Cara bisnis online dengan memanfaatkan modal yang ada

memanfaatkan modal yang ada
Strategi dalam berbisnis
Cara bisnis online dengan memanfaatkan modal yang ada - Siapa bilang jika bisnis hanya bisa dijalankan oleh seseorang yang memiliki uang? Faktanya, kebanyakkan pebisnis justru memulai dari modal minim. Justru mereka memulai bisnis karena ingin memiliki uang.


Kendala semacam itu sudah tidak perlu dirisaukan lagi apalagi saat ini sudah ada internet. Internet memungkinkan Anda memulai bisnis online hanya menggunakan perangkat komputer dan jaringan internet saja. Usia juga tidak menentukan apakah Anda siap berbisnis atau tidak. 

Pasalnya, ada pula seorang anak yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas yang sudah memulai bisnis online miliknya sendiri. Sebelum memulai bisnis online, setidaknya Anda harus memiliki beberapa modal penting, baca kiat-kiat dibawah ini :

- Modal Uang
  • Ya, bagaimanapun modal uang memang penting untuk memulai bisnis. Tapi bukan berarti uang tersebut harus dalam jumlah besar. Ingat! Anda tidak sedang membuat perusahaan raksasa melainkan mulai merintis bisnis online. Minimal, Anda hanya membutuhkan uang untuk pulsa internet. Jika pulsa internet sudah ada, maka bisnis online bisa dijalankan. 
  • Bagaimana dengan produknya? Tidak punya produk ada sistem dropship, punya kenalan yang berjualan ada sistem reseler, tidak ingin berjualan produk maka jual saja kemampuan Anda atau jasa. Semuanya itu tidak membutuhkan modal besar, bukan? Justru jika berhasil uang akan berdatangan kepada Anda. Terbukti jika bisnis online memang tidak harus menggunakan modal uang yang besar.
- Modal Niat
  • Sebenarnya selain modal uang, maka modal niat adalah hal penting bagi seorang pebisnis online. Tanpa adanya niat untuk memulai bisnis online, maka bisnis tidak akan terealisasi. Mungkin, bisnis online Anda tersebut hanya akan menjadi tumpukan ide di kepala Anda. Padahal, bisa jadi jika ide tersebut direalisasikan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Niat artinya Anda memulai walaupun dari langkah kecil sekalipun. 
  • Langkah kecil dalam bisnis online bisa berupa mulai mempromosikan produk atau jasa di akun media sosial sendiri atau blog. Bayangkan saja, seorang anak SMA memulai bisnis kulinernya secara online. Awalnya hanya laku 4 buah saja dan masih banyak sisanya. Tapi karena niat yang membara, anak tersebut terus berusaha mempelajari dan mengembangkan usaha tersebut agar bisa laku lebih banyak. Tidak mustahil jika dalam beberapa tahu ke depan bisnis kulinernya semakin menggurita dan sukses. Niat terbukti sangat penting untuk memulai sebuah bisnis online.
- Modal Semangat Pantang Menyerah
  • Membangun bisnis online memang tidak semudah kelihatannya. Apa yang Anda lihat dari seorang pebisnis online yang sudah sukses adalah kisah suksesnya saja. Coba tanyakan kisah awal merintis bisnis onlinenya. Pasti mereka akan bercerita tentan betapa sulitnya hingga berada di titik yang sekarang. Bisa jadi bisnisnya ditipu, bangkrut, gagal, rugi, dan lain sebagainya. Tapi semua pebisnis online sukses tersebut memiliki satu modal penting, semangat pantang menyerah. 
  • Mereka tidak mungkin sampai di titik kesuksesan seperti saat ini jika sudah menyerah di awal. Kesulitan memang datang tidak terduga dan kadang seperti tidak ada solusinya. Kuncinya adalah tetap tenang kemudian menyelesaikan masalah tersebut dengan mempertimbangkan berbagai hal. Saat bisnis terlihat rugi, Anda harus tahu apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya, Dengan terus bergerak seperti itu, maka suatu saat akan ada titik di mana Anda sukses menjalankan bisnis online.
- Modal Ilmu
  • Justru karena Anda memiliki modal ilmu, uang akan berdatangan. Anda tidak akan tahu apa itu affiliate, dropship, Adsense, advertisement publisher, dan bisnis online lainnya jika tidak memiliki ilmunya. Dengan ilmu yang Anda punya, Anda akan tergerak untuk mencoba kemudian mulai merintis bisnis online Anda sendiri. Ilmu bisa didapatkan dari manapun apalagi di era internet semacam ini. 
  • Anda bisa menghadiri seminar bisnis online, membaca buku bisnis online, mencari informasi melalui internet, atau bahkan belajar langsung dari pemilik bisnis online yang sudah sukses. Dengan modal ilmu yang Anda miliki pulalah yang membuka jalan bahwa banyak peluang bisnis online yang bisa Anda jalankan yang bahkan tidak memerlukan modal besar.
  • Semoga setelah mempelajari mengenai modal memulai bisnis online lebih dari sekedar uang belaka, Anad pun harus memulainya. Modal tersebut tidak akan sempurna tanpa dipraktikan. Ada baiknya pula mempelajari rahasia bisnis online yang sukses untuk memaksimalkan modal yang sudah ada. Sebagai contoh, ada seorang pemuda yang berhasil mendapatkan ratusan juta per bulan hanya dengan modal yang sudah dijelaskan di atas. Ini dia rahasia yang harus Anda lakukan.
- Memulai
  • Perhatikan dulu modal yang Anda miliki baik modal uang, modal ilmu, dan modal lainnya yang ada. Modal itulah bekal Anda untuk memulai bisnis online. Memulai dalam bisnis online bisa beragam. Seperti pemuda yang berhasil mendapatkan ratusan juta rupiah tersebut. Awalnnya, ia juga memiliki modal yang terbatas. 
  • Dari modal yang terbatas tersebut ia memilah langkah apa yang harus dilakukan. Ia memilih membuat website kemudian menjual beberapa produk. Jangan disangka bahwa hal tersebut mudah. Ia harus bekerja keras dan mengeluarkan modal semangatnya. Dengan modal tersebut iapun akhirnya berhasil menghasilkan uang dari bisnis online.
- Menikmati Proses
  • Perlu diketahui bahwa menikmati proses adalah termasuk proses yang membawa Anda kepada keberhasilan dan proses yang membawa Anda kepada kegagalan. Kembali lagi, modal yang sudah dijelaskan di atas harus Anda maksimalkan. Misalnya, saat gagal maka modal semangat harus Anda gunakan. Selain itu, gunakan pula modal ilmu sehingga Anda tahu mengapa bisa gagal dan bagaimana memperbaikinya. 
Begitulah menikmati proses. Sekali lagi, pemuda yang berhasil meraih ratusan juta tersebut juga menikmati proses baik berhasil maupun gagal. Dengan menikmati proses tersebut ia menjadi seperti yang sekarang ini. 

Intinya, Anda harus memaksimalkan modal yang ada. Jika sudah maksimal, maka itu saatnya Anda untuk melakukan pengembangan atau upgrade. Agar lebih mudah, pilih dan pilah terlebih dahulu apa yang bisa Anda lakukan untuk pengembangan bisnis online tersebut. 



Walaupun tampa rumit namun dengan langkah tersebut Anda bisa mencapai apa yang Anda inginkan. Ingatlah bahwa kesuksesan bisa jadi beragam. Mulai berani mencoba juga adalah sebuah sukses kecil yang membawa langkah Anda ke sukses berikutnya hingga sukses besar seperti yang Anda inginkan.

Demikian sedikit ulasan tentang cara bisnis online dengan memanfaatkan modal yang ada, semoga bisa menjadi acuan dalam modal utama anda dalam berbisnis online ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »