Strategi paling jitu untuk menjalankan bisnis online berjalan mulus

bisnis online berjalan mulus
Mengatur perencanaan bisnis
Strategi paling jitu bisnis online - Membuat atau memulai bisnis online sudah sangat mudah, anda bisa langsung menjual tanpa toko online melalui media sosial. Selain itu, Anda juga bisa menjalankan bisnis online dengan lebih profesional dengan membuat toko online atau website. Lalu, kenapa ada bisnis online yang tidak berjalan dengan lancar bahkan akhirnya dihentikan? Mempertahankan dan mengembangkan bisnis online memang tidak mudah. Anda tetap harus berjuang dan pantang menyerah agar bisnis online berjalan dengan baik.



Perlu diingat, bisnis online memang memberikan peluang besar tetapi juga menciptakan kompetitor yang lebih besar. Lalu, bagaimana sebenarnya cara untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnis online yang sudah anda jalankan agar bisa berjalan mulus saat ini? Baca dulu informasi ini dan jangan terburu-buru menutup bisnis online Anda.

Kenapa Bisnis Online Anda Tidak Bertahan
Sebelum mempelajari trik mempertahankan bisnis online, Anda juga perlu tahu mengapa bisnis online Anda tidak bertahan dan bahkan akhirnya harus ditutup.

Tidak Konsisten dalam Menjalankan Bisnis Online
Perlu diingat bahwa tidak semua bisnis online langsung laris. Ada kalanya, Anda harus berjuang terlebih dahulu sebelum akhirnya mendapatkan pembeli. Respon yang tidak sesuai harapan inilah yang sering membuat Anda menyerah. Alhasil, Anda menjadi tidak konsisten dan malas-malasan menjalanan bisnis tersebut. Anda cenderung seenaknya dalam menjalankan bisnis online karena tidak terikat dengan waktu selayaknya bekerja di kantor. Padahal jika bisnis online dijalankan dengan konsisten, bisnis akan lebih berkembang.


Terlalu Santai dalam Menjalankan Bisnis Online
Bisnis online memang bisa dijalankan dengan santai. Anda tidak terikat dengan waktu atau bos seperti karyawan kantor. Namun, Anda tidak boleh terlalu terlena dengan hal ini. Ada baiknya tidak menjalankan bisnis online terlalu santai. Misalnya, Anda bisa membuka dan menutup toko online Anda seenaknya. sehingga membuat konsumen kebingungan. Jangan sampai Anda melakukan hal ini walaupun bisnis online Anda tersebut masih sekedar bisnis sampingan saja.

Berhenti Belajar
Hal ini juga akan menghambat perkembangan bisnis online yang Anda jalankan saat ini. Perlu Anda ketahui bahwa sangat banyak cara untuk mengembangkan bisnis online. Cara mendapatkannya adalah dengan terus belajar kemudian mempraktikkan ilmu yang sudah Anda dapatkan. Jika Anda berhenti belajar, maka bisnis online Anda hanya akan sampai di sana saja. Tidak mengherankan jika bisnis Anda akan jalan di tempat dan dikalahkan oleh bisnis online yang mau terus belajar.


Tampil Seadanya
Perlu diingat bahwa bisnis online adalah juga berjuang untuk membuat pengguna internet percaya kepada bisnis Anda. Setelah mereka percaya, besar kemungkinan untuk mereka melakukan pembelian atau closing. Salah satu caranya adalah dengan tampil seprofesional mungkin.

Cara mengatasinya : 
Tampilan yang terlalu seadanya justru membuat bisnis online Anda sulit dipercaya oleh calon pembeli. Sayangnya, kebanyakan pebisnis online pemula tidak mempertimbangkan hal ini. Mereka terus saja membiarkan tampilan bisnis mereka tampak sangat sederhana dan tidak menarik. Maka cara yang tepat dan efektif begini lah cara mengatasinya :

Trik Mempertahankan Bisnis Online
  • Setelah tahu apa yang membuat bisnis online Anda tidak berkembang dan justru menurun dan akhirnya harus ditutup, maka ada baiknya pula mengetahui kiat-kiat apa saja yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis online Anda.
Pelajari Pelayanan Anda
Bagaimanapun bisnis adalah juga soal pelayanan termasuk bisnis online yang sedang Anda jalankan saat ini. Karena itu, untuk mempertahankan bisnis online Anda evaluasilah pelayanan Anda. Bisnis online identik dengan kecepatan termasuk kecepatan dalam merespon pertanyaan dari calon pembeli. 
  • Kesalahan umum pelayanan bisnis online yang bisa berakibat sulitnya bisnis Anda berkembang adalah lambatnya respon. Karena kompetitor pun sudah banyak, maka pembeli akan memiliki banyak pilihan. Saat Anda lambat dalam merespon, maka calon pembeli akan beralih ke toko online yang lebih cepat responnya. Coba saja pelajari salah satu toko online yang sudah sukses, maka salah satu rahasianya adalah merespon calon pembeli dan pembeli dengan cepat.
Pelajari Kedekatan Anda dengan Calon Pembeli
  • Bagian dari pelayanan yang prima adalah kedekatan Anda dengan calon pembeli dan pembeli. Semakin dekat Anda dengan calon pembeli, maka tingkat kepercayaan mereka Anda meningkat. Saat rasa percaya mereka sudah pada titik maksimal, mereka akan melakukan pembelian atau aksi terhadap bisnis Anda. 
  • Dalam bisnis online, kedekatan bisa berarti melakukan komunikasi dengan calon pembeli. Misalnya, Anda harus membiasakan membalas pertanyaan calon pembeli. Dengan balasan tersebut, calon pembeli merasa diperhatikan dan sedikit demi sedikit rasa percaya akan timbul. Bahkan saat ada masalah dengan pembeli, hadapi dengan baik. 
  • Berikan solusi sehingga masalah mereka bisa teratasi dengan baik. Kedekatan juga bisa dibangun dengan memperhatikan sesuatu yang spesial. Misalnya, Anda bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada pembeli, mengucapkan selamat hari besar, mengucapkan rasa prihatin dan ucapan lainnya. Akan sangat baik jika Anda menganggap calon pembeli, pembeli dan pelanggan seperti layaknya keluarga.
Pelajari Sesuatu yang Membuat Bisnis Online Anda Berbeda
  • Jika Anda mencari pakaian pria, maka sudah pasti banyak bermunculan toko online yang menawarkan produk tersebut. Lalu, mengapa pembeli lebih suka membeli di toko online yang satu ketimbang toko online lainnya? Jawabannya bisa jadi karena produk di toko online tersebut memberikan sesuatu yang berbeda. 
  • Bisa jadi mereka memberikan penawaran spesial, layanan yang prima, kemudahan dalam membayar, customer service yang ramah, garansi, dan lain sebagainya. Karena itu, pikirkan sesuatu yang membuat bisnis online Anda berbeda kemudian maksimalkan perbedaan tersebut. Perbedaan tersebut akan membuat bisnis serta produk Anda mudah diingat.
Pelajari Lebih Detail Lagi Soal Bisnis Online
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa berhenti belajar akan menghambat perkembangan bisnis online Anda. Karena itu pelajari lagi seluk beluk bisnis online. Misalnya, jika saat ini Anda menjalankan secara asal-asalan, maka tidak ada salahnya mencoba mempelajari pengaruh kata kunci untuk bisnis online Anda. 

Jika Anda saat ini masih dalam taraf dropship, maka belajarlah bagaimana mengembangkan bisnis menjadi reseller atau bahkan menjadi agen. Berbisnis melalui media sosial pun tidak hanya soal memposting di akun Anda. Pelajari soal menjaring calon pembeli potensial di sosial media, media iklan media sosial, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit artikel mengenai strategi paling jitu untuk menjalankan bisnis online berjalan mulus ini. Semoga setelah membaca dan mempraktikan trik ini, bisnis online Anda mengalami perkembangan dari kondisi yang sebelumnya. Selamat berbisnis online!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
September 26, 2016 delete

sampai saat ini belum pernah jualan online saya mas, tapi tips diatas memang sangat berguna untuk lencarnya bisnis online. yang banyak terjadi adalah karena mereka tidak konsisten sehingga menjadi terbengkalai.

Reply
avatar
September 26, 2016 delete

sebelumnya salam kenal mas

Reply
avatar
September 26, 2016 delete

Alhamdulillah bisnis online Desa Cilembu sampai sekarang belum mengalami stag, kurang-kurang dikit mah biasa...namanya juga usaha....tapi sih okeh juga kalau ilmu diatas di bookmark in, buat jaga-jaga

Reply
avatar
September 26, 2016 delete

naik turun dalam hal usaha mah biasa nya kang, nupentingmah jien kasalahan jadikeun pengalaman

Reply
avatar