Prosesi penguburan mayat paling beda dibandingkan dengan daerah lain

Prosesi penguburan mayat  - Di indonesialah, tempat dimana orang bisa menemukan hal-hal aneh dan unik yang belum pernah dijumpai dimanapun. Seperti halnya mengenai prosesi penguburan mayat paling unik dan aneh yang ada didesa tagelan tepatnya dikabupaten bali.
Di bali ini, ada terdapat adat istiadat paling unik pada saat prosesi mengubur mayat, mungkin yang sebagian orang tau hanya prosesi pembakaran mayat atau yang seringkali disebut ngaben, sama halnya seperti prosesi yang terjadi di india. Selain dari kampung trunyan dibali, ataupun prsesi pembakaran mayat rupanya masih ada lagi keunikan dan keanehan-keanehan yang belum pernah anda lihat bagaimana prosesi penguburan mayat pada umumnya.

Prosesi penguburan jenazah yang terdapat di desa tagelan kabupaten bali ini, sangat menyimpan seribu misteri dan hanya orang sekitar sajalah yang tau pasti. Setiap daerah memang memiliki adat istiadat yang berbeda-beda, karena perbedaan kultur dan juga perbedaan mengenai warisan para leluhur meraka masing-masing daerah. Sebelum saya melangkah ke topik awal, saya akan sedikit juga mengulas prosesi pemakaman mayat dibali tepatnya dikampung trunyan.

Pulau dewata bali ini, selain telah dianugrahi alamnya yang begitu indah, tidak ketinggalan kebudayaan keseniannya yang menawan, serta pantai-pantainya yang terkenal eksotis ini, bahwasanya pulau dewata bali ini dinobatkan sebagai salah satu pulau yang memiliki seribu candi yang banyak sekali menyimpan tradisi paling unik sekaligus menjadikannya sebagai daya tarik bagi para wisatawan manca negara yang datang.

Salah satunya daerah dibali yang sampai saat ini memegang erat tradisi warisan para leluhur yaitu di kampung trunyan, dimana masyarakatnya menggambarkan bali kuno.
beda dibandingkan dengan daerah lain
Penguburan mayat di kampung trunyan (Bali)

#Prosesi unik penguburan mayat di kampung trunyan bali
Selain dari desa tegalan, bahwa adat istiadat dikampung trunyan ini mempunyai cara sendiri dalam hal prosesi penguburan mayat untuk masyarakat setempatnya. Dikampung trunyan ada terdapat tiga macam kuburan yang diperuntukan khusus untuk 3 jenis kematiannya yang berbeda-beda. Adapun beragam perbedaan yang menyebabkan kematian seseorang meliputi :

Pertama: 
  • Jika masyarakat trunyan meninggal dengan cara yang kurang wajar, kemudian mayatnya akan ditutupi dengan kain kafan putih, lalu diletakan diatas tanah tepat dibawah pohon besar, kemudian mengadakan ritual upacara.
Kedua: 
  • Apabila yang meninggal masih kalangan anak-anak, bayi baru lahir, kalangan remaja dan dewasa akan tetapi belum menikah, maka mereka akan ditempatkan di sema muda. Meski demikian semua mayat yang mulaim membusuk semuanya tidak mengeluarkan aroma bau menyengat.
Ketiga: 
  • Adapun mengenai warga masyarakat yang matinya tidak wajar seperti kecelakaan, dibunuh orang, bunuh diri, maka jenazahnya akan diletakan ditempat berbeda dalam satu lokasi kampung trunyan, tepatnya nama tersebut sema bantas.
Prosesi penguburan jenazah unik dan aneh didesa tegalan bali
Prosesi penguburan mayat paling unik
Sumber : https://www.youtube.com/Prosesi penguburan mayat

Kematian bagi warga masyarakat di tegalan kabupaten bali ini, agak sedikit ada kesamaan dengan daerah-daerah lainnya pada saat melakukan penguburan mayat. Prosesi penguburannya sama seperti biasa, mereka membawa mayatnya dengan menggunakan keranda mayat, kemudian dikubur seperti pada umumnya.

Jadi apa yang menjadikannya keunikan atau keanehan pada prosesi ini?, yang paling aneh dan unik. Seperti yang anda lihat pada gambar diatas ini, berapakah umumnya kedalaman tanah untuk menguburkan mayat?.

Yang menjadinya aneh didalam prosesi penguburan mayat ditegalan ini, pada saat mayat dibawa menuju pemakaman menggunakan keranda, mayat tersebut tidak ditutupi dengan sebuah kain, bahkan kerandanya pun hanya sebatas dua bambu dan tatakan tempat diletakannya mayat dengan cara diikat ke sebuah bambu untuk menggotong keranda tersebut, dan sesampainya ditempat penguburan, seperti biasa mayat dimasukan kedalam lubang dengan kedalaman hanya sampai betis orang dewasa kemudian semua bekas keranda mayatnya pun ikut dimasukan kelubang penguburannya.
Sebelum tanah galian dimasukan kembali untuk mengubur dan menutup liang kuburnya, bahwa masih ada hal yang aneh yang dilakukan orang yang mengurus mayat tersebut, sebelum liang kembali diurug dengan tanah, bahwa masih ada barang-barang yang harus diikutsertakan kedalam liang kubur tersebut, diantaranya :
  • Barang-barang yang pernah dipergunakan almarhumah/ almarhum
  • Meninggalkan beberapa jenis makanan 
  • sesaji untuk ikut dikubur bersama mayat
  • Dan meletakan selembar pecahan uang recehan
Bahwa prosesi penguburan belum selesai sampai disitu saja, kemudian setelah liang kubur sudah tertutup kembali dengan tanah, lalu tepat diatas kuburannya diletakan beberpa jenis makanan komplit dengan sayur mayurnya. Maka setiap orang yang menghadiri prosesi penguburan semuanya mengelilingi kuburan dengan meletakan satu orang satu porsi makanan.

Setelah semua yang hadir berkumpul ditengah kuburan, ada seseorang yang berdoa dan menyiprat-nyipratkan air disekeliling kuburan, kemudian setiap orang menaruh daun sirih diatas telapak tangan terbalik untuk meletakan beberapa sesaji. Untuk selengkapnya anda bisa menyaksikan tayangan video youtube.

Sumber : www.youtube.com
Demikian sedikit ulasan mengenai prosesi penguburan mayat paling unik dan aneh didesa tegalan bali ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan mengenai tradisi di indonesia yang paling unik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
August 04, 2016 delete

Saya dapat kabar, jenazah orang meninggal tidak tercium bau busuknya lantaran pohon besar tersebut ya.. Benar?

Reply
avatar
August 04, 2016 delete

Artikel yang menarik Mas. Menurut beberapa sumber yang sempat saya baca (kalau gak salah) jenazah2 yang diletakkan di bawah pohon besar tersebut tidak mengeluarkan bau karena memang pohon2 tersebut mengeluarkan cairan/dzat yang dapat mengurangi/menetralisir bau-bau yang dikeluarkan oleh jenazah. wAllahu A'lam.

Reply
avatar
August 05, 2016 delete

benar mas, pohon itu menyerap bau busuk dan dikeluarkan jadi bauwangi

Reply
avatar