal mula permainan yang nantinya akan dimainkan, caranya cukup mengesankan, jadi seumpamanya ada 10 orang anak salah satu sudah memegang panggal masing-masing, kemudian dengan aba-aba dari setiap anak mulai bersamaan memutar panggalnya hingga siapa yang terlebih dahulu panggal tersebut tidak berputar, dialah yang menjadi sebagai kurik. begitu juga sebaliknya, panggal siapa yang lebih lama berputar, maka dialah yang menjadi rajanya.

Cara permainan adu panggal
  • Seperti yang saya katakan tadi, bahwa letak keunikan permainan adu panggal ada pada saat kurik memutarkan panggalnya, kemudian panggal sang kurik akan dibanting dengan panggal diatas kurik, begitulah setersunya secara estapet memainkan adu panggal ini. Mari kita saksikan bersama-sama tayangan video yang saya unggah dari youtube, betapa asiknya permainan adu panggal ini : 

Betapa terlihat kekompakan dan kebersamaan dari seorang anak yang memainkan permainan adu panggal ini, video ini tayang dari mulai tahun 2014, tapi apa mungkin sampai tahun 2016 ini masih banyak kalangan anak-anak khususnya diindonesia yang dengan kompaknya mengadakan permainan adu panggal ini.

Permainan adu panggal bagi orang jaman dahulu
Pada saat dahulu kala, ada beberapa kalangan masyarakat Melayu memainkan permainan adu panggal dijadikan sebagai salah satu sarana untuk meramalkan sesuatu atau sebagai itungan baiknya didalam menanam tanaman. Melalui upcara adat panggal dipergunakan untuk memfasilitasi peramalan dari berbagai macam hal, sama halnya seperti mitos yang keluar dari suara tokek, dimana suara tokek berhenti, maka "iya atau tidak" bakal terjadi sesuatu.

Begitu juga meramal dengan fasilitas menggunakan sebuah panggal, yang dimana setiap berputarnya panggal akan berhenti, maka disitu dijadikannya sebagai salah satu patokan yang menghasilkan suatu ramalan. Akan tetapi ada juga yang memanfaatkan panggal sebagai media paguyuban antar warga untuk selalu bersosialisasi, mereka melakukannya pada saat-saat senggang guna menjalin hubungan antar warga setempat.

Permainan adu panggal ini, bukan semata-mata bagian khusus untuk kalangan anak saja, namun pada jaman dahulu kalangan orang tuapun ikut serta dalam meramaikan permainan adu panggal ini.

Jadi jika sampai tradisi seperti permainan adu panggal ini sudah betul-betul terlupakan oleh semua kalangan orang-orang asia, khususnya di indonesia ini, selanjutnya permainan tradisional apa lagi yang mampu menjalin kekompakan, persaudaraan sekaligus mengenalkan tradisi budaya orang timur kepada anak dan cucu kita kelak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »