Peristiwa bersejarah yang tidak pernah dilupakan orang di seluruh dunia

Peristiwa sejarah - Di indonesia maupun global mempunyai sejarah-sejarah kelam yang tidak mungkin bisa dilupakan begitu saja. Sejarah apapun yang pernah dialami oleh setiap negara dibelahan dunia seringkali membuat orang selalu mengenangnya, bahkan dijadikannya sebuah momen yang harus diperingati.

Sejarah merupakan salah satu terbebasnya dari belenggu hitam yang mencekam, sejarah adalah suatu gambaran perjuangan pait dan kelam yang tidak mungkin bisa dirubah oleh siapapun. Meski demikian, sejarah sangatlah penting sekali bagi kehidupan semua orang didunia. Sebab karena adanya sejarah banyak sekali manusia menjadi luas pengetahuannya dan juga mengerti apa arti hidup yang sesungguhnya.

Pembahasan topik mengenai tragedi sejarah ini, saya postingkan kembali hanya untuk sekedar menengok kebelakang bahwa begitu pait, getir, dan sengsaranya orang-orang pada saat itu. Sejarah bagaikan sebuah ajang, yang dimana setiap orang harus mampu melawan belenggu penderitaan yang selalu menghantuinya. Sejarah sama halnya manusia yang menuntut haknya untuk bisa hidup bebas merdeka, sejarah bagaikan petir yang terbang diatas kepala, sejarah adalah pait dan menyengsarakan banyak orang dan sejarah adalah suatu momen perjuangan yang sangat indah.

Mungkin untuk saat ini, sejarah-sejarah kelam yang tidak mungkin terulang kembali, namun tetap saja memberikan bekas serta kesedihan yang mendalam sudah tidak lagi dirasakan orang diseluruh dunia. Namun dengan demikian, bahwasanya sejarah akan meninggalkan jejak yang membekas dan selalu dikenang sepanjang masa oleh semua orang diseluruh dunia. Sampai detik ini, atau sampai kapanpun ada sebuah tragedi yang paling bersejarah dan tidak mungkin dilupakan orang dari belahan dunia manapun. Mari kita tengok kembali masa-masa kelam yang paling banyak meninggalkan kesan , cerita, dan juga kenangan.

Tragedi sejarah bom bali I
Tragedi sejarah yang tidak akan pernah terlupakan
Pada tanggal 12 bulan oktober tahun 2002 yang lalu, Indonesia semuanya dalam keadaan berkabung oleh sebab adanya tragedi paling mencekam yaitu sebuah bom yang dengan sengaja diledakan oleh sekelompok orang tidak bermoral.

Meski sudah berlangsung belasan tahun yang silam, namun bukan hanya masyarakat indonesia saja yang merasakan kesedihan, lebih dari 200 wisatawan asing yang menjadi korban didalamnya dan ikut terlibat dalam kenangan paling pahit dan kelam. 

Sebuah tragedi paling memilukan, tepat dimalam minggu, suasana malam begitu indah, tiba-tiba dikejutkan dengan suara tiga ledakan dari beberapa tempat yang menewaskan kurang lebihnya 202 wisatawan asing dan 209 luka-luka. Tragedi bom bali dihari sabtu malam yang meledak tepatnya di jalan legian kuta bali ini, tiba-tiba suasana berubah sangat menakutkan pada saat dua bom secara bersamaan meledak tepat pada pukul ; 23.05 Wita.



Betapa mengerikannya pada saat itu, tidak sedikit orang yang melihat banyak potongan-potongan tubuh manusia berceceran dimana-mana, ledakan yang begitu dahsyatnya meninggalkan bekas lubang ditanah dengan ukuran yang mencapai 4 x 5 meter dengan dalam mencapau ukuran 1.6 meter, kepulan asap tebal dan luapan api yang menjulang tinggi lebih  dari seratus meter serasa bagai ledakan gunung berapi. 

Ledakan itu belum berhenti sampai disitu saja, bahkan berselang sepuluh menit kemudian, ledakan dahsyat kembali terdengar pada pukul 23.15. Wita. Bom susulan ini tepatnya terjadi di Renon atau tempat dimana paling berdekatan dengan Kantor Konsulat Amerika, meski ditempat lokasi tidak banyak mengalami korban, tetapi tragedi bersejarah itu banyak sekali menorehkan tinta hitam untuk para wisatawan asing di indonesia (bali).

Maka untuk mengenang tragedi sejarah bom bali, bahwa dari pihak pemerintahan kabupaten Bali membangun sebuah monumen yang diberi nama "Monumen Panca Benua". Untuk para wisatawan asing sendiri memiliki julukan sendiri mengenai tragedi ini, mereka menyebutnya sebagai "Monumen Ground Zero Bali". Tidak sedikit para wisatawan asing ditanggal 12 bulan oktober dari berbagai belahan dunia berkumpul bersama ditempat monumen itu untuk sekedar mengenang kembali tragedi sejarah yang paling menakutkan di indonesia ini.

Sejarah bom atom Nagasaki dan Hirosima


Tragedi sejarah yang tidak akan pernah terlupakan
Kondisi pada saat itu sangat mencekam, saat tragedi bom atom dijatuhkan dikota hirosima dan nagasaki jepang ini dijatuhkan oleh tentara amerika. Meski tragedi pengeboman di hirosima atau nagasaki ini sudah mencapai usianya yang sama dengan hari kemerdekaan RI tahun 1945, namun masih menyimpan trauma begitu dalam  untuk orang-orang dari negeri sakura itu.


Tepat pada tanggal 06 bulan agustus tahun 1945 ini, kira-kira 585 meter tepat diatas kota hirosima telah terjadi ledakan bom atom yang begitu dahsyat sehingga 85% wilayah kota tersebut hancur berantakan.

Ledakan dahsyat yang mengeluarkan gelombang panas, menyebabkan kulit semua warga penduduk kota itu menjadi terbakar, bukan hanya manusia saja yang terkena dampak efek gelombang panas tersebut, tanman dan binatangpun terkena imbas dari gelombang bom atom tersebut.

Banyak sekali puing berserakan dimana-mana seakan-akan tragedi ini adalah sebuah simbol dari mimpi paling buruk untuk semua peradaban manusia di jepang.

Bagaimana tidak disebut seperti mimpi buruk, pada saat ledakan itu terjadi selain dari korban yang mati, adapun yang sangat jauh dari lokasi pengeboman mendapatkan efeknya dari bom atom itu sendiri. Tidak sedikit masyarakat yang mengalami kulitnya mengelupas dan masih tergantung di badan mereka, sehingga pakaian yang ia gunakan seolah-olah sudah menyatu dengan kulit mereka dan sangat sukar untuk dilepaskan dari badannya. 

Tidak hanya masyarakat sipilnya yang mengalami luka bakar akibat efek atom, ada beberapa tentara jepang yang sudah tidak bisa berkata-kata, selain hanya merintih kepanasan dan berkata : 'air...air...air', terasa sangat miris dan membuat buntu pikiran seseorang yang tidak mengalami efek dari bom tersebut. Tepat pada tanggal 08 bulan agustus, para tentara jepang diintruksikan untuk mengambil mayat-mayat yang sudah busuk dibawah reruntuhan puing untuk dikumpulkan menjadi satu kemudian dibakar.

Tragedi WTC dan Pentagon
Tragedi sejarah yang tidak akan pernah terlupakan
11 september 2011, World Trade Center (WTC) dan Pentagon hancur lebur karena sebuah pesawat komersil dengan sengaja menabrak gedung tersebut.

Pesawat komersial dengan beberapa penumpangnya ikut hancur karena menabrak gedung kembar WTC dan Pentagon. Pda saat tragedi ini, ada sedikitnya kurang lebih 3000 nyawa melayang belum lagi dengan korban luka yang mencapai ribuan orang. Namun pada saat itu ada terdapat kejanggalan-kejanggalan mengenai informasi kesimpang siuran yang belum pernah terpecahkan sampai saat ini.



Sampai saat ini, di Amerika sendiri mejadi sebuah momok tabu atas terjadinya musibah tragedi WTC maupun Pentagon ini. Sebab didalam tragedi WTC dan Pentagon, bukan hanya penduduk setempat saja yang menjadi korban, ada beberapa orang dengan kewarganegaraan inggris yang ikut serta menjadi salah satu korban tragedi ini.

Pada saat kejadian ini, ada dari beberapa negara yang merasakan kesedihan atas kehilangan salah satu warganya, diantaranya, afrika selatan, kanada, jepang, irlandia, inggris, australia, selandia baru, swiss, india, meksiko dan juga brazilia. Diantara 372 warga asing yang meninggal, dan 67 warga negara inggris.

Kantor berita CNN menginformasikan 3 minggu sebelum 11 September tahun 2001, sudah empat regu ditugaskan dititik-titik target dengan diberikan beberapa kode, Gedung Fakultas Hukum, gedung parlemen AS, dan gedung pentagon yang kini telah menjadi Fakultas Kesenian. Tidak ketinggalan Menara paling tinggi Wtc yang diberikan penjagaan khusus dan ketat. Meski upaya penjagaannya yang begitu terorganisir, masih saja bencana melandanya sehingga sebuah pesawat yang dikendalikan beberapa jaringan Al-qaeda itu mampu menghancurkan kegagahan simbol negara Amerika WTC dan Pentagon.

Tragedi berdarah Trisakti
Tragedi sejarah yang tidak akan pernah terlupakan Tragedi berdarah 12 mei 1998 ini, banyak sekali meninggalkan kenangan-kenangan pahit, terlebih lagi bagi keluarga yang ditinggalkan pada saat reformasi mencuat kesemua kalangan masyarakat indonesia.

Sejarah catatan paling buruk dimata dunia, salah satunya pada saat revolusi perubahan mengenai tuntutan mahasiswa agar secepatnya Penguasa Orde Baru lengser dari jabatannya. Reformasi ini telah mengubah banyak orang menjadi sebuah perang urat syaraf antara Kesatuan Anggota RI dan Mahasiswa, tepatnya sejarah berdarah ini terjadi didepan kampus Trisakti jakarta barat. Meskipun korban nyawa belum seberapa jika dibandingan dengan sejarah diatas, namun tragedi berdarah ini berlangsung hari demi hari dengan dibarenginya antara urat tenaga antara kedua kubu aparat dan para mahasiwa.
Baca juga : Mengungkap fakta sejarah senjata bambu runcing sebagai simbol kemerdekaan
Sejarah indonesia paling kelam dan tidak akan pernah terlupakan oleh para keluarga korban, tentunya sangat menginginkan keadilan bisa ditegakan karena anak atau saudra-saudaranya yang menjadi korban keganasan reformasi berdarah mahasiswa atau siswi teriaskti. Jika mengulas kebelakang lagi, bahwasanya peristiwa ini tidak akan mungkin menemukan titik terang, siapa orangnya yang bertanggung jawab penuh atas kejadian ini. 

Bagaimana mungkin sejarah ini bisa dilupakan begitu saja oleh orang indonesia atau oleh mata dunia sekalipun, pasalnya peristiwa bersejarah ini sudah merenggut 4 nyawa kalangan mahasiswa trisakti yang terlibat unjuk rasa yang kesemuanya itu digawangi sekelompok intelektual yang akan menghancurkan orde baru.

Selama beberapa hari, suasana heningnya malam dan sangat mencekamnya pada saat tragedi ini berlangsung, sehingga semua perkumpulan mahasiwa DKI ikut terjun langsung turut serta dalam aksi reformasi besar-besaran untuk segera merubah kepemimpinan negara yang dianggap sudah tidak benar lagi dan sudah tidak mungkin lagi untuk dipertahankan.


Masih banyak sejarah didunia yang meninggalkan kepedihan mendalam, dan tidak mungkin bisa diceritrakan semuanya. Kiranya hanya sedikit ulasan mengenai tragedi sejarah yang tidak bisa dilupakan begitu saja oleh orang indonesia ataupun dimata dunia ini, mudah-mudahan sedikit artikel ini bermanfaat untuk semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
August 07, 2016 delete

Kang tragedi tsunami gak masuk?

Reply
avatar
August 07, 2016 delete

enggak mas, kriting jari saya ngetiknya, mungkin lain kali saya ulas, hehehe

Reply
avatar