Mengupas cerita mistis jaelangkung datang tak dijemput-pulang takdiantar

Mistis pemanggilan jaelangkung memang sebuah cerita menyeramkan tapi membuat penasaran, saya yakin kalian semua sudah sering mendengar tentang mitosnya jaelangkung yang berslogan "datang tak dijemput dan pulang tak diantar, itulah kata-kata yang keluar dari orang yang memanggil makhluk gaib memalui ritual jaelangkung tersebut.
Mengupas cerita mistis
Mengupas cerita mistis jaelangkung

Ritual pemanggilan arwah atau makhluk halus, biasanya dilakukan oleh beberapa orang dan tidak boleh melebihi dari 5 orang, dari beberapa orang dan salah satunya ada yang khusus memegang dari boneka jaelangkungnya, ada yang khusus memanggil arwah.

Ritual tersebut tidak cukup hanya dengan menggunakan patung, maupun boneka sebagai alat interaksi pemanggilan makhluk halus tersebut. Ada pula beberapa syarat yang harus disediakan, yaitu dilakukannnya pada tengah malam, ritual harus diruangan khusus, dan membakar kemenyan cina yaitu hio.

Alat yang digunakan sebagai interaksi pemanggilan jaelangkung sangatlah sederhana, pada umumnya mulai dari kepala yang terbuat dari batok kelapa yang diikatkan kesebuah kayu berbentuk silang, kemudian bagian wajah dikenakan sedikit menyerupai wajah, dan apa kira-kira disaat orang yang melakukan ritual jaelangkung dengan kompak memanggil dengan kalimat " jaelangkung-jaelangse, datanglah..datang tak dijemput-pulang tak diantar" mereka lakukan berulang-ulang sampai boneka jaelangkung tersebut menjadi terasa sangat berat dan selalu bergoyang-goyang.

Apabila ritual jaelangkung tersebut berhasil, biasanya orang-orang yang berada ditempat itu selalu menyediakan alat sederhana, yaitu pensil, dimana nantinya pensil tersebut digunakan atau diikatkan ketangan boneka jaelangkung, ada orang yang menanyakan ' kamu dari mana, ada juga seseorang yang sengaja meminta nomor togel'.


Maka boneka akan menjawabnya dengan menggerakan tangnnya yang dipegang oleh salah satu dari sipemanggil ritual, dan memang kenytaannya bukan semata-mata tangan seseorang yang bergerak justru tangan dari sipemegang boneka jaelangkunglah yang terbawa oleh gerakan boneka yang sudah dimasuki makhluk ghaibnya.

Jaelangkung ini sebetulnya diambil dari kata-kata "jail" yang berarti suka mengusik, sedangkan "langkung", merupakan bahasa jawa asli yang berarti "numpang lewat", jadi para makhluk halus akan mudah dipanggilnya apabila disaat datangnya bulan purnama.

Bermacam-macam keinginan jaelangkung
Mengupas cerita mistis
Mengupas cerita mistis jaelangkung

Seorang pawang atau sipemanggil arwah, sudah mengetahui apa keinginan dari arwah yang nantinya masuk kedalam boneka tersebut, maka sebelum proses pemanggilan jaelangkungan berlangsung, salah satu dari peserta ritual telah terlebih dahulu menyediakan syarat-syaratnya, diantaranya : bunga mawar, kanthil, minyak wangi dan kemenyan cina, atau yang disebut hio.

Semuanya telah dipersiapkan apabila arwah tersebut menginginkannya, dan apabila kemauannya tidak diturutinya ada juga boneka yang sudah dimasuki arwah menjadi berontak, sehingga tidak banyak seseorang yang melakukan jaelangkung lari terbirit-birit.

Memang melakukan ritual jaelangkung hanya dengan menggunakan sebuah boneka, akan tetapi jika yang memasuki boneka tersebut adalah arwah, serta syarat-syarat yang digunakan semuanya merupakan sesuatu yang sangat erat hubungannya dengan makhluk ghaib.

Boneka jaelangkung jika sudah terisi makhluk ghaib, maka salah satu seorang memberikan sebuah ultimatum terlebih dahulu terhadap boneka, kalimat yang terucap dari sipemnggil terhadap arwah " kamu harus janji, apabila nanti kamu ingin pulang, janganlah minta untuk diantar", setelah boneka menganggukan kepala, barulah para sipemnggil melakukan aksinya, bermacam-macam juga keinginan dari para sipemanggil jaelangkung tersebut.

Seseorang yang berhasil mendatangkan arwah melalui ritual jaelangkung, umumya orang tersebut mengajaknya berinteraksi, entah itu berdiskusi atau yang lainnya, yang nantinya akan dijawab oleh boneka dengan cara menuliskan jawaban melalui buku atau papan putih yang sudah disediakan terlebih dahulu, disitulah uniknya mengadakan ritual jaelangkung, selain dikatakan sebagai ritual, jaelangkung ini bisa dikatakan sebagai permainan yang menegangkan.

Ritual jaelangkung adalah sebuah permainan menegangkan dan sangat klasik, kemungkinan untuk dijaman sekarang ini, ritual pemanggilan jaelangkung sangat jarang dilakukan, naah..jika kalian semua ingin mencoba-coba, pastikan kalian bisa mengatasi makhluk halus, dan dibutuhkan keberanian serta mental yang tinggi, baru kalian semua bisa merasa aman.

Janganlah sekali-kali mengadakan permainan dari jaelangkung ini, karena permainan jaelangkung hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang bisa mengatasi makhluk ghaib, bisa-bisa arwah yang sudah masuk dalam boneka tidak bisa pulang dan sangat membahayakn orang-orang disekitar tempat itu. Kemungkinan juga siarwah akan berpindah haluan untuk memasuki seseorang yang ada ditempat itu, iiih..megerikan juga ya.

Demikianlah sobat semua, sedikit ulasan mengenai cerita yang sangat mistis yaitu jaelangkung, ya datangaya enggak dijemprruut, dan pulangnyapun enggak dijemprrruut, sekian dan terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »