Mitos yang terjadi dengan munculnya fenomena gerhana bulan

Munculnya fenomena gerhana bulan - Tentang munculnya fenomena gerhana bulan seringkali dikait-kaitkan dengan sebuah mistis, masalah benar atau tidaknya itu cuma masalah waktu saja yang bisa menjawabnya.
munculnya fenomena gerhana bulan
Munculnya fenomena gerhana bulan

Sebagai makhluk bumi, ya kita-kita ini semua entah kapan dan hari apa pasti akan mengalami terjadinya gerhana bulan. Jika dilihat dengan mata kepala kita sendiri, fenomena tentang gerhana bulan itu agak sedikit menakutkan, karena dimana seluruh bentuk bulat dari bulan akan tertutup dengan bayangan bumi, yang tersirat dalam benak kita pasti sekan-akan bumi akan kiamat.

Terjadinya gerhana bulan sebetulnya  proses diantara bulan dan matahari dalam satu posisi tepat saling berhadapan, akibatnya sinar dari matahari tidak bisa menjangkau bulan dikarenakan penghambatan dari bumi.

Oleh sebab itulah adanya sebuah fenomena gerhana bulan, bentuk bulan sendiri akan terlihat sangat gelap namun tidaklah berbahaya bagi manusia. Jika menurut islam apabila kita melihat semata-mata terjadi gerhana bulan, sangatlah disunnahkan untuk melaksanakan shalat gerhana maupun shalat khusuf.

Berbeda pandangan jika menurut ilmiah, seringkali terjadinya gerhana bulan pasti ada keterkaitannya dengan sebuah mistis atau mitos, walaupun jaman sudha dibilang jaman modern, namun soal keterkaitan sesuatu pasti selalu dikait-kaitkan denganhal-hal yang mistis, dan mitos yang marak didengar tentang munculnya fenomena gerhana bulan, diantaranya ;


Seekor Naga Murka
munculnya fenomena gerhana bulan
Naga murka
  • Menurut masyarakat cina sangat mempercayai terhadap munculnya fenomena gerhana bulan dikarenakan ada seekor naga angkasa yang sedang marah, sehingga mampu menelan bulan bulat-bulat dan jika menurut bahasa umum dicina disebut sebagai CHIH, yang berarti sedang memangsa.
  • Maka demi menyelamatkan bulan kemudian manusia menciptakan sebuah kekacauan dibumi dengan maksud supaya naga angkasa mengeluarkan kembali bulan dari perutnya caranya dengan memainkan sebuah alat musik perkusi, atau juga membakar sebuah petasan yang sangat besar sehingga mengeluarkan suara yang sangat bising sekali, konon tradisi ini masih berlaku dinegara cina.
RACUNNYA DEWA-DEWA
  • Berbeda lagi jika menurut orang-orang jepang, munculnya gerhana bulan adalah dimana para dewa-dewa sedang menaburkan benih racun hitam diseluruh sudut dunia. Racun dengan warna hitam pekat itu sehingga malam menjadi tertutup gelap total.

Orang-orang jepang dijaman dahulu disaat gerhana bulan tiba mereka langsung menjaga sumur-sumur mereka dengan memberi tutup dengan barang apa saja, dan untuk para laki-laki selalu berjaga-jaga didepan sumur mereka masing-masing dilengkapi senjata berupa samurai sampai gerhana bulan sudah betul-betul berlalu.
Baca juga :  Fakta mitos tentang munculnya fenomena gerhana matahari
SETAN TURUN KE DUNIA
  • Pendapat tentang fenomena gerhana bulan menurut orang prancis, ada salah satu raja dengan nama Raja Louis (entah louis keberapa) meninggal dalam keadaan histeris serta rasa takut yang teramat sangat. Ketakutan yang disebabkan terbangunnya dari tidur dengan tiba-tiba dalam kondisi gelap gulita.
Apalagi disaat ia terbagun serta menatap dari sebuah jendela ia sama sekali tidak melihat adanya sesosok bulan terang, louis sebelumnya meninggal ia sempat berteriak kencang bahwa akan adanya setan yang turun kedunia.

PELAYAN DEWA
munculnya fenomena gerhana bulan
pelayan para dewa
  • Seluruh dunia pasti telah mengetahui colombus, sepak terjangnya yang sangat dikenal sebagai penjaja lautan. Didalam pelayarannya colombus terombang-ambing sampai daratan jamaika disebabkan kapalnya mengalami rusak parah. Selama proses perbaikan kapalnya, anak buah dari colombuspun tidak hanya berfokus kekapal, mereka pun harus mencari perbekalan makanan selama perbaikan kapalnya berlangsung.
  • Proses perbaikan kapal menjadi terhambat, disebabkan anak buah dari colombus perlu mencari makanan selama keberadaannya di jamaika. Saat itu pas bertepatan dengan munculnya fenomena gerhana bulan, dan akhirnya colombus mempergunakan pengetahuannya untuk mengelabuhi para crew kapal agar cepat-cepat mencarikan makanan sebelum para dewa junjungan marah dan bisa menelan bulan bulat-bulat.
Pada awalnya para crew mempercayainya, akan tetapi disaat bulan betul-betul menghilang dari pandangan mata semua crew ketakutan, akhirnya secara bersamaan masyarakat jamaika itu sendiri dengan sukarela membantunya hinga akhirnya colombus pun bisa melangsungkan perjalanan pelayarannya itu.

Raksasa Bathara Kala
munculnya fenomena gerhana bulan
Bathara kala
  • Sesosok raksasa bathara kala sangat dipercaya masyarakat jawa bahwa ia pemangsa anak balita. Disebuah desa disaat gerhana bulan datang, dengan terburu-buru semua para lelaki memberikan kode kentong menginformasikan warga setempat agar selalu berjaga. Bahkan ada petua warga yang menghujamkan senjata keris ajian didepan rumahnya, dan untuk para ibu dan nenek-nenek mereka hilir mudik sibuk menyembunyikan anak balita mereka masing-masing kedalam sebuah gentong.
Mitos seperti diatas ini, hanyalah beberapa saja yang terkait dengan fenomena gerhana bulan, sebetulnya jika mengungkap mitos tentang terjadinya fenomena gerhana bulan ini masih sangatlah banyak untuk diulas. Namun sebuah mitos memang tidak lepas dari sebuah budaya maupun tradisi masing-masing dan sesuatu yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai mitos tentang munculnya fenomena gerhana bulan, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »