Langkah yang tepat cara menjalankan bisnis online

Cara berbisnis online - Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, peluang bisnis berkembang menjadi semakin banyak.
cara menjalankan bisnis online
sukses berbisnis online
Hal – hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya saat ini bisa terwujud. 15 tahun yang lalu tentu tidak ada yang bisa membayangkan bahwa berjualan baju hingga ke Amerika bisa dikerjakan hanya dengan mengutak – atik gadget anda di rumah.

Kemudahan dan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari menjalankan bisnis secara online, membut banyak orang berlomba – lomba untuk membuaka sendiri usaha online mereka. Dari mulai menjual baju, menulis blog, menjadi penulis dan banyak lahi yang lainnya. 

Berikut dibawah ini beberapa keuntungan menjalankan bisnis secara online dan tips sukses dalam berbisnis online.

Keuntungan Bisnis Online
1. Fleksibilitas Waktu

Para pelaku bisnis online tentu saja memiliki jam kerja yang sangat fleksibel. Hal ini yang menjadi keuntungan utama dari menjalankan bisnis secara online Para pelaku bisnis online dapat mengatur sendiri waktu dan juga ritme kerja mereka. Mereka tetap dapat menjalankan berbagai kegiatan yang biasa mereka lakukan sehari – hari. Bahkan masih dapat melakukan pekerjaan lain sambil menjalankan bisnis online tersebut.

2. Fleksibilitas tempat

Keuntungan kedua yang bisa didapatkan dari menjalankan bisnis secara online ialah adanya fleksibilitas tempat. Ya, usaha yang dijalankan secara online memang dapat dikerjakan dimana saja selama ada gadget dan jaringan internet. Hal tersebut tentu tidak menjadi maslaah, mengingat saat ini semua tempat sepertinya memiliki jaringan internet yang cukup memadai.

3. Bisa dikerjakan siapa saja

Cara menjalankan bisnis secara online dapat dilakukan oleh siapa saja. Kenapa? Karena selama orang tersebut mampu dan menguasai bidang yang dikerjakannnya, maka tidak dibutuhkan adanya latar belakang pendidikan yang tinggi.

Anak SMA, anda yang sedang kuliah, atau bahkan ibu rumah tangga tetap dapat menjalankan bisnis secara online.

4. Pendapatan bisa lebih besar

Para pengusaha online memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih besar dari pada yang diperkirakan sebelumnya. Hal tersebut bisa terjadi karena pengusaha online dapat melakukan lebih dari 1 usaha sekaligus, selama mereka mampu dan masih memiliki cukup waktu.

Para pengusaha online juga tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi dari rumah ke tempat kerja. Toh mereka bisa menjalankan usaha mereka dari rumah. Dengan demikian biaya transportasipun dapat anda gunakan untuk kebutuhan lain.

5. Modal awal kecil
Menjalankan bisnis secara online dapat dijadikan peluang usaha oleh semua orang, termasuk yang hanya memiliki modal terbatas. Ada banyak jenis usaha online yang bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Itulah kenapa anda tidak perlu berpikir panjang untuk dapat memulai usaha online milik anda sendiri.

6. Peluang Go Internasional terbuka
Dengan semakin majunya teknologi dan informasi, peluang untuk menjadikan bisnis online anda dikenal masyrakat internasional semakin terbuka. Siapapun dari belahan bumi manapun dapat melihat bisnis yang anda jalankan.

Jenis Bisnis Online Menjanjikan
1. Reseller

Salah satu bisnis online yang sangat marak saat ini ialah dengan menjadi reseller suatu produk tertentu. Menjadi reseller berarti menjual kembali barang – barang yang diproduksi oleh suatu produsen utama. Bisa pakaian, makanan, produk kecantikan dan lain sebagainya.

Untuk menjadi seorang reseller anda hanya perlu mencari produsen yang dapat dipercaya. Kemudian anda pasarkan barang – barang yang dihasilkan oleh produsen tersebut melalui sosial media milik anda. Jika ada yang berminat dan telah melakukan pembayaran ke rekening anda, anda tinggal melakukan pemesanan ke produsen tersebut.

2. Penulis

Menjadi penulis freelance menjadi salah satu peluang usaha secraa online yang cukup banyak ditawarkan. Saat ini banyak pemilik website yang membutuhkan banyak artikel namun tidak memiliki cukup waktu untuk mengisi website mereka sendiri. Biasanya mereka akan menggunakan jasa dari para penulis online.

Bekerja sebagai penulis online tidak terlalu menguras waktu. Andapaun tentu akan menjadi lebih pintar dan memiliki wawasan yang jauh lebih luas. Bagiamana tidak? Dengan menulis anda akan belajar banyak hal. Tak jarang anda bahkan harus melakukan berbagai riset sebelum mulai menulis

3. Penerjemah

Jika anda memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup baik, anda dapat menjalankan usaha online sebagai penerjemah. Saat ini cukup banyak orang yang membutuhkan jasa penerjemah, baik untuk artikl maupun untuk berbagai karya tulis. Tarif penerjemah cukup mahal, walaupun tidak semahal tarif penerjemah tersumpah.

4. Blogger
Menjadi seorang blogger dapat memberikan penghasilan yang luar biasa bagi anda. Dengan menulis blog yang menarik banyak pengunjung, anad akan mendapatkan tawaran kerjasama oleh berbagai perusahaan yang ingin memasang iklan di blog anda.

Tips Sukses Bisnis Online
Jika anda tengah menjalankan bisnis secara online, berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjadikan bisnis anda berkembang dan meraih sukses.


1. Tentukan Target
Untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik, anda harus mengetahui target mana yang anda tuju. Dengan memahami target pasar yang hendak anda kuasai, anda kaan lebih mudah menentukan teknik marketing, gaya bahasa, dan lain – lain yang sesuai dengan target pasar anda.

2. Pemasaran
Untuk dapat membuat produk atau jasa yang anda tawarkan dikenal oleh masyarakat, tentu saja anda harus melakukan pemasaran. Pemasaran dapat and lakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memasang iklan di blog, atau bisa juga memasang iklan dimedia sosial lain.

Saat ini iklan di media sosial menjadi salah satu teknik pemasaran yang sangat efektif. Hal tersebut tentu berkaitan dengan bedarnya antusiasme masyarakat untuk menggunakan berbagai jenis media sosial.

3. Gunakan Foto yang menarik
Jika anda menjalankan bisnis jual beli, baik makanan, baju, maupun produk yang lain, pastikan anda menggunakan foto yang menarik dan jelas. Foto yang menarik akan meningkatkan keinginan masyarakat untuk membeli produk tersebut.

4. Optimalkan website / blog anda
Jika anda adalah seorang blogger, pastikan konten blog anda menarik dan berkualitas. Dengan memiliki blog yang berkualitas, maka akan banya orang yang mengunjungi blog anda. Dengan demikian lama kelamaan anda akan banyak menerima tawaran kerjasama dari perusahaan yang hendak memasang iklan di blog anda.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara meraih kesuksesan ber bisnis online, semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat untuk semua

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »